7 Makanan Sehat dan Lezat untuk Mengatasi Mual saat Hamil

7 Makanan Sehat dan Lezat untuk Mengatasi Mual saat Hamil – Faktanya, hampir sebagian besar wanita hamil mengalami mual, terutama pada trimester pertama. Dan hanya sekitar 20% wanita hamil yang tidak mengalaminya.

Sampai saat ini belum ada yang tahu secara pasti kenapa kondisi mual sangat identik dengan hamil muda. Namun rasa mual tersebut diperkirakan terjadi akibat adanya perubahan fisik dan juga hormon di dalam tubuh selama masa kehamilan.

Meskipun pada umumnya, mual kerap menyerang wanita hamil pada trimester pertama, terutama pada minggu-minggu pertama hingga minggu ke dua belas. Namun beberapa wanita hamil lain terkada mengalami mual dalam waktu yang lebih lama.

7 Makanan Sehat dan Lezat untuk Mengatasi Mual saat Hamil

7 Makanan Sehat dan Lezat untuk Mengatasi Mual saat Hamil

Dalam istilah medis sendiri mual pada masa kehamilan, lebih akrab disapa dengan sebutan “morning sickness”.

Akan tetapi, meskipun menyandang kata morning (pagi), sebenarnya mual tersebut bisa terjadi kapan saja lho, baik itu siang, sore ataupun malam.

Bahkan beberapa wanita hamil yang lebih sensitif bisa mengalami mual hingga sepanjang hari penuh.

But jangan khawatir ya, karena mual pada masa kehamilan merupakan kondisi yang sangat wajar dan tidak membahayakan janin di dalam kandungan.

Meskipun tak berbahaya, namun mual yang konstan atau terus-menerus tentu saja akan menyebabkan ketidaknyamanan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga menambahkan asupan makanan berikut ini untuk membantu mengatasi mual Anda tersebut.

Meski mual umumnya akan mempengaruhi nafsu makan, akan tetapi Anda jangan sampai membatasi atau mengurangi asupan makanan yang Anda konsumsi ya.

Pasalnya Anda juga harus ingat bahwa bayi dalam rahim Anda memerlukan asupan nutrisi yang cukup.

Adapun beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi rasa mual Anda ialah termasuk :

  1. Apel Hijau Segar

Untuk seorang wanita hami, apel hijau adalah satu satu makanan terbaik untuk dijadikan sebagai alternatif untuk memiliki kehamilan yang sehat.

Tentu saja bukan tanpa alasan, namun kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada apel hijau memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Selain itu beberapa nutrisi lain pada buah apel hijau juga terbukti dapat membantu mencegah sembelit, meningkatkan sistem imunitas tubuh serta terbukti cukup efektif untuk mengurangi mual saat hamil muda.

Hebatnya lagi, mengonsumsi buah apel hijau selama masa kehamilan juga sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi untuk ibu hamil.

  1. Buah Pisang

Selain apel hijau, buah pisang juga menjadi salah satu alternatif makanan super sehat untuk wanita hamil.

Pasalnya, kandungan nutrisi di dalam buah pisang seperti vitamin B6 cukup pintar dalam menetralkan keadaan lambung dan sistem pencernaan, sehingga Anda bisa meminimalisir rasa mual Anda selama dalam masa kehamilan.

  1. Buah Jeruk

Selain tinggi akan kandungan vitamin C, buah jeruk juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Terlepas dari itu, aroma dan rasa pada buah jeruk dipercaya memiliki kemampuan untuk membantu membebaskan Anda dari gangguan morning sickness dalam kehamilan.

  1. Jahe

Dari sejak lama, jahe memang menjadi tanaman herbal yang digunakan untuk membantu mengatasi mual dan mabuk perjalanan.

Aroma dan sensasi pada jahe ini juga memiliki efek untuk menenangkan otak dan mengontrol rasa mual agar lebih rileks.

  1. Daun Mint

Selain jahe, daun mint juga merupakan tanaman herbal yang cukup efektif dalam mengontrol kinerja otak yang berfungsi untuk mengatur mood.

Untuk mendapatkan khasatnya, Anda hanya dianjurkan untuk mengunyak daun mint yang telah dibersihkan secara rutin pada pagi hari atau pada saat Anda mulai merasa mual.

Jika Anda tak bisa menemukan daun mint, maka Anda juga bisa menggantinya dengan permen rasa mint atau beberapa makanan yang mengandung rasa mint lainnya.

  1. Lemon

Cara lain untuk mengatasi rasa mual pada masa kehamilan ialah dengan mengonsumsi air mineral hangat yang telah dicampuri air perasan lemon atau irisan lemon segar.

Aroma dan juga rasa dari lemon dipercaya memiliki manfaat untuk membantu memberikan efek tenang untuk perut Anda sekaligus membantu mengurangi masalah morning sickness.

  1. Kacang-kacangan

Ternyata eh ternyata, kekurangan protein di dalam tubuh juga menjadi alasan yang sangat kuat kenapa seorang wanita hamil mengalami mual yang terus menerus.

Oleh karena itu, disini kacang-kacangan memiliki manfaat yang luar biasa untuk membantu memenuhi kebutuhan protein sekaligus membantu mengurangi efek mual pada masa kehamilan.

Nah itulah 7 makanan yang sangat wajib untuk dicoba, jika Anda merasa mual pada masa kehamilan Anda kali ini.

Terimakasih telah membaca hingga akhir, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dishare ya.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *