Site Loader

Hentikan ! 4 Dampak Buruk Ini Terjadi Ketika Anda Sering Mengupil – Pada dasarnya, ngupil bukanlah suatu kondisi yang membahayakan kesehatan. Hal ini hanya akan berbahaya jika dilakukan secara terus-menerus terlebih dengan cara yang tidak tepat.

Meskipun pada awalnya Anda berniat untuk membuang kotoran pada hidung Anda. Namun tanpa disadari kondisi ini akan membuat Anda nyaman untuk melakukannya lagi dan lagi.

Hentikan ! 4 Dampak Buruk Ini Terjadi Ketika Anda Sering Mengupil

Hentikan ! 4 Dampak Buruk Ini Terjadi Ketika Anda Sering Mengupil

Lantas apa sih dampak ngupil yang keseringan ?

  1. Infeksi

Akibat pertama yang bisa timbul dari akibat keseringan mengupil ialah timbulnya infeksi di hidung. Seperti salah satu contohnya ialah jerawat kecil (folliculitis) sering terlihat di pemetik hidung.

Pasalnya mengupil menggunakan jari yang tidak higienis akan memicu pengiriman kuman ke dalam hidung Anda. Ini dapat menyebabkan infeksi kulit.

Menurut situs web Manual Merck, vestibulitis adalah infeksi pada area tepat di dalam lubang hidung atau menyebabkan Anda mengalami bisul yang lebih parah, yang bisa terasa menyakitkan.

Yang lebih mengerikan adalah infeksi yang terjadi di hidung membawa risiko yang jarang menyebar ke otak. Ini berbahaya dan terjadi karena pembuluh darah dari hidung mengarah ke otak.

  1. Mimisan

Pendarahan hidung umumnya juga dapat terjadi akibat terlalu sering mengupil.

Hal ini terjadi akibat rusaknya pembuluh darah oleh kuku yang menggaruk dan menyebabkan luka pada hidung. Dan biasanya kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak.

  1. Perforasi septum

Perforasi septum merupakan sejenis kerusakan yang diakibatkan oleh partisi antara lubang hidung Anda (disebut septum) terjadi dengan kebiasaan mengupil.

Ini dapat menyebabkan lubang di septum, memicu timbulnya kerak, mimisan serta suara siulan di hidung Anda.

  1. Tidak higienis

Setelah mengupil, maka Anda akan memiliki kuman, yang akan Anda sebarkan melalui benda yang Anda sentuh dengan tangan. Sehingga Anda sangat perlu mencuci tangan dengan saksama untuk menyingkirkannya.

Selain beberapa dampak tersebut, mengupil juga tidak sopan jika dilakukan di depan orang lain. Ini bisa memalukan bagi Anda secara sosial. Anda bisa menjadi sasaran lelucon dan bahan tertawaan.

Terlepas dari itu, yang penting untuk Anda ketahui disini adalah terkadang mengupil juga merupakan tanda alergi yang mendasarinya dan penumpukan lendir dengan hidung yang tersumbat, yang perlu dihilangkan.

Nah, itulah sekilas informasi perihal 5 dampak mengupil untuk Anda. Mengupil sebenarnya boleh saja, karena tujuannya kan baik untuk membuang kotoran yang ada di hidung.

Namun cara dan tempat Anda mengupil harus dikondisikan dengan cara yang tepat ya. Baik, kita akhiri dulu informasi kali ini, semoga bermanfaat dan salam sehat.. 😉

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *