Site Loader

5 Buah Untuk Penderita Asam Lambung Naik Yang Baik Dikonsumsi

Gejala maag sangat umum terjadi pada orang yang sering menunda makan atau tidur setelah makan. Apalagi pada orang yang memiliki masalah asam lambung, seperti gejalanya dapat kumat kapan saja.

Itu kenapa orang yang memiliki masalah asam lambung perlu menjaga asupan makanannya, termasuk buah, untuk mencegah kekambuhan gejala.

Berikut Ini : 5 Buah Untuk Penderita Asam Lambung Yang Baik Dikonsumsi

1. Pisang

Pisang merupakan buah pilihan untuk orang yang memiliki asam lambung tidak stabil. Disebut aman karena tingkat keasaman buah pisang tergolong rendah, yakni dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2. Itu sebabnya, dengan makan buah pisang dipercaya dapat membantu menetralisir asam lambung sekaligus meringankan gejala maag.

Buah yang warna kuning ini juga kaya akan kandungan kalium di dalamnya. Selain iu, tekstur halus dan gampang lumat yang dimiliki oleh pisang juga mampu membantu memulihkan gejala maag.

Pisang yang telah ditelan dan masuk ke dalam kerongkongan tersebut, dapat membentuk lapisan pelindung bagi kerongkongan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan terjadinya iritasi akibat naiknya asam lambung.

Terlebih karena kandungan serat pada buah ini cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk mencegah munculnya masalah pencernaan pada penderita asam lambung.

2. Apel

Buah apel termasuk satu dari beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi bagi pengidap asam lambung tinggi. Ini karena selain kaya akan kandungan seratnya, buah apel ini juga merupakan sumber kalsium, magnesium, serta kalium yang baik.

Kesemua zat gizi tersebut ternyata berpotensi untuk membantu meredakan gejala maag yang muncul. Namun, penting untuk memerhatikan jenis apel sebelum memakannya.

Pasalnya, tidak semua jenis buah apel aman untuk penderita asam lambung tinggi. Contohnya, apel dengan warna hijau yang biasanya memiliki rasa agak asam, sehingga dapat memicu munculnya gejala maag.

Pilihan terbaiknya, Anda bisa mengonsumsi apel berwarna merah dan kondisinya matang, yang jauh lebih aman untuk mencegah gejala maag kambuh kembali.

3. Melon

Mirip seperti buah pisang, buah melon juga memiliki kandungan basa yang cukup tinggi berkat mineral magnesium yang ada di dalamnya. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, magnesium merupakan salah satu kandungan utama penyusun obat pereda gejala maag.

Itulah mengapa buah yang satu ini terbilang aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang punya kondisi asam lambung tinggi. Selain tidak akan menyebabkan peningkatan kadar asam lambung, buah melon juga dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh.

4. Pepaya

Ketika Anda mengalami maag karena asam lambung tinggi, tentu kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan. Pasalnya, lingkungan yang asam tersebut justru berisiko membuat lapisan usus, lambung, serta kerongkongan menjadi rusak.

Dalam kasus ini, Anda bisa memulihkan kembali gejala maag akibat naiknya asam lambung, dengan makan buah pepaya. Pepaya merupakan salah satu pilihan buah yang aman untuk Anda yang takut asam lambung kembali meningkat.

Ini karena buah pepaya punya kandungan enzim bernama papain di dalamnya. Papain ini merupakan enzim protease yang dihasilkan dari getah pada buah pepaya.

Fungsi papain di dalam sistem pencernaan yakni membantu untuk melancarkan kerjanya, sekaligus mempermudah proses pencernaan protein. Dengan begitu, protein pun akan jauh lebih gampang untuk dipecah menjadi bentuk terkecil berupa asam amino.

Atas dasar inilah, enzim papain dinilai dapat membantu mengatasi gangguan pada sistem pencernaan dengan cara mengendalikan gejala asam lambung.

5. Kelapa

Air pada buah kelapa memiliki banyak mineral dan senyawa yang bersifat menenangkan sistem pencernaan dalam tubuh. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan radikal beracun dalam tubuh.

Air buah kelapa juga membantu mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal dan menghambat peradangan di lambung. Untuk penderita asam lambung, baiknya konsumsi satu buah air kelapa setiap hari, dan lihat hasilnya dengan konsumsi rutin selama 2 minggu berturut-turut.

 

Posted by : ASTV Official

Post Author: Rapi Iskandar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *