9 Tanda Kamu Memiliki Sifat Sombong – Yuk Segera Koreksi Diri !

9 Tanda Kamu Memiliki Sifat Sombong – Yuk Segera Koreksi Diri ! | Sejatinya, sombong adalah salah satu sifat paling jelek yang seharusnya sih bisa dijauhi ya guys.

Pasalnya, tak hanya merugikan diri sendiri, namun kesombongan juga akan menyebabkan orang lain merasa tidak nyaman untuk dekat atau bergabung dengan kamu.

9 Tanda Kamu Memiliki Sifat Sombong – Yuk Segera Koreksi Diri !

Sombong sendiri merupakan sebuah kata sifat yang memiliki arti angkuh, takabur, congkak, arogan atau suatu perasaan (emosi) dalam hati yang mengacu pada makna yang sangat umum.

Sementara dalam konotasi negatif, sombong biasanya digambarkan dengan perasaan meningkatnya status atau prestasi yang juga kerap disebut dengan keangkuhan.

Sedangkan dalam konotasi positif, sombong atau kesombongan lebih mengacu pada suatu perasaan berpuas diri seseorang terhadap keputusan, tindakan atau pilihan yang telah ia tentukan.

Dan kondisi tersebut juga dikaitkan dengan pujian, refleksi diri atau memiliki perasaan atau keinginan yang telah atau selalu terpenuhi.

Disisi lain, kebiasaan dapat menunjukkan bagaimana karakter asli seseorang, termasuk karakter sombong. Jadi keep hati-hati dalam bersikap ya.

Adapun 9 tanda bahwa kamu telah memiliki sifat sombong diantaranya ialah termasuk :

  1. Selalu menganggap diri sendiri benar

Sadar atau tidak, selalu membenarkan apapun yang keluar dari mulut kamu atau membenarkan sikap apapun yang kamu lakukan adalah benih-benih dari sifat sombong.

Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak menjadi close-minded dan lebih open-minded terhadap kebenaran yang dilakukan oleh orang lain.

  1. Tidak menerima kritik dan juga koreksi

Umumnya seseorang dengan riwayat sifat sombong paling anti-kritik atau lebih tepatnya sih sangat tidak ingin di kritik.

  1. Selalu berusaha mengalihkan topik pada diri pribadi

Ya, kondisi yang satu ini juga merupakan salah satu tanda bahwa virus sombong telah menjalar pada diri kamu.

Karena pada umumnya, seseorang dengan riwayat penyakit sombong memiliki ketertarikan yang sangat besar untuk mengagung-agungkan dirinya sendiri.

  1. Selalu memaksa orang lain untuk tahu hal penting dalam hidupmu

Salah satu contohnya, gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba kamu dengan bangga menyebutkan “Eh ayahku jadi juru bicara presiden loh” atau “Kemarin aku beli tas hermes ori” dan bla, bla, bla..

  1. Mengeluh terselubung

Biasanya seorang dengan sifat sombong akan membungkus sifat pamernya dengan keluhan. “Aduh.. kenapa sih Ayah beliin mobil baru lagi, padahal kan aku belum minta”.

Tanpa sadar hal tersebut telah menunjukan bahwa telah tertanam sifat sombong dalam diri kamu.

  1. Paling anti disaingi

Dalam istilah yang lebih populer, paling tak suka disaingi mungkin lebih dikenal dengan sifat iri.

Karena kebanyakan orang dengan sifat sombong juga akan disertai dengan sifat iri terhadap pencapaian orang lain.

Dan umumnya pemilik sifat sombong tidak akan suka jika ada seseorang yang lebih hebat darinya.

  1. Selalu menyepelekan kemampuan orang lain

Selain merasa super benar, menyepelekan kemampuan orang lain juga merupakan bibit awal kesombongan loh guys. Karena tanpa sadar, sombong akan membuat kamu merasa jauh lebih baik dari siapapun.

  1. Tak ingin terlihat kurang dihadapan orang lain

Inilah salah satu alasan kenapa orang sombong sering “bercakap besar“. Tujuan utamanya adalah agar tidak ada satupun orang yang berani menyepelekan mereka.

Pasalnya, salah satu ancaman terbesar bagi seseorang dengan sifat sombong ialah anggapan rendah dari orang lain.

  1. Tak sempurna maka tak bahagia

Pada dasarnya, kebanyakan orang sombong memang memiliki sifat yang perfeksionis. Hal ini masih terkait dengan kondisi agar tidak dianggap atau tidak terlihat kurang oleh orang lain.

Jika kamu sering melakukan satu atau beberapa hal diatas, maka kemungkinan terbesar sifat sombong telah berkembang di dalam hidup kamu. Jadi, yuk segera koreksi.. 😉

Padahal telah dikatakan dalam Q.S. Luqman : 18 yang artinya :

Dan janganlah kamu memalingkan muka (karena sombng) dan janganlah kamu berjalan dengan angkuh. Karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi membangga-banggakan diri.

Sementara dalam Q.S. An-Nahl : 23 telah disebutkan bahwa :

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang selalu membangga-banggakan diri.

Well, itulah beberapa tanda sombong yang wajib untuk kamu ketahui dan dijauhi tentunya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya.. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *