Mual Selama Kehamilan (Morning Sickness)

Mual Selama Kehamilan (Morning Sickness) – Mual selama kehamilan atau yang familiar disebut dengan istilah morning sickness merupakan suatu kondisi yang sangat umum bagi seorang wanita hamil selama beberapa bulan pertama kehamilannya.

Sulit untuk memprediksikan apakah kondisi tersebut akan terjadi atau tidak. Karena fakta menunjukkan bahwa beberapa wanita tidak mengalami mual selama kehamilan pertama mereka, namun merasa mual pada kehamilan berikutnya.

Mual Selama Kehamilan (Morning Sickness)

Mual Selama Kehamilan (Morning Sickness)

Di kutip dari British Medical Journal yang diterbitkan pada tahun 2004, mengungkapkan bahwa mual dan muntah adalah gejala yang mempengaruhi 70 hingga 85% wanita hamil pada trimester pertama.

Tingkat keparahan mual sendiri bisa sangat bervariasi dari kehamilan yang satu dengan kehamilan lainnya. Ada yang hanya merasa sedikit mual pada jam-jam pagi dan mungkin hanya muntah di pagi hari.

Sementara kasus lainnya, mungkin akan menyebabkan seorang ibu hamil merasa buruk sepanjang hari, dan muntah kapan saja tanpa kenal waktu.

Nah istilah “morning sickness” sendiri mungkin tampak tidak begitu berarti untuk seorang ibu hamil yang muntah di malam hari.

Dalam kebanyakan kasus, gejala mual biasanya akan hilang dengan sendirinya pada akhir bulan ketiga atau pada awal trimester kedua. Meski pada beberapa kasus yang langka dapat berlanjut hingga akhir bulan kelima.

Lantas kenapa sih wanita hamil harus mengalami mual ?

Well, itu pertanyaan yang sering sekali di perbincangkan oleh para ibu hamil. Faktanya, dokter dan ilmuwan tidak sepenuhnya menyakini apa yang menjadi penyebab mendasar gejala mual pada ibu hamil.

Namun ketika perubahan hormon terjadi pada seorang ibu hamil secara signifikan, maka sangat masuk akal untuk menganggap bahwa hal tersebut merupakan penyebab utamanya.

Dan mungkin ini bukanlah suatu kebetulan, ketika hormon hCG dan hormon estrogen di dalam tubuh meningkat pada trimester pertama dan mengalami penurunan pada waktu yang sama saat gejala mual mulai menghilang.

Dan Tahukah Anda ?

Laporan Anekdotal oleh pakar medis menunjukkan bahwa wanita yang mengandung anak kembar cenderung mengalami morning sicknes hingga berbulan-bulan jika dibandingkan dengan ibu yang mengandung bayi tunggal.

Haruskah Anda khawatir perihal gejala mual selama kehamilan ?

Jika Anda muntah hingga sedemikian rupa hingga Anda kehilangan banyak cairan dan nutrisi penting selama kehamilan bahkan menyebabkan Anda dehidasi. Maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.

Atau mungkin jika Anda menderita hiperemesis gravidarum (muntah yang menyebabkan gangguan elektrolit), maka umumnya kondisi tersebut mengharuskan Anda untuk rawat inap dan mendapat infusan.

Bagaimana cara mengetahui tubuh Anda mengalami dehidrasi ?

Cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan ialah dengan meminta dokter untuk melakukan tes urin (tes keton). Ketika urin berubah menjadi kuning gelap maka itu adalah peringatan bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi.

Sedangkan cara lainnya bisa dilihat dari gejala yang terjadi pada tubuh Anda, seperti :

  1. Mulut kering dan lengket
  2. Lebih mudah mengantuk
  3. Merasa haus terus menerus
  4. Keinginan buang air kecil menurun
  5. Sakit kepala
  6. Sembelit
  7. Pusing
  8. Merasa ingin pingsan
  9. Jantung yang berdetak kencang.

Lalu, adakah kita untuk mengurangi keparahan dan frekuensi mual ?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi keparahan dan frekuensi mual di pagi hari :

  1. Jangan bangun secara tergesa-gesa, luangkan sedikit waktu Anda untuk berbaring di tempat tidur setelah mata terbuka
  2. Makan sesuatu saat terbangun seperti biskuit atau sereal kering
  3. Makan sesuatu dalam porsi yang kecil sebelum tidur di malam hari
  4. Tetap makan secara teratur dalam porsi yang sedikit namun berkala dalam setiap harinya
  5. Pastikan tubuh Anda selalu terhidrasi
  6. Jauhi makanan pedas dan berlemak
  7. Hindari kafein
  8. Jika Anda sensitif terhadap bau, maka hindarilah makanan dingin yang umumnya sedikit berbau
  9. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang berkualitas
  10. Minum teh jahe
  11. Lakukan olahraga ringan setiap hari seperti berjalan-jalan
  12. Udara segara di pagi hari akan sangat membantu Anda
  13. Cobalah untuk tidak langsung berbaring setelah makan
  14. Mengonsumsi camilan tinggi protein.

Nah itulah sedikit informasi perihal mual selama kehamilan atau morning sickness yang kerap mengganggu kenyamanan Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Terimakasih telah bergabung bersama kami dan selamat jumpa kembali di artikel kami yang selanjutnya, oh iya jangan lupa di share ya kak.. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *