5 Jenis Olahraga yang Sangat Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

5 Jenis Olahraga yang Sangat Dianjurkan untuk Penderita Diabetes – Pada dasarnya, menerapkan jadwal olahraga secara rutin merupakan hal yang sangat penting, terlebih untuk seorang penderita diabetes. Karena apa ?

Karena salah satu manfaat olahraga yang sangat penting untuk penderita diabetes ialah untuk membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5 Jenis Olahraga yang Sangat Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

5 Jenis Olahraga yang Sangat Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Lantas tahukah Anda, olahraga apa saja yang dianjurkan untuk seorang penderita diabetesi ?

Menurut Everyday Health, Sheri Colberg-Ochs, Ph.D., pendiri Diabetes Motion Academy in Santa Barbara, California, sekaligus profesor di Old Dominion University.

Beliau sangat merekomendasikan agar setiap orang yang berusia diatas 40 tahun dengan kasus diabetes, mengikuti latihan keseimbangan sebagai rutinitas mingguan, minimal 2-3 kali per minggu.

Nah, untuk mengawali latihan, maka sebaiknya Anda mulai olahraga dalam 10 menit per sesi. Untuk kemudian secara bertahap ditingkatkan hingga 30 menit per sesi.

Hal ini tentu saja akan sangat membantu tubuh untuk lebih cepat menyesuaikan diri dengan olahraga yang dilakukan.

Adapun beberapa jenis olahraga yang dianjurkan untuk penderita diabetes diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Jalan cepat

Jalan cepat merupakan salah satu olahraga yang paling mudah untuk dilakukan oleh seorang penderita diabetesi.

Selain itu, olahraga yang satu ini bisa disesuaikan kecepatannya untuk meningkatkan denyut jantung, agar aliran darah menjadi lebih lancar.

  1. Bersepeda

Setelah jalan cepat, bersepeda juga termasuk bentuk olahraga yang akan menguatkan dan meningkatkan fungsi jantung dan peru-paru di dalam tubuh.

Disamping itu, latihan ini juga akan meningkatkan aliran darah ke area kaki dan membakar kalori lebih banyak untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Pasalnya, berat badan berlebih merupakan salah satu faktor resiko dari penyakit diabetes.

  1. Yoga

Olehraga yang menggabungkan antara keseimbangan, kelenturan dan kekuatan tubuh ini ternyata sangat baik dilakukan oleh penderita diabetes.

Untuk membantu memperbaiki fungsi saraf, mengurangi stres, melawan resistensi insulin, meningkatkan massa otot dan memperbaiki kadar gula darah di dalam tubuh.

  1. Berenang

Olahraga yang satu ini sangat cocok untuk penderita diabetes karena tidak memberikan beban pada sendi. Selain itu, berenang juga dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan pembakaran kalori serta menurunkan stres.

  1. Angkat beban

Selain meningkatkan massa otot, ternyata angkat beban juga sangat bermanfaat untuk membantu mengendalikan kadar gula darah seorang diabetesi.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *