Site Loader

Khasiat Kunyit untuk Sakit Maag – Pada dasarnya, maag adalah satu kondisi yang bisa terjadi ketika dinding mukosa lambung mulai dikikis oleh bakteri jahat yang bernama helicobacter pylori.

Adapun salah satu penyebab sakit maag yang paling umum ialah karena tidak menjaga pola makan dengan benar serta mengonsumsi berbagai jenis makanan yang tidak sehat.

Seperti makanan yang terlalu pedas, makanan yang terlalu asam, makanan yang terlalu panas, dan makanan yang terlalu berlemak.

Khasiat Kunyit untuk Sakit Maag

Khasiat Kunyit untuk Sakit Maag

Berbicara perihal sakit maag, tentu Anda akan sangat paham bagaimana rasa sakit yang bisa ditimbulkan oleh kondisi yang satu ini. Terlebih jika Anda membiarkannya begitu saja tanpa adanya upaya pengobatan.

Yang lebih mengejutkan disini adalah, beberapa redaksi media menyebutkan bahwa sakit maag akut adalah penyebab dari meninggalnya salah satu presenter Dr. OZ yang bernama Dr. Ryan Thamrin.

Jadi, meskipun sakit maag kerap disepelekan, karena merupakan suatu kondisi yang sangat umum.

Namun Anda tidak boleh ikut-ikutan untuk menyepelekan kondisi tersebut. Terlebih jika Anda ingin segera sembuh dari sakit maag yang Anda miliki saat ini.

Beruntungnya, kebaikan memang selalu ada untuk Anda di saat yang tepat. Karena fakta menunjukkan bahwa untuk bisa sembuh dari sakit maag Anda bisa membuat ramuan alami dari kunyit.

Lantas benarkah kunyit dapat mengobati sakit maag ?

Tentu Anda tidak ingin sembarangan dalam mengonsumsi suatu ramuan, terlebih jika Anda tidak mengetahui secara rinci apa dampak dan manfaat dari ramuan tersebut.

Oleh karena itu, jangan terburu-buru ya teman. Namun kita cari tahu dulu yuk apa aja sih kandungan yang ada pada kunyit sehingga rempah tersebut di sebut-sebut memiliki manfaat untuk sakit maag Anda.

Apa yang terkandung pada kunyit ?

Seperti yang telah kita ketahui selama ini, bahwa kunyit merupakan bumbu masak untuk menambah warna dan aroma pada setiap makanan yang Anda olah.

Namun disisi lain, rempah berwarna kuning ini ternyata juga sangat populer dengan manfaatnya untuk mengobati banyak penyakit.

Lalu ampuhkah kunyit untuk sakit maag ?

Dikutif dari hellosehat.com kunyit adalah rempah yang kaya akan senyawa antiradang dan antioksidan.

Kunyit juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk membantu melancarkan haid dan meredakan nyeri arthritis.

Rempah ini juga kerap diambil manfaatnya untuk membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan fungsi organ hati.

Disisi lain, kunyit juga mengandung bahan aktif yang bernama kurkumin atau sejenis antioksidan polifenol yang memiliki manfaat sebagai antibakteri, antivirus dan antikanker yang cukup kuat.

Menurut tribunnews.com, sakit maag merupakan akibat dari cairan asam lambung yang terlalu tinggi dan mengikis lapisan dinding mukosa lambung.

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mengakibatkan luka lambung atau yang dikenal dengan istilah tukak lambung.

Untungnya, kunyit memiliki manfaat untuk membantu mengobati luka luar dan luka dalam yang cocok untuk mengatasi luka pada lambung akibat sakit maag tersebut.

Selain itu, kandungan antibakteri kunyit juga bermanfaat untuk membunuh bakteri yang selalu mengikis lapisan mukosa dinding lambung Anda.

Jadi apakah pertanyaan Anda sudah terjawab ? Ya, pada dasarnya kunyit memiliki manfaat untuk mengobati sakit maag ya.

Adapun cara pengolahan kunyit untuk mengobati sakit maag ialah dengan :

  1. Siapkan 2 hingga 3 rimpang kunyit
  2. Bersihkan semua rimpang sampai benar-benar bersih atau kalau bisa menggunakan air yang mengalir untuk membuat kotoran tanpa sisa
  3. Kemudian kupas kunyit dan buang kulitnya
  4. Lantas parut atau blender kunyit hingga benar-benar halus
  5. Lalu peras air kunyit dan buang sari nya.
  6. Finally, minumlah air kunyit tersebut secara rutin pada pagi dan sore hari, untuk mendapatkan hasil penyembuhan yang lebih optimal.

Ingat ya, ini kan ramuan herbal alami, jadi Anda tidak bisa langsung sembuh seketika. Namun Anda bisa mendapatkan manfaat yang optimal ketika Anda mengonsumsi ramuan itu secara rutin.

Jadi untuk Anda yang tengah mengidap sakit maag, kami do’akan semoga cepat sembuh. Aamiiin..

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *