Site Loader

Kena Radang Amandel? Simak 7 Cara Mengobatinya, Bisa Di Rumah Kok!

Kena Radang Amandel? Simak 7 Cara Mengobatinya – Pernahkah kamu terkena radang amandel atau tonsilitis? Umumnya, kamu akan terkena penyakit ini ketika masih kecil. Orang dewasa pun bisa terkena radang amandel, tapi kasusnya lebih sedikit dibandingkan anak-anak dan remaja yang terkena penyakit tersebut.Radang amandel sendiri merupakan peradangan yang terjadi di sekitar amandel akibat dari infeksi virus atau bakteri. Ketika kamu terkena penyakit yang satu ini, kamu akan mengalami sakit tenggorokan hingga kesulitan menelan. Dengan demikian, tak heran apabila berat badan kamu akan menurun selama penyakit ini belum sembuh karena berkurangnya asupan makanan yang masuk ke tubuh.

1. Berkumur Dengan Garam

Cara pertama yang disarankan oleh Mayo Clinic untuk menyembuhkan radang amandel ialah dengan berkumur air asin atau air garam. Cara membuatnya pun mudah, kamu hanya membutuhkan bahan yang sudah pasti ada di rumah, seperti 1 sendok teh garam hingga 8 ons (237 mililiter) air hangat.

Dengan berkumur air asin saja sudah dapat membantu kamu meredakan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh radang amandel. Jadi, kamu tinggal berkumur menggunakan cairan tersebut, kemudian membuangnya deh.

2. Minum Antibiotik

Jika radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri, kamu memerlukan bantuan dokter. Nantinya, dokter akan meresepkan antibiotik untuk kamu. Penisilin yang diminum selama 10 hari adalah pengobatan antibiotik yang paling umum yang diresepkan oleh dokter untuk radang amandel yang disebabkan oleh grup A streptococcus.

Jika kamu alergi terhadap penisilin, dokter akan meresepkan antibiotik alternatif. Hanya saja pengobatan dengan antibiotik memiliki efek samping, yaitu kamu bisa terkena peradangan ginjal.

3. Minum Air Putih

Cairan tubuh kamu harus selalu terjaga, baik saat sehat maupun dalam kondisi radang amandel sekalipun. Maka dari itu kamu wajib minum banyak air untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan mencegah dehidrasi. Meskipun kamu kesulitan dalam menelan, kamu harus memaksanya karena air putih bisa menyembuhkan radang amandel secara perlahan..

4. Makan Makanan Yang Menenangkan

Menyediakan makanan dan minuman yang menenangkan adalah hal wajib selama kamu dalam masa pengobatan radang amandel. Pasalnya, ini dibutuhkan demi membuat tenggorokan kamu lebih tenang. Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa menenangkan tenggorokan versi Web MD:

Makanan hangat seperti kaldu; Teh bebas kafein; Air hangat dengan madu; Es krim..

5. Perbanyak Istirahat

Tidak bisa dimungkiri bahwa istirahat total dibutuhkan ketika kamu sedang sakit, termasuk saat menderita radang amandel. Untuk itu, cobalah ambil cuti atau izin sakit supaya radang amandel yang sedang kamu derita tidak semakin parah.

Jika sudah mendapatkan izin, manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin dengan beristirahat. Tidur yang cukup benar-benar membantu kamu untuk sembuh dari radang amandel tanpa perlu buang-buang uang pergi ke dokter.

6. Jauhi Rokok

Merokok bisa membuat peradangan pada radang amandel yang kamu alami semakin parah. Bahkan, sekadar menghirup asap rokok saja itu bisa membuat tenggorokan kamu menjadi iritasi. Untuk itu, kamu benar-benar harus keluar dari lingkungan rokok terlebih dahulu.

Sebenarnya caranya mudah, kamu hanya perlu berdiam diri di rumah supaya tidak terpapar asap rokok. Selain itu, kamu juga harus menahan nafsu untuk tidak merokok. Sebagai penggantinya, kamu bisa mengisap permen yang mampu meredakan sakit tenggorokan seperti Strepsils.

7. Operasi

Cara terakhir untuk mengatasi radang amandel adalah dengan menjalani operasi. Hal ini hanya perlu kamu lakukan apabila radang amandel yang kamu alami sudah akut, seperti terjadi lebih dari 7 kali dalam setahun hingga menyebabkan kesulitan bernapas.

Tidak hanya itu, radang amandel yang akut juga kebal terhadap antibiotik sehingga pengobatan yang kamu lakukan akan selalu gagal. Oleh karena itu, operasi merupakan jalan terakhir untuk sembuh dari radang amandel.

Setelah operasi usai, biasanya butuh waktu 7-14 hari untuk pulih sepenuhnya. Dalam jangka waktu tersebut pun kamu tidak boleh makan yang sembarangan, cukup makan es krim saja.

Itulah beberapa cara yang efektif untuk mengobati radang amandel. Jaga terus kesehatan kamu, apalagi kamu tidak ingin kan kalau sampai kesulitan menelan makanan?

Posted By : ASTV Official

Post Author: Rapi Iskandar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *