4 Masalah Kulit yang Kerap Terjadi pada Masa Kehamilan

4 Masalah Kulit yang Kerap Terjadi pada Masa Kehamilan – Meskipun sebuah kabar yang sangat menggembirakan, kehamilan juga merupakan awal dimana wanita mengalami perbahan yang signifikan, baik dari perubahan fisik ataupun mental.

Tentu saja, dari segi fisik sendiri berbagai jenis perubahan seperti ukuran tubuh dan beberapa masalah pada jaringan kulit bisa dengan jelas Anda lihat dan rasakan.

4 Masalah Kulit yang Kerap Terjadi pada Masa Kehamilan

4 Masalah Kulit yang Kerap Terjadi pada Masa Kehamilan

Faktanya, perubahan hormon dan sirkulasi tubuh pada masa kehamilan memiliki peranan yang sangat besar dalam memicu berbagai jenis masalah pada kulit selama masa kehamilan berlangsung.

Selain itu, sistem kinerja kekebalan tubuh yang menurun pada masa kehamilan juga menjadi salah satu alasan yang sangat kuat, kenapa seorang ibu hamil rentan dengan berbagai jenis masalah kulit.

Adapun beberapa masalah kulit yang sangat rentan terjadi pada masa kehamilan diantaranya ialah termasuk :

  1. Bercak Hitam pada Wajah

Bercak hitam pada wajah adalah salah satu masalah kulit yang sangat umum terjadi pada ibu hamil. Bahkan tak jarang, bercak hitam ini juga menjadi salah satu gejala yang menandakan bahwa Anda tengah hamil.

Umumnnya ada beberapa bagian kulit yang tiba-tiba menghitam, seperti pada area pipi, diatas bibir dan pada area kening. Bukan tanpa alasan, namun kondisi ini terjadi akibat meningkatkanya pigmentasi pada kulit.

Namun jangan khawatir, karena fakta menunjukkan bahwa kondisi tersebut masih bisa diatasi atau bisa dicegah dengan cara menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 15 setiap Anda hendak keluar rumah.

Selain itu, Anda juga meningkatklan perlindungan terhadap kulit Anda pada masa kehamilan dari pigmentasi dengan menggunakan tipi atau payung pada saat hendak keluar rumah.

Karena saat ini kulit Anda tengah sangat sensitif, maka sebaiknya Anda tidak membiarkan kulit Anda terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Selain pada bagian wajah, area kulit lain yang umumnya menghitam pada masa kehamilan ialah termasuk area organ intim, area puting payudara, atau pada tahi lalat.

  1. Stretch Marks

Stretch marks adalah satu kondisi yang ditandai dengan adanya guratan berwarna kemerahan pada kulit. Meskipun umumnya stretch marks sering terlihat pada area perut.

Namun ternyata ia juga bisa berkembang pada area kulit lainnya lho. Seperti pada paha, lengan atas, bokong dan juga paha.

Kondisi ini terjadi akibat adanya peregangan kulit melebar dengan lebih cepat pada masa kehamilan. Selain itu, kadar protein yang tidak seimbang juga turut mendukung kondisi ini.

Faktanya, hampir semua wanita hamil memiliki stretch marks. Dan meski belum terbukti secara klinis, penggunaan krim lotion yang mengandung vitam E dan alpha hydroxy acids (AHA) dipercaya dapat membantu mengatasinya.

  1. Jerawat

Dengan alasan tingginya kadar hormon pada measa kehamilan, maka pada umumnya kelenjar minyak akan memproduksi lebih banyak minyak dari biasanya.

Inilah yang menjadi alasan kenapa seorang wanita hamil juga cenderung memiliki kulit yang berjerawat. Bahkan jika sebelumnya Anda memiliki kulit yang berjerawat, maka pada saat hamil kondisinya mungkin akan bertambah buruk.

Untuk mencegah kondisi tersebut, mencuci wajah dengan rutin setiap 2x sehari pada pagi dan malam hari menggunakan sabu muka yang nothing parfum adalah solusinya.

  1. Varises

Kondisi yang satu ini umumnya karena tubuh tengah menyesuaikan diri untuk menyuplai aliran darah yang ekstra kepada janin.

Nah varises adalah salah satu masalah yang sangat umum pada ibu hamil yang juga ditandai dengan guratan berwarna kebiruan yang umumnya muncul pada area kaki.

Selain tak enak dipanadang, varises juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan bahkan hingga menimbulkan rasa sakit jika dibiarkan secara terus menerut tanpa upaya pengobatan.

Untuk meminimalisir kondisi tersebut maka hal-hal yang bisa Anda lakukan ialah :

  • Menggunakan stocking kompresi
  • Tidak terlalu lama berdiri
  • Duduk dengan posisi kaki yang lebih tinggi dari kepala
  • berjalan semampunya
  • Hindari kenaikan berat badan berlebih
  • Penuhi asupan vitamin C secara cukup.

Itulah beberapa masalah kulit yang kerap dialami oleh seorang wanita hamil. Terimakasih telah membaca hingga akhir, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *