Site Loader

Stop ! Inilah 6 Pantangan Makanan untuk Wanita Menopause – Mengonsumsi makanan yang kurang sehat saat Anda memasuki masa menopause, hanya akan memperburuk gejala yang mengganggu, seperti hot flashes dan insomnia.

Dilansir dari www.everydayhealth.com, Amy Jamieson-Petonic, RD, seorang ahli gizi dan ahli fisiologi olahraga di Cleveland, mengatakan bahwa nutrisi yang baik dapat membuat perubahan besar pada kesehatan Anda.

Stop ! Inilah 6 Pantangan Makanan untuk Wanita Menopause

Stop ! Inilah 6 Pantangan Makanan untuk Wanita Menopause

Seperti untuk membantu meredakan gejala menopause terkait dengan perubahan suasana hati, rasa panas, dan kelelahan, serta kembung dan kemungkinan kenaikan berat badan.

  1. Makanan pedas

Menurut National Institute on Aging, mengonsumsi makanan pedas saat menopause akan memicu keringat berlebih, kemerahan serta gejala hot flash lainnya.

  1. Makanan cepat saji

Memiliki waktu yang terbatas untuk makan ? Maka fast food adalah solusinya. Tetapi sangat disayangkan karena makanan cepat saji umumnya sering mengandung banyak lemak.

Nah, makanan berlemak sendiri dapat meningkatkan resiko penyakit jantung yang memang sangat beresiko tinggi dialami oleh seorang wanita menopause.

Disisi lain, makanan cepat saji juga cenderung akan meningkatkan bobot tubuh dan memperburuk gejala menopause lainnya.

  1. Makanan yang diproses

Keripik kentang dan kue mungkin terasa enak, tetapi biasanya mengandung banyak natrium dan gula tambahan, atau justru keduanya, yang dapat membuat Anda menahan air dan merasa kembung

  1. Alkohol

Faktanya, wanita yang minum dua hingga lima kali sehari memiliki risiko 1,5 kali lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak minum sama sekali.

Selain itu, menurut North American Menopause Society, mengonsumsi minum-minuman keras juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Kafein

Suka secangkir kopi di pagi ? Hentikan sekarang juga ! Pasalnya kondisi ini bisa memperburuk gejala menopause Anda.

Sebuah studi Mayo Clinic yang diterbitkan pada Februari 2015 dalam Jurnal Menopause menemukan bahwa wanita menopause yang mengonsumsi kafein lebih cenderung mengalami hot flash.

  1. Daging berlemak

Selain tinggi lemak jenuh, daging berlemak juga dapat memicu penurunan produksi hormon serotonin di dalam tubuh.

Akibat yang paling menonjol akibat turunnya produksi hormon serotonin ialah Anda akan jauh lebih sensitif, merasa ingin marah, mudah marah dan sangat mudah tersinggung.

Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut, membangun kebiasaan makan yang sehat dari sekarang.

Maka Anda akan memperoleh nikmatnya kesehatan yang lebih baik untuk tahun-tahun mendatang, termasuk pada saat Anda harus melalui menopause.

Itulah 6 Pantangan Makanan yang Harus Dipatuhi oleh Seorang Menopause

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *