5 Makanan yang Dilarang Setelah Melahirkan

5 Makanan yang Dilarang Setelah Melahirkan – Pada dasarnya, makanan adalah salah satu kebutuhan yang tidak bisa terlepas dari manusia dan makhluk hidup lainnya.

Dalam kondisi sehat dan stabil, mungkin semua makanan bisa kita konsumsi asal jangan memasukkan racun ke dalam makanan tersebut. Maka semua akan berjalan sebagaimana mestinya.

Namun dalam beberapa kondisi tertentu termasuk pada saat Anda hamil atau setelah Anda melahirkan. Anda harus menjadi seseorang yang lebih selektif dalam memilih makanan yang akan Anda konsumsi.

5 Makanan yang Dilarang Setelah Melahirkan

5 Makanan yang Dilarang Setelah Melahirkan

Tahukah Anda ?

Setelah Anda menghabiskan waktu sembilan bulan untuk mengkhawatirkan apa saya yang boleh dan tidak boleh Anda makan dan minum karena terkait dengan perkembangan bayi Anda di dalam rahim.

Dan sekarang, tepatnya setelah bayi Anda lahir, Anda masih memiliki tugas yang sangat penting yaitu menyusui. Oleh karena itu, perjuangan sembilan bulan Anda masih akan berlanjut dalam mengolah makanan yang akan Anda konsumsi.

Nutrisi tentu masih menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk para ibu yang baru saja melahirkan, guna menunjang kepulihan kondisi Anda pasca-melahirkan.

Serta untuk membantu Anda, agar bisa memberikan nutrisi terbaik kepada buah hati melalui ASI yang Anda berikan.

Anda harus selalu waspada, cepat tanggap dan memperhatikan kondisi tubuh dan juga bayi Anda. Pasalnya dalam kondisi yang sedemikian rupa ini, tidak semua makanan bisa bereaksi baik terhadap kalian.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai menghindari beberapa jenis makanan yang membuahkan dampak yang buruk untuk kesehatan Anda dan bayi Anda.

Adapun beberapa jenis makanan yang berdampak buruk dan harus segera dihindari usai melahirkan diantaranya ialah termasuk :

  1. Makanan Pedas

Larangan mengonsumsi makanan pedas setelah melahirkan ternyata bukan hanya sekedar petuah atau mitos yang berkembang  dari orang tua dan nenek moyang saja.

Namun, mengonsumsi makanan pedas usai melahirkan terlebih ketika Anda menyusui, kemungkinan besar akan menimbulkan dampak yang cukup buruk untuk Anda dan juga bayi Anda.

Adapun beberapa dampak mengonsumsi makanan pedas setelah melahirkan ialah dapat memicu rasa mulas, sensasi terbakar pada ulu hati, ketidaknyamanan, hingga diare dan kolik pada bayi.

Oleh karena itu, seorang ibu hamil yang baru saja melahirkan sebaiknya memang mulai membatasi atau akan jauh lebih baik untuk menghindari berbagai jenis makanan pedas untuk sementara waktu.

  1. Makanan Berminyak

Makanan berminyak atau makanan yang mengandung lemak tinggi merupakan makanan yang akan menyulitkan sistem pencernaan untuk bekerja dengan baik.

Alhasil ? mengonsumsi makanan mengandung lemak tinggi usai melahirkan ini akan menyebabkan Anda mengalami gangguan pencernaan, ketidaknyamanan pada perut serta berkumpulnya gas di dalam perut.

Selain itu, makanan yang berminyak juga dapat menyebabkan Anda mengalami penumpukan lemak yang berpotensi untuk menaikkan berat badan Anda.

  1. Makanan Asam dan Bergas

Selain makanan pedas dan makanan berminyak, makanan asam dan makanan bergas untuk menjadi salah satu makanan yang seharusnya memang dihindari oleh para ibu yang baru saja melahirkan.

Pasalnya, makanan asam atau makanan bergas seperti kol, brokoli, kacang, nangka dan berbagai jenis minuman bersoda dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan Anda serta memicu kolik pada bayi Anda.

  1. Kafein

Pada dasarnya, kafein memang identik dengan kopi. Karena apa ? karena kopi adalah salah satu minuman yang memiliki kafein dalam jumlah yang cukup tinggi.

Disini kafein memiliki masalah yang cukup serius untuk tubuh terlebih jika Anda mengonsumsinya seusai Anda melahirkan seperti sekarang ini.

Mengonsumsi kafein dalam jumlah tinggi, besar kemungkinan akan menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur dan memicu Anda untuk mengalami dehidrasi.

Selain itu, ternyata kafein juga dapat bercampur dengan air ASI yang Anda miliki dan pada akhirnya akan masuk kedalam tubuh buah hati Anda.

Adapun beberapa dampak kafein berlebih yang bisa terjadi pada buah hati Anda ialah bayi cemas, gelisah, tampak tidak tenang, rewel dan sulit untuk tidur.

  1. Makanan Kemasan

Semua jenis makanan dan minuman kemasan sejatinya tidak boleh dikonsumsi oleh seorang ibu yang baru saja melahirkan.

Pasalnya, makanan kemasan pada dasarnya selalu identik dengan bahan pengawet yang tidak aman untuk kesehatan bayi dan memicu beberapa kondisi serius seperti kecanduan, penyakit autoimun, tantrum dan hiperaktif.

Well, itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya memang Anda blacklist pada menu harian Anda.

Tentu bukan tanpa sebab, hal ini ditujukan untuk membantu menghindari berbagai jenis dampak buruk yang bisa mengganggu kesehatan Anda dan buah hati.

Baiklah, terimakasih telah bergabung bersama kami, semoga informasi ini menjadi acuan untuk Anda dan buah hati dalam memulai hidup sehat pasca melahirkan.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *