Site Loader

5 Buah yang Bagus untuk Kesehatan Mata – Pada dasarnya, setiap mata memiliki jaringan khusus untuk membantu memfokuskan cahaya yang masuk ke mata Anda.

Dan jaringan tersebut dipercaya mampu menampung 130 juta sel yang mendeteksi cahaya untuk mengirimkan informasi visual ke otak Anda.

Disisi lain, banyak orang yang percaya bahwa kegagalan penglihatan adalah akibat penuaan, faktor genetik, gaya hidup dan ketegangan mata yang tak terhindarkan.

5 Buah yang Bagus untuk Kesehatan Mata

5 Buah yang Bagus untuk Kesehatan Mata

Untungnya disini adalah diet sehat ternyata memiliki peranan besar untuk membantu Anda dalam meningkatkan kinerja mata sebaik mungkin.

Salah satu hasil studi penyakit mata terkait usia (AREDS) pada tahun 2001 menemukan fakta bahwa nutrisi tertentu.

Seperti seng, tembaga, vitamin C dan E serta beta karoten dapat membantu mengurangi resiko penurunan fungsi mata terkait dengan usia, hingga 25%.

Studi tersebut juga diperbaharui pada tahun 2013 untuk menguji versi formula asli.

Hasilnya menunjukkan bahwa variasi nutrisi berupa asam lemak omega 3, lutein, zeaxanthin dan betakaroten memang kombinasi nutrisi yang baik untuk membuat kinerja mata semakin optimal.

Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan informasi seputar buah-buahan terbaik yang mengandung nutrisi-nutrisi penting untuk menunjang fungsi kesehatan mata Anda.

Adapun beberapa jenis buah tersebut, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang diperkaya dengan kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi, yang ternyata merupakan kunci untuk memiliki mata yang sehat.

Jenis vitamin yang umumnya juga ditemukan pada buah-buahan dan sayuran segar lainnya, memiliki kontribusi yang sangat besar pada pembuluh darah yang sehat di mata Anda.

Selain itu, jeruk juga dipercaya memiliki kekuatan alami yang cukup ampuh untuk memerangi perkembangan katarak dan degenerasi makula yang terkait dengan usia.

Untuk menikmati rasa dan manfaat dari buah jeruk, Anda bisa mendapatkannya dengan minum jus jeruk, mengupasnya sebagai camilan atau bisa juga menambahkannya ke dalam salad buah Anda.

  1. Bluberi

Bukan rahasia lagi, bluberi memang menjadi salah satu buah yang diperkaya dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Lantas benarkah bluberi cocok untuk menjaga kesehatan mata Anda ?

Menurut hasil sebuah studi oleh Tufts University, menyebutkan bahwa bluberi memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi resiko katarak, dan glaukoma.

Bahkan hasil studi tersebut juga menyebutkan bahwa bluberi dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, mencukupi nutrisi otak, meningkatkan kapasitas memori serta melawan penyakit Alzheimer.

Bagaimana ? Nutrisi yang sangat lengkap bukan ? Jadi tak hanya baik untuk kesehatan mata, mengonsumsi bluberi juga sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

  1. Stroberi

Stroberi segar dan berair adalah buah yang baik untuk mata Anda. Pasalnya buah yang satu ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dipercaya dapat membantu menurunkan resiko mata katarak.

  1. Pisang

Mengonsumsi pisang secara rutin dalam setiap harinya, akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan kesehatan mata dan mencegah berbagai jenis penyakit terkait dengan penglihatan.

Para peneliti telah menemukan fakta bahwa pisang mengandung karotenoid atau senyawa yang mengubah buah sayuran menjadi merah, orange atau kuning dan diubah menjadi vitamin A (prekursor penting untuk kesehatan mata).

Sementara itu, menurut hasil penelitian sebelumnya mengatakan bahwa makanan yang mengandung karotenoid tinggi juga memiliki kemampuan untuk melindungi penyakit kronis termasuk kanker, kardiovaskular dan diabetes.

  1. Tomat

Tomat adalah buah yang dapat membantu Anda untuk melidungi indera penglihatan dari kerusakan ringan. Pasalnya, tomat merupakan sumber likopen, lutein, dan juga beta karoten.

Ketiga nutrisi tersebut merupakan antioksidan yang sangat kuat dan telah terbukti dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang diakibatkan oleh cahaya, menghentikan perkembangan katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Selain itu, baru-baru ini studi penyakit mata terkait usia (AREDS) menemukan fakta bahwa orang-orang dengan asupan karotenoid, lutein dan zeaxanthin (nutrisi pada tomat) mengalami penurunan resiko degenerasi makula hingga 35%.

Well, itulah beberapa buah kaya akan nutrisi terbaik untuk membantu menunjang fungsi penglihatan mata Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel yang selanjutnya, teman.. 😉

Poste by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *