Site Loader

5 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Saraf Kejepit di Leher – Saraf kejepit adalah suatu kondisi yang terjadi pada saat saraf tubuh mendapat tekanan secara berlebih. Akibatnya, saraf mengirimkan sinyal ke otak dan Anda akan merasakan nyeri, kesemutan dan kelemahan.

Kerusakan saraf ini bisa terjadi di area tulang belakang yakni di area tulang leher yang berujung pada perkembangan cervical radiculopathy.

5 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Saraf Kejepit di Leher

5 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Saraf Kejepit di Leher

Lantas bagaimana cara mengatasi saraf kejepit yang terjadi di leher ?

Cervical radiculopathy sendiri terjadi ketika saraf leher yang terhubung ke jaringan sumsum tulang belakang mengalami kerusakan.

Kondisi tersebut akan menimbulkan rasa nyeri yang menjalar hingga ke area bahu bahkan disertai kelemahan otot yang merambat hingga ke area lengan dan jari tangan.

Meskipun pada awalnya kondisi ini lebih kerap berkembang pada lansia dengan alasan saraf-saraf di dalam tubuh yang mulai menua.

Namun meskipun demikian, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang dewasa atau yang lebih muda akibat terjadi cidera yang mendadak.

Untungnya, kali ini Anda akan menemukan cara untuk mengatasi saraf kejepit di leher tepat. Cara apa saja itu ?

  1. Kompres air dingin atau air hangat secara bergantian

Selain minum obat, Anda juga bisa mengatasi saraf kejepit di leher dengan menempelkan kompresan air dingin atau air panas  secara bergantian.

Pasalnya, kompres dingin atau kompres air hangat sebenarnya ditujukan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Dilansir dari hellosehat.com, ternyata gabungan antara suhu dingin dan suhu panas bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area bermasalah untuk membantu mengurangi rasa sakit.

  1. Istirahat yang cukup

Cara selanjutnya untuk mengatasi saraf kejepit di leher ialah dengan meluangkan waktu untuk beristirahat dengan cukup.

Jangan terlalu memaksakan diri, jika Anda lelah maka beristirahatlah. Karena terlalu lelah atau terus-menerus beraktivitas bisa menyebabkan gejala saraf kejepit kambuh secara tiba-tiba.

  1. Olahraga

Untuk mengoptimalkan upaya perawatan, Anda sangat membutuhkan gaya hidup sehat. Salah satunya ialah dengan berolahraga.

Menurut hellosehat.com, beberapa jenis latihan yang aman dan bisa membantu mengatasi saraf kejepit di leher ialah berjalan kaki, lari-lari kecil, berenang dan bersepeda.

Selain mengoptimalkan upaya perawatan, latihan tersebut juga ampuh untuk menjaga kebugaran tubuh dan membantu menurunkan berat badan berlebih yang merupakan faktor resiko dari saraf kejepit.

  1. Minum obat antinyeri

Menurut American Acedemy of Orthopaedic Surgeons mengatakan bahwa gejala saraf kejepit bisa diredakan dengan obat antinyeri, seperti ibuprofen, aspirin dan naproxen.

Bisa juga menggunakan obat kortikosteroid untuk membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada saraf. Namun yang harus Anda ingat adalah obat ini hanya boleh digunakan dalam jangka pendek.

Selain menggunakan obat oral, Anda mungkin juga akan menjalani prosedur penyuntikan foramen, steroid di lamina, atau sendi facet di sekitar area tulang belakang.

  1. Pembedahan

Jika perubahan gaya hidup dan obat antinyeri tidak memberikan hasil yang optimal untuk mengatasi saraf kejepit, maka prosedur pembedahan bisa menjadi pilihan.

Pembedahan ini dilakukan untuk menghalangi atau mencegah jaringan atau organ lain di dalam tubuh yang berpotensi semakin menekan saraf.

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *