7 Makanan Terlarang untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

7 Makanan Terlarang untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga – Mengetahui nilai gizi dari setiap makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil adalah yang penting untuk dipertimbangkan.

Kebutuhan nutrisi yang meningkat selama kehamilan, tak berarti menjadikan seorang ibu hamil untuk bebas mengonsumsi makanan ini dan itu tanpa batasan.

7 Makanan Terlarang untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

7 Makanan Terlarang untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Tentu saja, untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam rahim. Orang tua terutama ibu harus memenuhi kebutuhan berbagai nutrisi dengan memilih dan memilah makanan yang akan di konsumsi

Mempertimbangkan gizi pada tiap trimester selama kehamilan, tentu merupakan cara yang sangat penting dilakukan oleh seorang ibu semasa hamil.

Tahukah Anda ?

Sedikit banyaknya, makanan dan minuman yang Anda konsumsi pada kehamilan Anda saat ini, akan memberikan pengaruh yang cukup besar untuk mendukung proses tumbuh kembang janin di dalam rahim.

Dan benar saja, makanan sehat dapat membantu ibu termasuk janin untuk tetap sehat selama kehamilan. Nah berfokus pada trimester tiga yang lebih dekat pada proses persalinan.

Maka Anda di wajibkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kesehatan fisik dan mental, dengan rutin berolahraga dan selektif dalam memilih makanan yang boleh atau tidak boleh masuk ke dalam perut.

Karena ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat ibu menjadi sakit bahkan hingga beresiko membahayakan janin di dalam kandungan.

Adapun daftar makanan yang harus dihindari pada timester tiga, diantaranya ialah termasuk :

  1. Pepaya

Sebenarnya, pepaya adalah buah yang diperkaya dengan kandungan mineral dan vitamin yang menyehatkan untuk tubuh, terutama untuk saluran pencernaan.

Namun sayangnya, hal tersebut tak berlaku untuk Anda yang tengah hamil tua. Karena terlalu banyak mengonsumsi pepaya di trimester ketiga dapat menyebabkan terjadinya kontraksi palsu.

Hal ini terjadi karena pepaya mengandung getah bernama papain, yang bisa mengakibatkan rahim bekerja secara ekstra cepat.

Kemudian kandungan serat tinggi pada pepaya juga dapat meningkatkan resiko diare pada ibu hamil, jika ia dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

  1. Seafood Mentah

Baik mentah ataupun setengah matang, sebaiknya seafood memang diminimalisir pengonsumsiannya untuk ibu hamil.

Meskipun mengandung gizi yang dirasa cukup lengkap, namun ternyata seafood juga mengandung merkuri dalm jumlah yang cukup tinggi.

Yang paling dikhawatirkan disini adalah bakteri yang ada di dalamnya dapat membuat ibu hamil keracunan dan mengalami kontraksi sebelum waktunya.

  1. Makanan Pedas

Meskipun menggugah selera, ketika Anda memasuki usia kehamilan trimester tiga. Maka sebaiknya Anda mulai melepaskan keinginan Anda untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan pedas.

Pasalnya, makanan pedas ternyata dapat menyebabkan kontraksi yang lebih cepat. Tentu saja kondisi ini akan berbahaya, terlebih jika Anda belum waktunya untuk melahirkan.

  1. Nanas

Kandungan bromelain pada buah nanas adalah salah satu alasan terbesar kenapa nanas tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester ketiga.

Karena bromelain yang cukup tinggi dapat menyebabkan kontraksi dini bahkan hingga kelahiran prematur pada usia kehamilan Anda saat ini.

  1. Makanan yang Mengandung Minyak Jarak

Baik makanan ataupun minuman yang mengandung minyak jarak, semuanya sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama pada kehamilan trimester ketiga.

Alasan terbesarnya ialah karena minyak jarak menjadi induksi alami yang dapat menyebabkan ibu hamil melahirkan lebih cepat dari waktunya.

  1. Jintan

Meskipun kerap dijadikan sebagai rempah pada berbagai jenis makanan dengan alasan rasanya yang cukup enak, jintan hitam menjadi alasan kenapa ibu hamil mengalami kontraksi dini.

  1. Makanan Berlemak

Makanan yang berlemak tinggi ternyata juga menjadi salah satu makanan yang dipantang untuk ibu hamil pada trimester ketiga.

Pasalnya, makanan berlemak dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi lebih buruk. Ketika sistem pencernaan buruk, maka usus tidak bisa bekerja dengan lancar dan pada akhirnya ibu hamil akan mengalami sembelit.

Well, itulah daftar makanan yang memang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh para ibu hamil pada trimester ketiga termasuk Anda.

Terimakasih telah  membaca artikel ini hingga tuntas, semoga informasinya bermanfaat dan selamat menjadi ibu.. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *