Bukan Soal Harga Harga Diri, Namun Ini Pentingnya Meminta Maaf Terlebih Dahulu

Bukan Soal Harga Harga Diri, Namun Ini Pentingnya Meminta Maaf Terlebih Dahulu – ” Al Insya nu nahalul khoto wa nisyan.. ” Pernah kamu mendengar syair arab tersebut ?

Jika kamu pernah mendengarnya maka tentu saja Anda juga akan tahu apa arti dari syair tersebut ?

Benar sekali, syair arab tersebut berbicara perihal hakikat manusia yang tak pernah lepas dan tak pernah luput dari kesalahan. Karena sejatinya manusia adalah tempatnya salah dan lupa.

Tentu saja tak pernah ada manusia yang sempurna karena sejatinya setiap orang pernah melakukan kesalahan, baik kesalahan kecil, besar, dilakukan dengan sadar atau justru tanpa sadar dan tanpa disengaja.

Bukan Soal Harga Harga Diri, Namun Ini Pentingnya Meminta Maaf Terlebih Dahulu

Bukan Soal Harga Harga Diri, Namun Ini Pentingnya Meminta Maaf Terlebih Dahulu

Disisi lain, hidup di zaman modernisasi seperti sekarang ini meminta maaf termasuk memaafkan adalah hal yang sangat sulit untuk ditemukan. Well, hal ini tentu terkait dengan harga diri.

Karena banyak yang menganggap bahwa meminta maaf terlebih daluhu dapat menjatuhkan harga diri, membuat nilai diri lebih rendah dan bla, bla, bla..

Faktanya, kondisi ini juga dipicu karena ketidaktahuan mereka bahwa meminta maaf adalah hal yang sangat indah. Tahu apa penyebabnya ?

Pasalnya, dengan meminta maaf, maka 2 hati yang tengah bersitegang bisa bersatu kembali, mengembalikan lagi kerukunan yang telah renggang serta menyatukan kembali senyuman yang telah hilang.

Masih soal harga diri, meminta maaf menjadi sulit untuk dilakukan. Terlebih jika diantara ke 2 pihak merasa bahwa dirinya adalah benar. Selain itu, kerasnya hati menjadi bumbu yang sangat tajam untuk mendukung hal tersebut.

Dan egoisme menjadi toping pelengkap yang semakin dan semakin menyulitkan ungkapan permintaan maaf untuk terucap. Alhasil ? Pertengkaran akan semakin sengit dan jalan damai sulit untuk ditemukan.

Padahal, meminta maaf lebih dulu tak pernah salah lho. Bahkan ketika Anda sebenarnya tak melakukan kesalahan apapun. Karena tahukah Anda ?

Ternyata dibalik permintaan maaf ada hikmah luar biasa yang membuat kita menjadi dari lebih sekedar biasa terutama dihadapan Tuhan yang maha kuasa.

Nah, untuk Anda yang memiliki hati besar meminta maaf duluan meskipun Anda tidak salah. Maka itu menandakan bahwa Anda memiliki hal luar biasa berikut ini, yuk langsung disimak.. ๐Ÿ˜‰

  1. Minta maaf duluan ? Itu sih udah nunjukin bahwa kamu memiliki hati yang besar, teman.

Kayanya sih emang enteng banget kalo cuma bicara, namun kalo niat mau dijalanin rasanya tuh “break out” pengen berhenti terus pulang lagi ke rumah deh.

Tentu bukan tanpa alasan, namun kerasnya hati yang tak ingin di cap sebagai seseorang kalah atau lemah menjadi tameng yang sangat kuat untuk menghentikan lidah agar tak mengucapkan maaf.

Padahal, jika saja Anda tahu bahwa meminta maaf ternyata tidak akan membuat Anda kalah atau lemah.

Namun meminta maaf terlebih dahulu justru secara tidak langsung akan membuat Anda terlihat memiliki jiwa yang jauh lebih besar, dan secara bertahap semua orang akan menyadari dan mengakui kebesaran hati Anda.

  1. Minta maaf duluan ? Bukan tentang siapa yang benar atau salah, namun tentang siapa yang mau mengalah pada egonya.

Jelas dong bahwa salah satu alasan kenapa seseorang tidak ingin meminta maaf ialah karena ego nya yang sangat tinggi. Dan umumnya, egoisme mengacu pada arah yang tidak baik.

Oleh karena itu, siapa saja yang mau mengalahkan egonya dan mulai meminta maaf terlebih dahulu ketika ada permasalahan. Maka, bisa dipastikan bahwa ia adalah orang baik yang karena dapat menekan egonya.

Karena dalam rumus keimanan saja, ketika ego turun maka hal positif akan meningkat dan begitu pun sebaliknya, ketika ego memuncak maka hal positif akan menurun.

Dari itu, untuk menjadikan diri ini lebih baik, menekan ego dan memunculkan hal positif termasuk meminta maaf terlebih dahulu adalah hal yang sangat baik dan jauh lebih elegan, teman.

  1. Minta maaf duluan ? Bukan merendahkan diri, namun proses pendewasaan diri.

Pernahkah Anda mendengar ungkapan bahwa meminta maaf terlebih dahulu dapat merendahkan atau bahkan menjatuhkan harga diri ? Please deh guys, itu salah besar ya.

Karena hanya orang-orang berhati keras dan berhati kecillah yang mampu mengungkapkan bahwa meminta maaf dapat merendahkan harga diri.

Karena sejatinya, meminta maaf adalah salah satu cara untuk melatih Anda agar memiliki pribadi yang jauh lebih dewasa.

Ingat ya ! Dewasa itu bukan soal umur, namun soal pribadi yang jauh lebih baik dari hari kemarin.

  1. Minta maaf duluan ? Bukan hanya hati guys, namun perasan juga akan jauh lebih lega karena dapat melepaskan gengsi.

Meskipun gensi, namun ketika kita berjuang maju untuk segera meminta maaf. Maka ia (gengsi) akan kalah, hati akan jauh terasa lebih lapang dan perasaan akan menjadi lebih tenang.

Bukannya kelapangan hati dan perasaan yang tenang adalah hal yang selalu di inginkan oleh setiap orang bukan ?

  1. Minta maaf duluan ? Itu sangat menunjukkan bahwa Anda sangat menghargai sebuah hubungan dan pandai menjaganya.

Faktanya, tak hanya hubungan percintaan namung hubungan yang lain ermasuk hubungan persahabatan ataupun hubungan keluarga menjadi sangat rentan tercerai-berai.

Ketika hubungan menjadi tercerai-berai, maka luka akan ada bekas luka yang tersisa disetiap hati yang terlibat.

Tentu luka bukan sembarang luka, namun luka dihati termasuk pada sejenis luka mendalam yang tidak bisa sembuh dengan obat merah ataupun dengan plester.

Ini hati guys, bukan kaki. Jadi ketika ia terluka, maka ungkapan maaf akan menjadi solusi terbaik untuk mengobatinya, dan bukan pleser ataupun obat merah.

Terlepas dari itu, Anda yang mau meminta maaf duluan, besar kemungkinan akan mendapatkan pandangan yang jauh lebih baik dari orang lain.

Karena tahu bahwa Anda adalah seseorang yang pintar untuk menghargai dan menjaga sebuah hubungan.

Well, itu adalah hal luar biasa yang bisaย  Anda dapatkan ketika Anda berani memulai untuk minta maaf. Yuk dijalani jangan hanya disimak saja.. ๐Ÿ˜‰

Posted by : ASTV Official