Site Loader

6 Makanan Penurun Hipertensi yang Wajib Anda Coba  – Untuk menurunkan darah tinggi demi menghindari komplikasi yang bersifat sangat fatal, maka ada baiknya Anda mengetahui apa saja makanan yang baik dan buruk untuk dikonsumsi.

Karena tahukah Anda ? Pada dasarnya, makanan bisa menjadi penyebab naik atau bahkan turunnya tekanan darah di dalam tubuh Anda.

6 Makanan Penurun Hipertensi yang Wajib Anda Coba

6 Makanan Penurun Hipertensi yang Wajib Anda Coba

Jadi, tentu saja Anda sangat dianjurkan untuk selalu berhati-hati dalam memilih makanan yang akan Anda konsumsi, jika Anda memiliki riwayat penyakit hipertensi.

Lantas apakah Anda tahu apa itu hipertensi ?

Hipertensi atau yang juga dikenal dengan istilah darah tinggi merupakan suatu kondisi yang di deskripsikan dengan angka tekanan darah yang lebih tinggi dari 120/80 mmHg.

Sayangnya, minum obat saja tidak cukup untuk dapat menurunkan atau mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi.

Oleh karena itu, para ahli nutrisi merekomendasikan agar penderita hipertensi mengonsumsi makanan penurun hipertensi. lalu apa saja sih makanan penurun hipertensi tersebut ?

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti lobak, sawi, kale, bayam dan sayur lainnya umumnya dilengkapi dengan kandungan kalium yang tinggi.

Disamping itu, sayuran hijau juga dilengkapi dengan kandungan kalsium yang juga sangat berguna dan sangat dibutuhkan oleh penderita hipertensi untuk kembali menurunkan tekanan darah tingginya.

  1. Yogurt

Kekurangan kalsium di dalam tubuh adalah salah satu faktor yang menyebabkan Anda mengalami hipertensi. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang tinggi akan kalsium seperti yogurt bisa menjadi solusi yang paling tepat.

  1. Susu

Selain yogurt, susu juga menjadi pilihan minuman yang cukup direkomendasikan untuk penderita hipertensi. Ini karena susu juga dilengkapi dengan kalsium yang tak kalah tinggi dari yogurt.

Bahkan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Human Hypertension tahun 2012 menunjukkan bahwa ada hubungan antara susu rendah lemak dengan penurunan resiko hipertensi.

  1. Kentang rebus

Kentang merupakan salah satu makanan yang dilengkapi dengan kalium dan magnesium tinggi. Kedua kandungan mineral tersebut dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Disisi lain, kentang juga sangat tinggi akan kandungan serat yang memang sangat diperlukan oleh penderita hipertensi.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang rendah lemak, rendah natrium dan tinggi akan serat. Sehingga, oatmeal disebut-sebut makanan penurun darah tinggi terbaik.

  1. Ikan

Beberapa jenis ikan tertentu, seperti ikan trout dipercaya memiliki kandungan vitamin D dalam jumlah yang cukup tinggi. nah kandungan vitamin D pada ikan tersebut dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan hipertensi.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal juga menyebutkan bahwa ikan berlemak seperti ikan tuna dan ikan salmon yang dikonsumsi sebanyak 3x dalam seminggu dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

Para peneliti berpendapat bahwa manfaat ini dihasilkan dari kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi pada ikan berlemak tersebut.

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *