Site Loader

5 Jenis Pilihan Makanan Super untuk Penderita Diabetes – Faktanya, tidak semua makanan bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ini karena seorang penderita diabetes memiliki tubuh yang sangat sensitif.

Belum lagi kadar gula darah yang mudah melonjak, membuat Anda (penderita diabetes) harus selalu berhati-hati dan tetap cermat dalam memilih makanan apa saja yang akan Anda konsumsi.

5 Jenis Pilihan Makanan Super untuk Penderita Diabetes

5 Jenis Pilihan Makanan Super untuk Penderita Diabetes

Lantas apa saja sih makanan super untuk penderita diabetes tersebut ??

  1. Sayuran berdaun hijau gelap

Brokoli, bayam, sawi, kangkung dan berbagai jenis sayuran berdaun hijau lainnya memang dikenal dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang sangat kaya.

Deretan sayuran tersebut dilengkapi dengan kandungan zat besi, kalium, kalsium, votamin A, C, E, dan K yang terbukti mampu mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral harian penderita diabetes. Oleh karena itu, sayuran berdaun hijau sangat dianjurkan untuk penderita diabetes.

Selain itu, kandungan kalori dan karbohidrat yang lebih rendah pada sayuran berdaun hijau gelap akan menjaga kadar gula darah tetap stabil bahkan setelah Anda makan.

  1. Ikan berlemak

Dilengkapi dengan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi, membuat ikan berlemak sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ini karena, omega 3 memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah agar tetap stabil.

Hebatnya lagi adalah asam lemak omega 3 juga memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi kemunculan komplikasi penyakit diabetes seperti hipertensi, peradangan dan penyakit jantung.

  1. Kacang kedelai

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Young-Cheul Kim di University of Massachusetts Amherst mengungkapkan bahwa kacang kedelai merupakan salah satu makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Alasannya sangatlah jelas, yaitu karena kacang kedelai dilengkapi dengan kandungan isoflavon yang mampu menurunkan resiko penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Disamping itu, mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai juga terbukti cukup efektif dalam menurunkan gula darah, kolesterol dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  1. Susu dan Yogurt

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa susu dan yogurt dilengkapi dengan kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Terlepas dari itu, susu dan yogurt merupakan makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan pada The Journal of Nutrition mengatakan bahwa produk susu termasuk yogurt dilengkapi dengan vitamin, mineral dan protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan oleh pengidap diabetes.

  1. Tomat

Makanan super terakhir yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes ialah tomat. Kenapa harus tomat ? Pasalnya, tomat memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes.

Hal ini juga dibuktikan oleh hasil sebuah penelitian pada tahun 2011 yang menemukan sebuah fakta bahwa makan 200 gr tomat mentah setiap hari bisa membantu menurunkan tekanan darah pada pengidap diabetes.

Dari sini, para peneliti menyimpulkan bahwa makan tomat bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular pada penderita diabetes tipe 2.

Itulah 5 jenis makanan super untuk penderita diabetes. Jangan lupa dikonsumsi, agar diabetes yang tengah Anda alami bisa segera sembuh kembali ya.. 😉

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *