6 Pilihan Olahraga yang Aman untuk Kehamilan

6 Pilihan Olahraga yang Aman untuk Kehamilan – Olahraga ringan selama kehamilan pada dasarnya dapat memberi bayi baru lahir awal kehidupan yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan tidak berolahraga saat hamil.

Sementara olahraga teratur selama kehamilan dapat membantu meningkatkan kesehatan ibu dan juga janin, mencegah kenaikan berat badan berlebih, mengurangi sakit punggung dan mempermudah proses persalinan.

6 Pilihan Olahraga yang Aman untuk Kehamilan

6 Pilihan Olahraga yang Aman untuk Kehamilan

Selain itu, olahraga selama kehamilan juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan stamina, mengurangi kelelahan dan sembelit, meningkatkan mood dan energi serta meningkatkan kekuatan otot dan kualitas tidur.

Namun yang perlu di ingat adalah, berbagai jenis manfaat tersebut hanya bisa di dapat ketika Anda memiliki program latihan dengan tepat.

Sementara pemilihan jenis olahraga yang tidak tepat, justru dapat memicu timbulnya berbagai jenis bahaya baik itu untuk ibu dan janin.

Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan informasi seputar olahraga yang aman untuk dilakukan selama kehamilan dan memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan ibu dan janin.

Adapun beberapa jenis olahraga tersebut ialah termasuk :

  1. Jalan Cepat

Tak perlu berlari, karena jalan cepat adalah pilihan yang paling aman dan cukup menyehatkan untuk Anda dimasa kehamilan seperti sekarang ini.

Berjalan-jalan cepat di sekitar lingkungan adalah cara terbaik untuk memulai dan mendapatkan latihan untuk kardiovaskular tanpa terlalu banyak menimbulkan dampak pada lutut dan pergelangan kaki.

Nah, seiring dengan perkembangan usia kehamilan, maka pusat gravitasi tubuh Anda akan berubah dan mungkin Anda akan sedikit kehilangan keseimbangan dan koordinsi.

Oleh karena itu, pilihlha permukaan jalan yang rata, hindari lubang, bebatuan dan beberapa hambatan lainnya. Serta jangan lupa untuk mengenakan alas kaki yang mendukung.

  1. Berenang

Berenang dan berolahraga di air akan memberikan rentan gerakan yang lebih baik dan lebih bervariatif tanpa harus memberikan beban berlebih terhadap persendian.

Daya apung yang ditawarkan oleh air, kemungkinan besar juga akan memberikan Anda kenyamanan dan kelegaan dari bobot berat badan Anda yang mulai sedikit demi sedikit bertambah.

Namun jangan lupa untuk memilih gaya berenang yang sesuai dengan periode kehamilan Anda saat ini untuk mendapatkan manfaat yang lebih.

Dan jangan lupa untuk tetap berhati-hati, saat Anda naik ke pinggir kolam yang pada umumnya memiliki lantai yang licin dan beresiko menyebabkan Anda terpeleset.

  1. Bersepeda Statis

Bersepeda dengan sepeda stasioner atau juga disebut dengan spinning, biasanya aman untuk Anda berolahraga selama kehamilan.

Olahraga yang satu ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan kinerja jantung tanpa perlu menekan persendian.

Pasalnya, sepeda akan membantu Anda untuk menopang berat badan dan karena ini jenis stasioner makan resiko jatuh akan jauh lebih rendah.

Dan baiknya dalam kondisi hamil, memilih stang yang lebih tinggi mungkin akan membuat Anda semakin nyaman.

  1. Yoga

Mengikuti kelas yoga prenatal akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan sendi tetap lentur dan membantu untuk menjaga fleksibelitasnya.

Yoga juga akan membantu memperkuat otot, merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan relaksasi. Tentu saja hal ini juga akan berkontribusi pada tekanan darah sehat selama kehamilan.

Meskipun meningkatkan kemampuan fleksibilitas dan mobilitas persendian serta meningkatkan produksi hormon relaxin, sebaiknya Anda tidak melakukan gerakan yoga berlebih yang memicu timbulnya cidera.

  1. Aerobik Berdampak Rendah

Latihan aerobik akan membantu memperkuat kinerja jantung dan paru-paru serta membantu menjaga otot tonus untuk tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Aerobik berdampak rendah untuk seorang wanita hamil itu tidak termasuk tendangan tinggi, lompatan, dan berlari cepat.

Dibanding dengan aerobik berdampak tinggi, aerobik berdampak rendah memiliki manfaat yang lebih banyak seperti :

  • Membatasi stres pada sendi
  • Membantu menjaga keseimbangan
  • Mengurangi resiko melemahnya otot-otot panggul.

Faktanya, memang dilapangan terbukti ada beberapa kelas aerobik yang memang dirancang secara khusus untuk wanita hamil. Jadi sebaiknya Anda tidak salah dalam memilih kelas ya.. 😉

  1. Jongkok – Berdiri

Alih-alih untuk membantu tubuh dalam mempersiapkan proses persalinan yang lancar dan sehat, American Pregnancy Association merekomendasikan agar ibu hamil melakukan latihan khusus untuk kehamilan.

Nah, salah satu olaraga yang paling di rekomendasikan menjelang proses persalinan yaitu gerakan jongkok – berdiri yang akan membantu membuka panggul Anda.

Caranya juga cukup mudah lho, karena Anda cukup berdiri dan membuka kaki selebar baru dan buat punggung berdiri secara tegak lurus.

Kemudian Anda turun naikkan badan Anda secara perlahan-lahan dan jaga agar kaki tetap dalam posisinya. Lalu jangan biarkan lutut terbuka lebih lebar dibandingkan dengan posisi kaki Anda.

Pertahankan posisi turun sekitar 10 hingga 30 detik begitu pun ketika Anda naik. Lakukan hal ini secara perlahan, rileks dan tidak tergesa-gesa.

Nah, itulah 6 jenis olahraga yang cukup aman untuk Anda ketika hamil. Semoga informasi ini membantu ya..

Terimakasih telah bergabung bersama kami dan salah sehat untuk Anda dan buah hati.. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *