4 Kebiasaan Buruk yang Wajib Dihindari saat Stres

4 Kebiasaan Buruk yang Wajib Dihindari saat Stres – Sadar atau tidak, ternyata ada beberapa hal atau kebiasaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang ketika stres melanda.

Sayangnya kebiasaan-kebiasaan tersebut tidak memperbaiki situasi yang ada, justru malah semakin memperburuk kondisi stres itu sendiri.

4 Kebiasaan Buruk yang Wajib Dihindari saat Stres

4 Kebiasaan Buruk yang Wajib Dihindari saat Stres

Inilah yang menjadi alasan mendasar kenapa Anda harus menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, agar stres yang Anda alami tidak semakin memburuk.

Lantas apa saja sih kebiasaan yang bisa memperburuk stres tersebut ?

  1. Sering melamun

Pada dasarnya, setiap orang memiliki alasan masing-masing yang membuat mereka mengalami stres. baik itu masalah keluarga, masalah kerja, masalah sekolah atau masalah percintaan.

Sangat tidak jarang, kondisi ini justru akan menyebabkan Anda lebih sering memikirkan masalah tersebut. Mulai dari memikirkan apa penyebab dan bagaimana cara mencari solusinya.

Mencari solusi dari setiap masalah memang baik, namun berlarut-larut dalam memikirkan masalah justru bisa berdampak buruk untuk kehidupan Anda. Terlebih jika Anda hanya merenungi nasib dan menyalahkan diri.

  1. Kebiasaan tidur yang buruk

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2012 pada jurnal Experimental Neurobiology, mengungkapkan bahwa kebiasaan tidur yang buruk bisa membuat stres semakin buruk.

Meski kondisi ini hanya bersifat sementara, namung jika sering dilakukan maka tentu saja bisa menyebabkan dampak yang berkepanjangan.

  1. Sering mengonsumsi makanan cepat saji

Menurut Harvard Health Publishing, orang yang stres biasanya akan memicu peningkatan hormon kortisol yang berimbas pada keinginan makan yang lebih banyak.

Akibatnya, orang yang stres cenderung akan mengonsumsi makanan cepat saji untuk mengatasi rasa lapar nya tersebut.

  1. Mengabaikan stres

Mengabaikan stres juga menjadi salah satu kebiasaan yang membuat stres yang tengah Anda alami semakin memburuk.

Karena langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengelola stres ialah dengan menyadarinya. Barulah setelah itu Anda bisa mengetahui apa yang menjadi penyebab dan cara untuk mengatasinya.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *