5 Cara Mengejan Yang Baik Dan Benar Saat Melahirkan

5 Cara Mengejan Yang Baik Dan Benar Saat Melahirkan – Proses mendorong bayi menuju jalan lahir atau mengejan, mungkin menjadi hal yang cukup menegangkan untuk wanita hamil yang ingin melahirkan secara normal.

Terlebih jika ini adalah pengalaman yang pertama. Tentu saja, rasa cemas, khawatir, dan anggapan tidak bisa menjadi tekanan pemikiran yang cukup berat untuk setiap ibu hamil.

5 Cara Mengejan Yang Baik Dan Benar Saat Melahirkan

5 Cara Mengejan Yang Baik Dan Benar Saat Melahirkan

Sebenarnya, proses melahirkan secara normal itu terdiri dari 3 tahapan. Tahap pertama yaitu tahap dimana rahim mulai mengalami kontraksi dan disitulah saat dimana pembukaan jalan lahir dimulai.

Tahap kedua ialah tahap dimana Anda harus berjuang keras untuk mengeluarkan bayi dari rahim Anda melalui jalan lahir yang telah terbuka (serviks atau leher rahim).

Sementara tahap ketiga atau tahap terakhir ialah tahap dimana plasenta akan keluar setelah bayi lahir. Adapun proses mengejan sendiri, itu terjadi pada tahapan yang kedua.

Bagaimana Cara Mengenali Tubuh yang Siap untuk Mengejan ?

Salah satu tanda paling umum dimana tubuh Anda siap untuk mendorong bayi Anda untuk keluar dari rahim ialah ketika jalan lahir (serviks) lyang telah mengalami pembukaan secara semburna atau melebar hingga 10 cm.

Kontraksi yang terjadi pada tahapan ini mungkin akan sedikit berbeda dengan kontraksi yang terjadi pada tahapan pertama. Durasi kontraksi kemungkinan besar akan melambat setiap 2-5 menit.

Sedangkan lamanya kontraksi, mungkin sekitar 1 hingga 1.5 menit. Nah, saat kontraksi tersebut, maka akan ada keinginan yang sangat kuat untuk mendorong bayi Anda untuk keluar dari rahim.

Dan tahukah Anda ? Jika kita menggunakan teknik mengejan yang baik dan benar, tentu akan melancarkan sebuah persalinan.

Tapi sebaliknya, ketidaktepatan mengejan dapat menimbulkan dampak yang tidak diinginkan, seperti pecahnya pembuluh darah di mata yang dapat mengganggu kesempurnaan penglihatan.

Selain itu, kelahiran bayi akan dibantu dengan alat vakum atau forsep jika bunda sampai kehabisan tenaga lantaran bunda mengejan dengan teknik yang salah.

Maka daripada itu, simak poin-poin ini dengan baik ya 😉

  1. Pilih posisi yang tepat

Posisi yang umum dipilih saat mengejan adalah berbaring, kemudian menekuk lutut, kedua kaki dibuka, peluk paha dengan melingkarkan tangan ke bawah paha sampai siku dan menarik paha ke arah dada.

Posisi ini memberikan keleluasaan pada ibu untuk mengejan. Posisi lain pun bisa digunakan, seperti berbaring miring ke sisi kiri atau kanan, atau jongkok, yang kesemuanya berdasarkan kasus per kasus supaya janin lebih mudah lahir

  1. Atur napas

Bernapas harus teratur, tidak boleh serabutan karena tidak bermanfaat signifikan atau bahkan mengganggu proses mengejan. Biasanya dokter/bidan akan memandu ibu mengatur napas supaya tenaga ibu terkumpul, juga ibu memiliki tenaga maksimal untuk mengejan.

Selain itu, mengatur napas yang baik pun dapat mengurangi rasa sakit. Supaya pengaturan napas berjalan mudah, sebaiknya ibu ikut kelas senam hamil karena di kelas itu ibu akan diajarkan cara mengatur napas saat bersalin.

  1. Ikuti komando

Biasanya dokter/bidan akan memberi komando kapan ibu harus menarik napas, menahan, dan mengeluarkannya sambil mengejan. Ikuti komando tersebut supaya proses persalinan berjalan teratur dan lebih mudah.

  1. Tidak berteriak.

Banyak wanita hamil yang beranggapan dengan berteriak dapat membantu anda dalam melegakan perasaan dan juga mengurangi rasa nyeri yang dialami.

Namun anggapan ini tidak selamanya benar, sebab dengan berteriak justru akan membuat anda merasa cepat lelah.

Rasa lelah yang anda alami akan membuat tenaga anda untuk mengejan menjadi habis, dengan begitu proses persalinan yang dialami akan terasa sangat lama serta akan terasa lebih sakit.

  1. Posisikan dagu di dada dan tarik punggung hingga ke depan saat mengejan

Posisi ini akan membantu otot rahim dan perut mengeluarkan bayi agar mudah keluar. Bisa juga dilakukan dengan posisi duduk sehingga gravitasi membantu proses persalinan. Tarik kakimu ke arah dada agar kerja ototmu bisa maksimal.

Itulah 5 Cara mengejan yang baik dan benar saat melahirkan, bagi bunda yang bulan ini mau lahiran kami doakan semoga persalinannya lancar dan bayinya bisa terlahir normal dan selamat ya..

Aamiin…

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *