Site Loader

7 Buah dan Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol – Mengubah pola makan adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh Anda.

Lantas tahukah Anda apa itu kolesterol ?

Kolesterol merupakan sebuah zat lilin yang diproduksi oleh organ hati akibat mengonsumsi terlalu banyak produk hewani seperti daging, susu dan telur.

Faktanya, kolesterol pada makanan jarang memiliki dampak yang besar pada total keseluruhan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans dan gula justru menjadi penyebab utama kenapa kolesterol jahat di dalam tubuh mengalami peningkatan.

Disisi lain, kolesterol jenis HDL mungkin bermanfaat untuk kesehatan. Sementara kolesterol LDL tingkat tinggi yang teroksidasi dikait-kaitkan dengan resiko penyakit jantung dan stroke.

Pasalnya LDL teroksidasi cenderung akan menempel pada dinding arteri dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

7 Buah dan Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol

7 Buah dan Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Oleh karena itu, beberapa tips berikut ini dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh Anda.

  1. Alpukat

Jika Anda sedang mencari buah penurun kolesterol, maka jawaban paling mudah yang bisa Anda temukan ialah mengonsumsi buah alpukat.

Pasalnya, alpukat adalah salah satu buah yang diperkaya dengan asam lemak tak jenuh yang akan membantu meningkatkan HDL sekaligus membantu menurunkan LDL.

Hebatnya alpukat juga memiliki kandungan beta-sistosterol atau sejenis lemak nabati yang akan membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh dari makanan lain.

Namun ingat ya, alpukat juga tinggi akan kalori. Jadi jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi alpukat ya.

  1. Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang diperkaya dengan viatmin dan antioksidan tinggi, yang akan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, jambu biji juga memiliki kandungan serat larut dan kalium yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Bersama kandungan mineralnya, vitamin pada buah jambu biji juga akan membantu menaikkan HDL di dalam tubuh.

  1. Apel

Buah apel, terutama bagian kulitnya, ternyata mengandung pektin. Disini, pektin memiliki tugas untuk menyerap kolesterol jahat dan mengeluarkannya melalui urin.

  1. Jeruk

Selain memiliki bentuk, rasa dan warna yang cantik nan menyegarkan. Buah jeruk juga tinggi akan vitamin C yang berguna untuk membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh.

  1. Gandum Utuh

Langkah selanjutnya untuk menurunkan kolesterol jahat ada pada gandum utuh. Seperti jambu biji, gandum utuh juga dapat membantu menurunkan LDL, melalui kandungan serat larut yang dimilikinya.

  1. Kacang-kacangan

Selain jambu biji dan gandum utuh, kacang-kacangan juga termasuk ke dalam makanan yang diperkaya dengan kandungan serat larut dalam jumlah yang melimpah untuk menurunkan kolesterol.

  1. Ikan Salmon

Makan ikan dalam dua atau tiga kali seminggu dapat membantu menurunkan  LDL dengan dua cara.

Yaitu dengan mengganti daging berlemak dan meningkatkan asupan omega 3 yang dimiliki oleh ikan salmon dan ikan berlemak jenis lainnya.

Itulah buah dan makanan penurun kolesterol. Untuk Anda yang memiliki kolesterol semoga segera sehat kembali, Aamiin..

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *