Bolehkan Hamil Setelah Memasuki Usia diatas 35 Tahun ?

Bolehkan Hamil Setelah Memasuki Usia diatas 35 Tahun ? – Rintangan terbesar untuk wanita yang telah menginjak usia 35 tahun atau lebih tua, mungkin adalah kehamilan.

Jika pada umumnya tingkat kesuburan mulai menurun secara bertahap pada usia 30 tahun, lebih pada usia 35 tahun dan nyata pada usia 40 tahun.

Bolehkan Hamil Setelah Memasuki Usia diatas 35 Tahun ?

Bolehkan Hamil Setelah Memasuki Usia diatas 35 Tahun ?

Bahkan meskipun dengan melakukan perawatan kesuburan seperti fertilisasi in vitro, wanita memiliki lebih banyak kesulitan untuk hamil seiring dengan bertambahnya usia.

Meskipun demikian, beberapa wanita tetap ada yang mengalami kehamilan setelah usianya menginjak angka 35 tahun atau lebih. Terlepas itu, kelahiran anak pertama, kedua atau seterusnya.

Semua wanita hamil, termasuk mereka yang telah menginjak usia 35 tahun ke atas tentu mendambakan bayi yang tumbuh dengan sehat. Namun, hamil di usia yang lebih tua ternyata memiliki resiko yang cukup besar lho.

Lantas apa saja resiko memiliki kehamilan di usia tersebut ?

  1. Diabetes Gestasional

Ternyata salah satu resiko yang dimiliki oleh wanita hamil diatas usia 35 tahun ialah terkena penyakit diabetes gestasional yang terkait dengan pengaruh hormon kehamilan.

Oleh karena itu, di usia kehamilan Anda saat ini sebaiknya Anda harus mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh Anda melalui asupan makanan yang akan Anda konsumsi.

Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak lupa untuk berolahraga untuk mencegah resiko perkembangan penyakit yang semakin memburuk.

Karena yang sangat di sayangkan disini adalah penyakit diabetes gestasional tersebut bisa menyebabkan bayi tumbuh besar di dalam rahim dan mempersulit proses persalinan jika tak segera diobati.

  1. Hipertensi Gestasional

Selain penyakit diabetes, wanita hamil diatas usia 35 tahun juga memiliki resiko yang tinggi untuk terkena penyakit hipertensi gestasional. Sayangnya, hipertensi gestasional dapat menghambat suplay darah menuju plasenta.

Mengontrol tekanan darah secara rutin, mengonsumsi makanan sehat dan olahraga yang teratur adalah tiga kombinasi cara yang hebat untuk mencegah hipertensi gestasional semakin memburuk.

  1. Bayi Lahir Caesar

Kehamilan di usia yang lebih tua dari usia 35 tahun, sangat memungkinkan untuk mengalami berbagai jenis penyakit yang serius ketika hamil hingga menyebabkan bayi harus lahir dengan caesar.

Kondisi tersebut terjadi akibat adanya plasenta previa atau kondisi plasenta yang menghalangi leher rahim (serviks).

  1. Kromosom yang Tidak Normal

Bayi yang lahir dari wanita diatas usia 35 tahun, pada umumnya akan jauh lebih beresiko untuk terkena masalah kesehatan terkait dengan kelainan kromosom seperti Down syndrome.

Semakin tua usia ibu saat hamil, maka resiko penyakit down syndrome juga akan semakin meningkat.

  1. Keguguran atau Kematian Bayi saat Lahir

Kedua resiko yang cukup berbahaya ini sebenarnya masih terkait dengan gangguan kromosom pada bayi. Resiko ini akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia ibu saat hamil.

Salah satu cara untuk mencegah kondisi yang satu ini, ialah dengan rutin mengontrol atau memeriksakan kandungan Anda secara rutin, terutama pada minggu-minggu terakhir menjelang proses persalinan.

Lantas bagaimana cara untuk menurunkan resiko yang mungkin terjadi pada kehamilan di usia 35 tahun atau lebih ?

Meskipun memiliki berbagai jenis resiko yang dapat merugikan kesehatan ibu dan janin. Sebenarnya, Anda tetap bisa meminimalisir resiko tersebut untuk menjaga kesehatan janin dan termasuk diri Anda selama kehamilan.

Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kehamilan Anda saat ini ialah dengan cara :

  1. Buat jadwal pemeriksaan kehamilan secara rutin
  2. Berkonsultasi dengan dokter perihal perawatan apa saja yang harus dilakukan selama kehamilan
  3. Jaga asupan makanan dan minuman bernutrisi
  4. Biarkan tubuh tetap terhidrasi
  5. Kontrol kenaikan berat badan agar tidak berlebih
  6. Lakukan olahraga secara teratur, minimal berjalan di lingkungan rumah Anda
  7. Usahakan untuk meminimalisir stres dan depresi
  8. Hindari rokok dan asap rokok
  9. Tidak minum alkohol dan atau tidak mengonsumsi makanan yang mengandung alkohol.

Well, itulah sekilas informasi seputar memiliki kehamilan di usia 35 tahun atau lebih. Semoga informasi ini bisa membantu menjawab rasa penasaran Anda.

Terimakasih telah bergabung bersama kami disini, salam sehat dan sampai jumpa di artikel yang selanjutnya, teman. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *