4 Penyakit Wanita yang Sulit Diketahui Oleh Dokter

4 Penyakit Wanita yang Sulit Diketahui Oleh Dokter – Faktanya, ada beberapa jenis penyakit khusus yang hanya menyerang seorang wanita saja. Umumnya, gejala awal yang dirasakan oleh penderita ialah rasa tidak nyaman pada panggul atau pada vagina.

Sayangnya beberapa kondisi tertentu pada wanita seringkali sulit untuk di diagnosis oleh dokter.

4 Penyakit Wanita yang Sulit Diketahui Oleh Dokter

4 Penyakit Wanita yang Sulit Diketahui Oleh Dokter

Oleh karena itu, jika Anda merasakan sensasi nyeri yang tajam di area vagina atau pinggul atau ketika buang air kecil atau ketika berhubungan intim, maka Anda sangat disarankan untuk tidak mengabaikan kondisi tersebut.

Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya sesegera mungkin sebelum kondisi tersebut menjadi berbahaya.

Lantas, apa saja penyakit wanita yang sulit untuk di diagnosa dokter ?

  1. Endrometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi yang terjadi ketika jaringan endometrium tumbuh diluar rahim atau di area panggul. Normalnya, jaringan tersebut akan menebal dan luruh pada setiap bulannya atau yang disebut siklus menstruasi.

Pada akhirnya endometriosis bisa menyebabkan jaringan tersebut terjebak dan tidak bisa keluar melalui vagina.

Lalu kenapa endometrisis ini sulit untuk di diagnosa ? Karena umumnya, rasa nyeri muncul ketika menstruasi. Sehingga kerap kali dokter sulit menentukan apakah penyebab nyeri tersebut diakibatkan oleh PMS atau endometriosis.

  1. Vaginismus

Vaginismus adalah suatu kondisi pengencangan otot dasar panggul yang menyebabkan penetrasi sulit untuk dilakukan.

Kenapa vaginismus sulit di diagnosa ? Karena kondisi ini sangat jarang dan bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab yang berbeda. Seperti menopasuse, vagina yang robek saat persalinan, reaksi penggunaan obat, atau trauma akibat pelecehan seksual.

Selain itu, vaginismus juga memiliki gejala yang sama seperti penyakit radang panggul, atrofi vagina hingga kista. Inilah yang semakin menyulitkan dokter untuk mendiagnosa penyakit yang satu ini.

  1. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh, seperti kadar hormon laki-laki (androgen) lebih banyak dari hormon wanita (estrogen).

Kondisi ini pada akhirnya akan menghambat folikel sel telur, sehingga membuat tubuh gagal mengeluarkan sel telur secara teratur.

Mengapa kondisi ini sulit di diagnosa ? Karena penyakit yang satu ini memiliki gejala yang sangat umum seperti menstruasi yang tidak teratur.

  1. Dismenore

Dismenore adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang sangat buruk pada saat menstruasi. Sekitar 10% wanita di dunia pernah memiliki kondisi ini.

Dismenore terbagi menjadi 2 yaitu dismenore primer dan sekunder. Dismenore primer mengacu pada kram parah selama mentsruasi dan tidak terkait dengan penyakit apapun.

Sementara dismenore sekunder mengacu pada mengacu pada kram parah yang diakibatkan oleh posisi rahim miring atau beberapa penyebab lainnya.

Lalu kenapa dismenore sulit didiagnosa ? Karena banyak wanita yang mengalami nyeri menstruasi, sehingga sulit untuk menentukan apakan itu dismenore atau nyeri haid biasa.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *