4 Cara untuk Meningkatkan Hubungan Ayah dan Anak

4 Cara untuk Meningkatkan Hubungan Ayah dan Anak – Pada dasarnya, anak memang memiliki kedekatan yang luar biasa dengan seorang ibu dibandingkan dengan seorang ayah.

Pasalnya, hampir setiap saat dan setiap waktu, seorang ibu akan selalu ada di dekat si kecil untuk memenuhi semua kebutuhan dan keperluannya.

Jadi, merupakan yang sangat wajar jika si kecil memiliki kedekatan yang ekstra dengan seorang ibu.

4 Cara untuk Meningkatkan Hubungan Ayah dan Anak

4 Cara untuk Meningkatkan Hubungan Ayah dan Anak

Namun, disini peranan seorang ayah juga sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak yang sehat dan untuk membentuk sebuah keluarga yang sehat.

Dan meskipun sibuk dengan pekerjaan, seorang ayah memiliki beberapa moment yang sebaiknya dimanfaatkan untuk melakukan pendekatan dengan buah hatinya. Moment apa saja ya ? Yuk cari tahu jawabannya disini.

Lantas seberapa penting peranan seorang ayah untuk anak ?

Ayah adalah sosok penting yang memang dibutuhkan oleh anak-anak, bahkan sebelum si kecil dilahirkan.

Kehadiran seorang ayah memang menjadi pelipur lara dan menjadi dukungan terbesar untuk kesehatan mental seorang calon ibu.

Bahkan salah satu penelitian menunjukkan bahwa hormon prolaktin atau hormon untuk merangsang produksi ASI, produksi sperma akan meningkat saat seorang ayah menggendong atau sekedar memeluk buah hatinya.

Keberadaan seorang ayah dalam lingkungan keluarga dianggap sebagai aspek kehidupan. Pasalnya, seorang ayah biasanya dianggap sebagai panutan, sehingga setiap perkataannya akan selalu di dengar.

Tentu saja, hal ini akan mempengaruhi perkembangan kognitif dan sosial buah hati Anda di masa depan kelak.

Adapun moment penting antara ayah dan anak diantaranya ialah :

  1. Libatkan Ayah dalam Memberi Makan dan atau Menyusui

Saat si kecil tengah menyusu, tak ada salahnya jika sebagai seorang ayah Anda ikut menemani.

Terlebih jika anak mengonsumsi susu formula, maka ayah bisa langsung menggantikan peranan ibunya untuk memberikan buah hati Anda susu serta menggendong, mencium dan memeluk buah hati Anda.

Meski buah hati Anda masih sangat kecil, maka ia tetap akan mengingat bagaimana lekuk wajah Ayahnya dengan baik. Terlebih jika kondisi tersebut dilakukan secara kontinyu.

  1. Biarkan Ayah Mengganti Popok

Rutinitas seharian yang dialami seorang ibu, bukanlah hal yang mudah untuk dilalui. Termasuk bangun di malam hari untuk menyusui si kecil adalah hal yang cukup berat.

Selain meringankan tugas seorang ibu, keterlibatan seorang ayah untuk begadang dan menemani istri mengurusi si kecil di malam hari adalah salah satu cara untuk mendekatkan seorang ayah dengan anak.

Terlebih ketika si kecil sudah waktunya untuk mengganti popok di malam hari, maka ayah yang tengah begadang bisa ikut membantu untuk mengganti popok yang pada akhirnya akan berujung pada pendekatan batin.

  1. Temani dan Bacakan Cerita Sebelum Tidur

Menemani dan membacakan sebuah cerita pengantar tidur adalah salah satu alasan paling kuat, kenapa seorang anak memiliki ikatan yang sangat kuat dengan seorang ibu.

Oleh karena itu, sebagai seorang ayah, anda juga bisa menggantikan peranan seorang ibu untuk melakukan tugas tersebut, agar buah hati Anda semakin mengenali Anda.

  1. Mengajak Anak untuk Mandi Bersama

Memiliki waktu yang lebih sedikit akibat pekerjaan, kerap menjadi sebuah kendala seorang ayah untuk bisa semakin dekat dengan buah hatinya.

Oleh karena itu, memanfaatkan waktu luang untuk mengajak buah hati Anda mandi bersama adalah hal yang tepat untuk membantu menjalin kedekatan dengan buah hati Anda

Nah, itulah beberapa moment penting untuk menyatukan ikatan batin antara seorang ayah dengan seorang anak.

Terimakasih telah mengikuti kami hingga selesai, semoga informasi ini bermanfaat dan salam hangat untuk keluarga Anda di rumah.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *