Bak Selembar Kertas, Sombong dan Percaya Diri Perbedaanya Sangat Tipis Lho

Bak Selembar Kertas, Sombong dan Percaya Diri Perbedaanya Sangat Tipis – Tentu saja, di dunia ini kita akan menemukan begitu banyak orang dengan karakter atau sifat yang berbeda-beda. Mulai dari pendiam, pemalu, percaya diri hingga sombong.

Nah diantara banyaknya karakter yang ada, orang kerap membanding-bandingkan antara karakter sombong dengan karakter percaya diri. Terlebih keduanya memiliki perbedaan yang sangat tipis (bak selembar kertas).

Sehingga tak sedikit pula banyak yang men-judge bahwa seseorang dengan karakter percaya diri adalah sombong Benarkah demikian ? Simak kebenarannya disini yuk ?

Bak Selembar Kertas, Sombong dan Percaya Diri Perbedaanya Sangat Tipis Lho

Bak Selembar Kertas, Sombong dan Percaya Diri Perbedaanya Sangat Tipis Lho

Pada dasarnya sombong dan percaya diri adalah kedua sifat yang berbeda. Namun jika ditelaah lebih jauh, tak hanya soal perbedaan namun keduanya juga memiliki persamaan yang cukup banyak.

Seperti sama-sama fasih berbicara di depan umum, hanya memiliki sedikit rasa malu, tak ada keraguan untuk mengungkapkan pendapat dan mungkin termasuk tak minder untuk bercermin di kaca mobil orang. 😀

Terlepas dari itu, kita sangat tahu bahwa sikap percaya diri sangat diperlukan. Sementara sikap sombong sebaiknya segera dibuang jauh-jauh, karena ia sangat identik dengan hal-hal yang negatif.

Disisi lain, percaya diri yang over atau berlebihan ternyata merupakan titik mendasar dari adanya sikap sombong.

Oleh karena itu, upayakan agar Anda selalu mencover sikap percaya diri Anda dengan iman ya. Karena dengan demikian, sikap percaya diri Anda akan terbebas dari sikap sombong.

Lantas apa aja sih perbedaan antara orang sombong dengan orang percaya diri ?

  1. Orang sombong selalu menganggap dirinya adalah superior, terbaik diantara yang baik. Sementara orang percaya diri percaya bahwa dirinya bisa melakukan suatu hal dengan baik.
  2. Orang sombong selalu membutuhkan perbandingan untuk menganggap dirinya paling baik. Sementara orang percaya diri tidak butuh dibandingkan karena ia merasa nyaman dengan dirinya sendiri.
  3. Orang sombong cenderung berprilaku buruk terhadap orang lain. Sementara orang percaya diri akan memperlakukan semua orang dengan sama tanpa pandang bulu.
  4. Orang sombong cenderung melebih-lebihkan sesuatu. sementara orang percaya diri selalu bersikap apa adanya.
  5. Orang sombong paling anti mengakui kekalahan, kelemahan dan kesalahan. Sementara orang percaya diri tidak segan untuk mengakui semua hal tersebut.
  6. Sama-sama jago speak, orang sombong sebenarnya adalah orang yang close-minded. Sementara orang percaya diri selalu open-minded dan mau menerima kritik dan saran.
  7. Meskipun yakin pada dirinya, orang percaya diri sangat terbuka dengan diskusi untuk menghindari kesalahan. Sementara orang sombong akan bersikeras, bersikap tertutup dan rentan melakukan kesalahan.
  8. Saat mengungkapkan pendapat, orang sombong cenderung hanya menginginkan kekaguman dari orang lain. Sementara orang percaya diri benar-benar mengeluarkan isi pikirannya.
  9. Orang percaya diri hanya akan berpikir bahwa “aku bisa”. Sementara orang sombong akan berpikir bahwa “akulah yang terbaik”.
  10. Orang sombong cenderung ingin selalu mendominasi hal apapun termasuk diskusi. Sementara orang percaya diri juga merupakan seorang pendengar yang baik.
  11. Orang percaya diri akan menatap mata lawan bicara dengan penuh perhatian. Sementara orang sombong hanya cenderung memandang lawan bicaranya dengan sinis atau memandang ke arah lain.

Bagaimana ? Apakah beberapa perbedaan tersebut telah membuat Anda paham bahwa sombong dan percaya diri adalah 2 hal yang berbeda bukan ?

Terimakasih telah membaca hingga akhir, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya.. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *