Site Loader

6 Pantangan Makanan Pada Saat Menstruasi – Datang bulan atau menstruasi memang bisa membuat setiap wanita merasa tidak nyaman untuk menjalankan berbagai aktivitas kesehariannya.

Sebagai seorang wanita, tentu Anda sangat paham bahwa tamu bulanan ini kerap menyerang mood sehingga membuat Anda menjadi pribadi yang jauh lebih sensitif.

6 Pantangan Makanan Pada Saat Menstruasi

6 Pantangan Makanan Pada Saat Menstruasi

Selain itu, menstruasi juga kerap menyebabkan banyak wanita mengalami “sumilangeun” (istilah orang sunda untuk menggambarkan rasa sakit berlebihan pada bagian perut bawah pada saat menstruasi).

Sayangnya, rasa nyeri tersebut juga kerap di iringi dengan sensasi perut kembung, nyeri payudara serta masalah migrain.

Kondisi tersebut diakibatkan karena selama menstruasi, dinding rahim Anda akan mengalami kontraksi hingga menekan pembuluh darah di area tersebut.

Namun jangan khawatir, karena kini Anda bisa meminimalis kondisi-kondisi tersebut dengan menghindari beberapa jenis makanan berikut ini :

  1. Makanan dan Minuman Berkafein

James F. Balch dan Mark Stengles yang merupakan seorang penulis buku Prescription for Natural Cures mengungkapkan bahwa

Mengonsumsi berbagai jenis minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, cokelat dan soda bisa membuat gejala menstruasi semakin memburuk.

Begitupun sebaliknya, mengurangi pengonsumsian makanan dan minuman berkafein dapat membuat Anda menjadi lebih baik saat menstruasi.

  1. Gandum Olahan

Sayangnya, gandum olahan tidak lebih sehat gandum murni karena sebagian besar nutrisi yang terdapat di dalamnya sudah hilang akibat proses pengolahan.

Jadi, makanan gandum olahan seperti roti, biskuit dan roti putih dapat menyebabkan gula darah dan nafsu makanan Anda terganggu pada saat menstruasi.

  1. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Setelah menghindari kafein dan gandum olahan, menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung lemak jenuh merupakan cara yang cukup efektif untuk membantu meminimalisir gejala menstruasi.

  1. Makanan Manis

Faktanya, perubahan mood saat menstruasi dapat mengakibatkan kadar gula darah seorang wanita menjadi tidak stabil.

Mengonsumsi makanan manis atau makanan bergula juga bisa menambah fluktuasi gula darah Anda, yang berdampak pada perubahan mood dan ketegangan.

  1. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas saat menstruasi dapat memicu hot flashes, menunda siklus menstruasi, dan memancing peradangan kulit dan jerawat.

  1. Makanan Kaleng dan Makanan Olahan

Anda juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan kalengan dan atau makanan olahan pada saat menstruasi.

Pasalnya, kedua jenis makanan tersebut mengandung kadar sodium dalam jumlah yang sangat tinggi. Sehingga kan membuat perut Anda semakin kembung pada saat menstruasi.

Nah itulah 6 jenis makanan yang memang sebaiknya Anda hindari pada saat menstruasi untuk mengurangi resiko gejala yang ditimbulkan.

Baik, kita akhiri dulu informasi hari ini, salam sehat dan semoga hari Anda penuh dengan kegembiraan.. 😉

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *