Segudang Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan – Siapa yang tak tahu kayu manis ? Aromanya yang khas kerap menjadi daya tarik tersendiri untuk menambah cita rasa pada berbagai jenis masakan.

Tak hanya sebagai bumbu masak atau sebagai penambah aroma pada makanan, tapi kayu manis ternyata juga dibekali dengan manfaat yang sangat beragam untuk kesehatan.

Segudang Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Beberapa diantara manfaatnya untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui ialah sebagai antiradang, antijamur dan antiseptik.

Lantas apa saja sih manfaat kayu manis untuk kesehatan ?

Pada awalnya, kayu manis diteliti manfaatnya untuk membantu melindungi kulit dari gigitan nyamuk lewat penggunaannya sebagai krim oles nyamuk.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak yang menguak manfaat tersembunyi dari tersimpan dibalik aroma terapinya kayu manis.

Adapun manfaat yang bisa Anda temukan dari kayu manis diantaranya ialah :

  1. Mengobati diabetes

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa adanya beberapa hubungan antara penurunan kadar gula darah tinggi dengan pengonsumsian kayu manis.

Salah satunya ialah kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah hingga 24% sekaligus menurunkan kadar kolesterol tinggi hingga 18%.

Sementara penelitian lain mengungkapkan bahwa kayu manis yang dikonsumsi 2 gr setiap hari selam 12 hari berturut-turut, kemungkinan besar dapat mengontrol kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita diabetes.

  1. Mengobati penyakit jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan rempah seperti kayu manis dan kunyit mampu mengurangi dampak negatif dari makanan berlemak, sehingga dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

  1. Mengobati penyakit Alzheimer

Kayu manis adalah salah satu rempah yang dilengkapi dengan kandungan antioksidan super tinggi seperti polifenol. Kandungan antioksidan tersebut bisa membantu melindungi tubuh dari dampak buruk radikal bebas.

Disisi lain, kandungan antioksidan pada kayu manis juga dipercaya sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit Alzheimer, dengan menghambat penumpukan protein otak yang menjadi penyebab utama Alzheimer.

  1. Mengobati infeksi bakteri dan jamur

Senyawa aktif Cinnamaldehyde yang ditemukan pada kayu manis diyakini menjadi solusi alami terbaik untuk membantu mengatasi infeksi jamur dan bakteri.

Bahkan kayu manis sudah sangat terbukti efektif dalam membantu mengobati infeksi saluran pernapasan yang diakibatkan oleh paparan jamur.

Bahkan kandungan antimikroba pada kayu manis juga bisa membantu mengurangi bau mulut hingga membantu mencegah terjadinya kerusakan gigi.

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Texas menunjukan bahwa manfaat kayu manis dapat membantu mengurangi proliferasi sel kanker.

Bahkan tak hanya itu saja, namun kayu manis juga disebut-sebut sebagai rempah yang bisa membantu mengoptimalkan upaya pengobatan kanker.

  1. Meringankan nyeri rematik

Dalam hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Departement of Internal Medicine menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi senyawa sitokin yang dapat memicu nyeri rematik.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *