7 Tanda Awal Proses Persalinan Semakin Mendekat

7 Tanda Awal Proses Persalinan Semakin Mendekat – Faktanya, banyak sekali ibu hamil terutama yang baru pertama kali memiliki pengalaman hamil, cemas dan bertanya-tanya tentang kapan dan bagaimana saya melahirkan nanti ?

Terlebih jika usia kandungan telah menderkati usia 9 bulan, maka seorang wanita hamil akan mulai merasa sangat penasaran kapan proses persalinannya akan tiba. Sudah dekatkah ? Atau masih lamakah ?

Namun jangan khawatir, karena sejatinya proses persalinan sangat jarang terjadi secara tiba-tiba. Dan umumnya, sebelum proses persalinan tiba, tubuh akan mengirimkan beberapa sinyal atau beberapa tanda tertentu.

Sementara itu, tanda-tanda persalinan tersebut biasa terjadi sebulan atau dua minggu sebelum proses persalinan tiba.

7 Tanda Awal Proses Persalinan Semakin Mendekat

7 Tanda Awal Proses Persalinan Semakin Mendekat

Setelah memasuki semester ketiga terutama menjelang usia kehamilan 9 bulan. Maka pasangan suami istri harus siap siaga mempersiapkan kelahiran buah hatinya dalam kondisi apapun.

Baik itu melalui persiapan finansial, persiapan mental, persiapan fisik, termasuk juga memahami apa saja tanda-tanda dari proses persalainan yang sudah semakin mendekat.

Dan tentu saja, persalinan yang normal merupakan suatu proses panjang yang melelahkan namun sangat diharapkan.

Oleh karena itu, yuk segera persiapkan proses persalinan lancar dan sehat, dengan memahami 7 tanda berikut ini :

  1. Rasa Lelah dan Keinginan Tidur Siang Semakin Meningkat

Seiring dengan perkembangan perut yang semakin membesar dan sistem pencernaan yang semakin berantakan, maka pada umumnya seorang wanita hamil akan kesulitan memejamkan mata di malam hari.

Alhasil ? Untuk menutupi rasa lelahnya tersebut, umumnya wanita hamil akan menyempatkan waktu untuk memejamkan mata di siang hari untuk sejam atau dua jam selama matahari masih bersinar terik.

Sementara itu, ketika proses persalinan akan semakin mendekat, maka ledakan energi dari buah hati di dalam rahim umumnya akan membuat sang ibu merasa tidak kuat untuk menahan keinginannya untuk tidur atau untuk melakukan aktivitas apapun.

  1. Posisi Bayi Akan Merosot

Sekitar satu atau empat minggu sebelum proses persalinan tiba, biasanya posisi bayi di dalam kandungan akan merosok atau pindah posisi turun ke area panggil atau yang lebih dikenal dengan “pengenduran”.

Kondisi ini menunjukkan bahwa bayi tengah mengatur ulang posisi tubuhnya dengan arah kepala dibawah, sebagai pertanda bahwa ia siap untuk dilahirkan.

  1. Nyeri Punggung Bagian Bawah

Nyeri punggung terutama punggung bagian bawah adalah salah satu tanda paling umum bahwa proses persalinan Anda sudah semakin mendekat.

Umumnya, rasa sakit pada punggung ini akan disertai dengan rasa sakit pada perut menyerupai kram atau hampir sama persis dengan rasa sakit yang biasa terjadi sebelum mentruasi terjadi.

Rasa sakit ini timbul, akibat ukuran perut yang semakin membesar serta hormon kehamilan yang berhasil melonggarkan persendian pada tulang belakang Anda.

  1. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Beberapa hari atau beberapa jam menjelang persalinan, maka secara fisiologis bayi akan turun menuju ke arah tulang panggul untuk mempersiapkan diri keluar dari rahim dan menuju alam dunia.

Kondisi seperti ini akan menyebabkan bayi bersandar pada kandung kemih. Alhasil ? Keinginan untuk buang air kecil akan semakin meningkat, jika dibandingkan denga hari-hari biasanya.

  1. Pola Kontraksi Kuat dan Bertahap

Pada awal menuju proses persalinan, biasanya wanita hamila akan mengalami kontrasi yang kuat, tidak beraturan dan muncul secara bertahap dari mulai jarang-jarang hingga semakin lebih sering.

Inilah yang disebut dengan kontraksi Braxton Hicks atau kontraksi palsu atau bukan tanda melahirkan yang sebenarnya. Kondisi tersebut hanya menandakan proses persalinan sudah semakin dekat.

  1. Keluar Cairan Kental Bercampur Darah

Tahukah Anda ? Ternyata, selama dalam masa kehamilan, maka mulut rahim akan ditutupi oleh sejenis lendir bertekstur cukup kental. akan tetapi, ketika proses persalinan sudah semakin dekat.

Maka lendir tersebut akan mulai melalui vagina akibat melebarnya mulut rahim atau lebih akrab disapa dengan pembukaan jalan lahir.

Jika lendir tersebut akan berwarna bening atau merah muda yang disertai dengan campuran darah, maka sebaiknya Anda segera siapa dan berwaspada karena kondisi tersebut sudah menunjukkan bahwa persalinan telah semakin mendekat.

  1. Pecahnya Air Ketuban

Sebenarnya pecahnya ketuban tidak dapat diprediksi secara pasti, namun pada sebagian besar wanita hami, pecah ketuban akan terjadi pada setelah kontraksi mulai terasa.

Sementara sebagian wanita hamil lainnya mengalami pecah ketuban pada saat sebelum mereka mengalami kontraksi.

Well, itulah 7 tanda proses persalinan Anda sudah semakin dekat. Jangan lupa persiapkan dengan sebaik mungkin ya, agar Anda bisa menjalani proses persalinan yang normal dan sehat.

Terimakasih atas luangan waktunya membaca artikel kami hingga akhir, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *