Site Loader

7 Menu Makan Sehat untuk Ibu Hamil di Trimester Kedua – Pada dasarnya, diet seimbang dan bergizi selama kehamilan sangat penting untuk membantu menunjang kesehatan ibu dan janin.

Pola makan yang sehat akan memastikan bahwa janin benar-benar mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan juga berkembang dengan benar.

Selain itu, menjaga pola makan dengan baik juga dapat membantu mencegah berbagai jenis komplikasi kehamilan termasuk kelahiran prematur, tekanan darah tinggi dan preeklamsia.

7 Menu Makan Sehat untuk Ibu Hamil di Trimester Kedua

7 Menu Makan Sehat untuk Ibu Hamil di Trisemester Kedua

Selama kehamilan, wanita harus memastikan bahwa mereka mendapatkan mineral, vitamin, protein, lemak dan karbohidrat dalam yang jumlah cukup guna mendorong pertumbuhan yang sehat.

Namun sebenarnya, pada trimester kedua ini, tubuh lebih sedikit membutuhkan kalori dibanding dengan priode kehamilan pada trimester pertama dan pada trimester ketiga.

Lantas apa yang harus Anda konsumsi pada trimester kedua ini ?

Tentu makanan sehat dan seimbang menjadi jawabannya. Oleh karena itu, beberapa menu makanan berikut ini akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan Anda di trimester kedua ini.

  1. Zat Besi

Nutrisi tertentu menjadi suatu hal yang lebih penting di masa kehamilan, termasuk zat besi salah satunya. Pasalnya, zat besi dapat membantu mendistribusikan oksigen keseluruh tubuh.

Selain itu, selama kehamilan zat besi juga memasok oksigen untuk didistribusikan kepada bayi yang tengah tumbuh dan berkembang.

Adapun beberapa contoh makanan kaya akan zat besi diantaranya ialah daging tanpa lemak, seafood yang dimasak, kacang-kacangan, Sayuran berdaun hijau dan biji-bijian utuh.

Sementara itu, untuk meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh, maka Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk pada saat yang bersamaan.

  1. Protein

Saat hamil, seseorang harus berusaha mengonsumsi 75 hingga 100 gram protein dalam setiap harinya untuk membantu membentuk jaringan otak bayi dan sel tubuh lainnya.

Selain itu, makanan kaya akan protein juga dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan rahim dan payudara ibu hamil.

Adapun beberapa sumber makanan sehat tinggi protein diantaranya ialah termasuk daging tanpa lemak, tahu, tempe, telur, ikan, kacang lentil dan kacang polong.

  1. Kalsium

Tunjangan diet yang disarankan untuk kalsium selama kehamilan di trimester kedua ialah sebanyak 1.000 mg perhari.

Siapapun yang berusia kurang dari 18 tahun dan tengah hamil, membutuhkan kalsium sebanyak 1.300 mg perhari.

Kalsium adalah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu membentuk tulang dan calon gigi janin. Selain itu, kalsium juga memainkan peranan besar dalam kelancaran otot, saraf dan peredaran darah.

Adapun beberapa jenis makanan dengan kandungan kalsium tinggi diantaranya ialah termasuk susu, yogurt, keju pasteurisasi, telur, kacang putih, tahu, kacang almond, ikan sarden dan ikan salmon dengan tulang.

  1. Folat

Makanan kaya akan folat seperti brokoli, kacang-kacangan lentil, jeruk, biji-bijian dan sayuran berdaun gelap memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil pada trimester kedua.

Folat atau asam folat adalah vitamin B yang memiliki manfaat untuk membantu mencegah tabung saraf, termasuk spina bifida, serta membantu mengurangi resiko persalinan prematur.

Hasil analisis 18 studi juga menunjukkan bahwa asam folat secara signifikat dapat membantu menurunkan resiko cacat jantung bawaan.

Oleh karena itu, selama dan sebelum kehamilan, seorang wanita seharusnya mengonsumsi 400 hingga 800 mcg asam folat dalam setiap harinya.

  1. Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan oleh seorang ibu hamil untuk membantu membangung tulang dan gigi bayi yang tengah berkembang. Adapun asupan vitamin D yang dianjurkan selama trimester kedua ialah 15 mcg perhari.

Selain mengonsumsi makanan atau mengonsumsi suplemen vitamin D, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi.

Sementara itu, beberapa makanan yang diperkaya dengan vitamin D diantaranya ialah termasuk keju, kuning telur, jamur yang terpapar sinar Uv, hati sapi, minyak ikan dan ikan berlemak.

  1. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 sebenarnya memiliki manfaat untuk mendukung jantung, mata, otak, sistem imun dan sistem saraf pusat yang sehat.

Selain itu, asam lemak omega 3 juga menawarkan manfaat lain untuk ibu dan janin seperti mencegah persalinan prematur, menurunkan resiko preeklamsia, dan mengurangi kemungkinan depresi pascapersalinan.

Selama kehamilan di trimester kedua, Anda membutuhkan asupan asam lemak omega 3 sebanyak 1.4 g perharinya.

Adapun beberapa jenis makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 diantaranya ialah termasuk ikan berminyak, biji rami, biji chia dan minyak ikan.

  1. Cairan

Faktanya, seorang ibu hamil membutuhkan lebih banyak cairan dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil, dengan tujuan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Selain itu, air juga akan membantu membentuk plasenta dan kantung ketuban yang sehat dan kuat.

Untuk mencegah berbagai jenis komplikasi akibat dehidrasi, maka sebaiknya Anda mengonsumsi 8 hingga 12 gelas air mineral perhari.

Well, itulah beberapa jenis menu makanan yang wajib atau seharusnya memang ada sih dalam menu makanan harian Anda pada trimester kedua ini.

Terimakasih banyak telah membaca artikel hingga tuntas, semoga bermanfaat dan titip salam manis untuk dede bayi nya ya.. 😉

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *