Site Loader

Antisipasi Energi Listrik Habis, Yuk Kenalan Sama 4 Sumber Energi Abadi Ini – Di era modernisasi seperti sekarang ini, semua hal bisa terkait dengan energi listrik.

Bagaimana tidak ? Ruang lingkup yang serba canggih mengharuskan semua benda bekerja dengan efisien. Alhasil ? Listrik menjadi solusinya.

Antisipasi Energi Listrik Habis, Yuk Kenalan Sama 5 Sumber Energi Abadi Ini

Antisipasi Energi Listrik Habis, Yuk Kenalan Sama 5 Sumber Energi Abadi Ini

Coba bayangkan jika seharian aliran listrik mati, apa yang akan terjadi ? Banyak banget deh pekerjaan yang berantakan, bener gak sih ?

Termasuk gak bisa post poto kece, gak bisa update di sosial media, and than ? jadi gak bisa belanja online lagi terlebih gak bisa ngechat gebetan lagi.

Lantas bagaimana kita mau jadian ? *ups, makanya pacaran jangan cuma disosmed yang penuh dengan fantasi dong cin, mending pacarannya di tempat yang udah pasti nyata, kaya di KUA gitu.. *eh

Duh ribet banget deh, iya gak sih guys ? Oleh karena itu, disini admin ingin sekali memberikan informasi seputar energi alternatif yang bisa menjadi solusi, kalo-kalo energi listrik habis di masa depan.

Lantas energi apa saja kah itu ? Yuk langsung kita simak ulasan selengkapnya.

  1. Solar Panel

Solar Panel

Meski sedikit terdengar asing, namun sekali atau dua kali Anda pernah mencengarnya bukan ?

Nah, solar panel merupakan salah satu distributor sumber energi terbesar di dunia ini teman yaitu matahari.

Jadi untuk menghasilkan energi, kita bisa memanfaatkan anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita yaitu cahaya matahari.

  1. Turbin Angin

Turbin Angin

Nah, sumber energi abadi selanjutnya bisa kita temukan pada turbin nih teman. (*hati-hati ya, ini turbin yang kaya kincir angin loh, bukan turban yang buat nutupin kepala.. jangan sampai kebalik ya.. :D)

Ngomong-ngomon kalian pernah gak sih ngerasain hembusan angin hingga badan menjadi sempoyongan ?

Itu juga yang terjadi pada turbin. Angin dapat membantu menggerakan turbin sehingga menghasilkan energi untuk kehidupan.

Bahkan saat ini, sumber energi tersebut telah dikembangkan oleh Amerika, India, China dan juga Denmark sebagai sumber pembangkit listrik yang lebih efisien.

  1. Air

Air

Memiliki julukan sumber kehidupan memang cocok disematkan pada sumber daya alam yang satu ini ya, teman.

Pasalnya dari berbagai jenis manfaat yang ia miliki, salah satunya bisa digunakan sebagai sumber energi yang sangat potensial termasuk untuk membangun energi listrik.

Sementara itu, sifat air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Nah pergerakan air ini dimanfaatkan untuk membantu menggerakan turbin generator, yang kemudian akan menjadi sumber energi listrik.

  1. Biomassa

Biomassa

Siapa sangka limbah yang gak terpakai ternyata juga bisa dijadikan sebagai sumber energi berupa biomassa ? Biomassa sendiri merupakan material yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan.

Dan pada umumnya, pembangunan energi biomassa akan menggunkan limbah pertanian dan perkembunan.

Sari situ bisa disimpulkan dengan sangat jelas bahwa Indonesia yang memiliki limbah perkebunan dan juga pertanian dalam jumlah yang sangat besar memiliki potensi untuk mengembangkan sumber energi listrik yang satu ini.

  1. Panas Bumi

Panas Bumi

Tahukah Anda ? Bahwa tanah yang kta pijak ini berada diatas lempeng bumi yang mengapung diatas lava atau tepatnya ada pada inti bumi ?

Dan ternyata eh ternyata, panas bumi ini memiliki potensi untuk dijadikan sembagai salah satu sumber energi listrik yang abadi loh.

Hebatnya, Indonesia memiliki potensi energi panas bumi yang mencapai 11 ribu megawatt. Oleh karena itu, energi listrik yang satu ini ternyata sudah berkembang di Indonesia sejak tahun 1978.

Bahkan, saat ini saja Indonesia telah tercatat memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) terbesar kedua setelah USA.

Nah, itulah beberapa sumber energi terbaru yang bisa membantu kita untuk membangun sumber energi listrik yang lebih ramah lingkungan namun tetap meghasilkan energi yang cukup besar.

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *