5 Penyebab Perut Gatal Pada Ibu Hamil Berikut Cara untuk Mengatasinya

5 Penyebab Perut Gatal Pada Ibu Hamil Berikut Cara untuk Mengatasinya – Ternyata, berbagai jenis perubahan tubuh yang dialami oleh seorang ibu hamil dapat memicu berbagai jenis keluhan kesehatan.

Nah, salah satu keluhan ang paling umum pada ibu hamil ialah rasa gatal pada seluruh area tubuh terutama pada bagian payudara dan juga perut.

5 Penyebab Perut Gatal Pada Ibu Hamil Berikut Cara untuk Mengatasinya

5 Penyebab Perut Gatal Pada Ibu Hamil Berikut Cara untuk Mengatasinya

Sensasi rasa gatal yang sangat kuat ini menyebabkan sang ibu tak kuasa untuk menahan serta memiliki keinginan untuk menggaruknya lagi dan lagi.

Meskipun tidak berbahaya, ternyata membiarkan masalah ini terus menerus berlarut tanpa upaya pengobatan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu selama masa kehamilannya.

Apakah benar manggaruk perut pada saat hamil akan menyebabkan timbulnya strech marks ?

Sementara itu, kemunculan stretch mark akibat garukan ternyata hanya dianggap sebagai mitos belaka. Bagaimana tidak ?

Stretch mark atau guratan-guratan kecil yang muncul pada area kulit mana saja termasuk kulit perut. Ternyata diakibatkan oleh adanya peregangan kulit secara berlebihan.

Termasuk ketika perut seorang ibu hamil mulai membesar dan mengalami peregangan kulit, maka potensi untuk mencetak stretch mark pada kulit yang meregang semakin besar.

Jadi, jelas bukan ? Bahwa stretch mark adalah kondisi yang terjadi diluar masalah kulit gatal pada bu hamil.

Lantas, apakah perut gatal yang terjadi pada saat hamil itu normal ?

Pada dasarnya, rasa gatal pada perut seorang ibu hamil merupakan suatu kondisi yang sangat wajar dan normal. Tak hanya satu, namun kondisi seperti ini kerap dirasakan oleh banyak ibu hamil di dunia.

Rasa gatal yang dialami oleh ibu hamil, acap kali membuat tangan mereka tak berhenti untuk menggaruk kulit perutnya lagi dan lagi.

Terlebih jika ibu hamil tersebut, telah memasuki trimester ketiga. Maka rasa gatal tersebut bisa semakin kuat dan benar-benar mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Lalu apa saja yang menyebabkan perut ibu hamil terasa sangat gatal ?

Faktanya, ukuran perut yang semakin membesar juga turut berkontribusi pada rasa gatal yang terjadi. Pasalnya, saat perut membesar, maka kulit juga akan turut mengalami pelebaran.

Dari situ bisa di tarik kesimpulan dengan jelas, bahwa peregangan pada kulit dapat mengakibatkan kelembaban alami kulit menjadi hilang dan kulit akan menjadi lebih rentan mengalami sensasi gatal.

Selain itu, beberapa kondisi berikut ini juga disebut-sebut sebagai faktor penyebab rasa gatal pada ibu hamil :

  1. Perubahan Hormon

Mengalami perubahan hormon selama masa kehamilan adalah hal yang sangat teramat wajar dan normal. Dan ternyata, banyaknya perubahan hormon selama masa kehamilan menjadi penyebab rasa gatal pada perut ibu hamil.

Terlebih peningkatan produksi hormon estrogen yang meningkat selama masa kehamilan juga menjadi alasan yang sangat kuat kenapa perut seorang ibu hamil kerap terasa gatal.

  1. Adanya Penyakit Eksim

Selain hormon dan ukuran perut, memiliki penyakit eksim sebelum menginjak masa kehamilan atau pasca menginjak masa kehamilan juga menjadi salah satu penyebab kenapa rasa gatal pada ibu hamil semakin memburuk.

  1. Gangguan Sistem Aliran Darah

Tahukah Anda ? Ternyata, pada usia kandungan di trimester pertama, maka sirkulasi aliran darah menuju jaringan kulit akan semakin meningkat.

Meskipun baik, peningkatan suplay aliran darah menuju area kulit dapat menimbulkan dampak buruk untuk Anda termasuk rasa gatal yang pada area kulit Anda.

  1. Prurigo

Prurigo adalah suatu kondisi yang ditandai dengan bintik-bintik berukuran kecil.

Disamping itu, salah satu gejala paling umum dari kondisi medis yang satu ini ialah rasa gatal pada perut ibu hamil sekaligus pada bagian kulit tubuh lainnya.

Cara Mengatasi Perut Gatal saat Hamil

Untuk menghindari berbagai kondisi yang tidak diinginkan, maka sebaiknya Anda segera mengatasi perut gatal Anda dengan mengikuti beberapa cara berikut ini :

  1. Tidak menggaruk secara berlebihan dan tahan secara perlahan keinginan Anda untuk menggaruk.
  2. Jaga kelembaban alami kulit perut atau jika perlu, gunakan lotion untuk mengembalikan kelembaban alami kulit perut Anda.
  3. Kompres dengan air dingin guna meminimalisir keinginan untuk menggaruk kulit perut Anda.
  4. Mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang mengalami gatal-gatal
  5. Mandi oatmeal.

Itulah 5 penyebab berikut 5 cara untuk mengatasi perut gatal pada masa kehamilan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *