Site Loader

5 Pola Hidup Bersih dan Sehat yang Mulai Diterapkan Pasca Covid-19

5 Pola Hidup Bersih dan Sehat yang Mulai Diterapkan Pasca Covid-19 – Virus Corona yang penemuan kasusnya sudah mencapai angka 1000 kasus ini memang memberi dampak yang sangat besar terhadap perilaku banyak orang.

Bukan hanya menimbulkan kepanikan, tapi juga menciptakan kesadaran terhadap penerapan perilaku pola hidup bersih dan sehat atau PHBS. Berikut beberapa PHBS yang mulai banyak diterapkan pasca merebaknya COVID-19.

1. Rajin Mencuci Tangan Denga Sabun

Menjaga kebersihan memang menjadi salah satu rutinitas yang paling sering digaungkan sebagai upaya pencegahan sebaran COVID-19. Salah satu perilaku menjaga kebersihan yang sangat gencar dikampanyekan adalah mencuci tangan memakai sabun.

Sebagai langkah awal pencegahan masuknya virus, mencuci tangan dengan sabun merupakan bagian dari kesadaran akan penerapan PHBS. Sebenarnya, mencuci tangan dengan sabun merupakan perilaku normal keseharian yang harus dilakukan. Karena itu biasakan kebiasaan baik ini ya.

2. Memperbanyak Upaya Peningkatan Imun Tubuh

Sistem imun yang kuat dipercaya menjadi benteng terbaik terhadap serangan virus, termasuk Virus Corona ini. Oleh karenanya, banyak orang mulau berbondong-bondong mencari cara meningkatkan imun tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menjaga asupan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Bukan hanya itu, banyak orang mulai rajin mengonsumsi suplemen dan multivitamin agar tubuh tetap sehat dan imun terjaga dengan baik. Bahkan kabar tentang empon-empon seperti jahe yang dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh pun semakin banyak dikonsumsi.

3. Mulai Rutin Berolahraga

Setiap Rutinitas selanjutnya demi menerapkan pola hidup adalah rutin berolahraga. Meski masih dalam masa isolasi, tapi nyatanya olah raga tetap banyak dilakukan di rumah. Beberapa jenis olahraga sederhana memang dapat dilakukan meski di rumah seperti yoga, lompat tali, push up, sit up dan jogging di sekitar rumah.

Rutinitas semacam inilah yang mulai banyak dilakukan terlebih di masa isolasi seperti sekarang ini. Selain untuk menjaga stamina tubuh, nyatanya olah raga pun dapat menjadi aktivitas pencegah kebosanan sekaligus mengisi kesibukan.

4. Rajin Berjemur Dipagi Hari

Jika biasanya berjemur di pagi hari hanya sering dilakukan anak-anak, tidak dengan sekarang. Belakangan orang dewasa pun semakin banyak terlihat melakukan aktivitas ini. Berjemur di bawah sinar matahari pagi mulai banyak dilakukan sebab dipercaya dapat melawan virus corona.

Hal ini tidak sepenuhnya salah sebab sinar matahari pagi yang membawa ultraviolet B akan bekerja sama dengan kolesterol di bawah permukaan kulit untuk membentuk vitamin D3. Vitamin D inilah yang akan menjadi sumber kekebalan tubuh hingga dapat mencegah penyakit autoimun seperti COVID-19.

5. Menjaga Pola Tidur

Perilaku penerapan pola hidup sehat selain melalui pola makan adalah juga dengan menjaga pola tidur. Pasalnya, tidur yang cukup akan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh kita. Jika imun semakin kebal, maka virus akan semakin sulit menembus pertahanan tubuh kita.

Bukan hanya itu, stres yang mungkin menyerang akibat kepanikan yang dirasakan akan berkurang dengan istirahat yang cukup. Hal inilah yang kemudian mengubah pemikiran orang dan menyadarkan tentang pentingnya menjaga pola tidur.

Nah, itu tadi beberapa pola hidup bersih dan sehat yang mulai banyak diterapkan dengan penuh kesadaran pasca pandemi COVID-19. Kalau kalian sudah melakukan yang mana saja, nih?

 

Posted By : ASTV Official

 

Post Author: Rapi Iskandar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *