8 Pantangan Makanan yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

8 Pantangan Makanan yang Berbahaya untuk Ibu Hamil – Pada dasarnya, jiwa seorang Ibu termasuk ibu hamil selalu menginginkan sesuatu yang terbaik untuk buah hatinya. Salah satunya ialah dengan memberikan nutrisi yang terbaik untuk buah hatinya.

Pasalnya, asupan nutrisi yang baik akan membantu meningkatkan kecerdasan si kecil sejak masih dalam kandungan. Selain itu, ternyata ada beberapa jenis makanan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kenapa demikian ? Karena beberapa jenis makanan tertentu tersebut ternyata sangat berbahaya jika dikonsumsi pada masa kehamilan, terutama untuk janin yang ada di dalam kandungan.

Tahukah Anda ? Apa saja makanan tersebut ? Yuk cari tahu informasi selengkapnya disini yuk.

Pantangan Makanan yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

8 Pantangan Makanan yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

Adapun beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil diantaranya ialah termasuk :

  1. Jus Buah Mentah atau yang Tidak Dipasteurisasi

Meskipun buah adalah makanan yang sehat, namun jus buah mentah sebainya memang tidak dikonsumsi oleh seorang ibu hamil, termasuk jus buah kemasan yang tidak dipasteurisasi dan jus buah yang dijajakan dipinggir jalan.

Hal ini dikarenakan jus buah mentah atau jus kemasan dan jus yang dijajakan di pinggir jalan besar kemungkinan mengandung bakteri samlnonella dan e.colli yang berbahaya.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, maka sebaiknya ibu hamil membuat jus sendiri dirumah, untuk memastikan kebersihan, kesegaran dan keamanan proses jus yang dibuat tersebut.

  1. Ikan yang Mengandung Merkuri Tinggi

Meskipun pada dasarnya ikan adalah makanan sehat, namun ketika daging ikan tersebut telah terkontaminasi oleh bahan-bahan merkuri dalam jumlah tinggi, maka sebaiknya memang tidak dikonsumsi.

Karena sebenarnya, hampir semua ikan dan hewan perairan mengandung merkuri. Hal ini diakibatkan oleh senyawa kimia dan limbah-limbah industri yang banyak mencemari lingkungan perairan.

Namun, itu bukan menunjukkan bahwa Anda boleh mengonsumsi ikan. Yang dilarang disini terutama untuk ibu hamil adalah ikan yang mengandung merkuri dalam jumlah yang cukup tinggi.

  1. Sushi

Untuk Anda yang menggemari makanan khas Jepang yang satu ini, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan Anda untuk sementara waktu selama masa kehamilan berlangsung.

Pasalnya, sushi ataupun sashimi adalah seafood yang disajikan salam keadaan mentah atau dimasak setengah matang.

Sementara itu, masakan mentah dan setengah matang dikhawatirkan masih mengandung cacing parasit di dalam dagingnya.

  1. Hati Hewan

Ternyata, makanan jeroan seperti hati sapi ataupun hati ayam termasuk makanan yang sangat dilarang pengonsumsiannya untuk ibu hamil.

Hal ini terkait dengan kandungan vitamin A yang cukup tinggi . Well, meskipun pada dasarnya vitamin A memang dibutuhkan untuk membantu menunjang kesehatan tubuh selama masa kehamilan.

Namun sangat disayangkan, karena terlalu banyak atau terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara berlebih, maka konsekuensinya bisa sampai membahayakan janin.

  1. Kafein

Siapapun Anda, jika Anda adalah pecinta kopi, maka sebaiknya Anda menghentikan kecintaan Anda terhadap kopi ketika Anda tengah menginjak fase kehamilan.

Terlebih jika Anda mengonsumsi kopi berlebihan, maka akibat buruknya adalah kafein pada kopi tersebut bisa menembus dinding pertahanan janin atau plasenta.

Pada akhirnya dapat mengakibatkan gangguan pda detak jantung janin.

  1. Fastfood

Fastfood atau makanan cepat saji seperti spaghetti, kentang goreng, fried chicken, burger, pizza, dan mie instan sebaiknya memang dilarang pengonsumsiannya untuk ibu hamil.

Pasalnya, berbagai jenis makanan cepat saji pada umumnya mangandung lemak trans yang dapat meningkatkan resiko obesitas, makrosomia (ukuran janin yang besar), penyakit jantung serta resiko persalinan prematur.

  1. Alkohol

Seorang ibu hamil yang mengonsumsi alkohol memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk mengalami keguguran atau bayi lahir dalam keadaan mati.

Tak hanya dalam jumlah yang besar, mengonsumsi alkohol pada masa kehamilan meskipun dalam jumlah yang sedikit, bisa mengakibatkan terhambatnya perkembangan otak janin di dalam kandungan.

Selain itu, berbagai jenis makanan yang mengandung alkohol seperti nanas, durian serta nangka dapat mengakibatkan fetal alcohol syndrome atau kelainan bentuk wajah, jantung dan keterbelakangan mental anak.

  1. Soda

Faktanya, berbagai jenis minuman bersoda yang paling sering kita temui di mini market, warung atau super market. Secara umum memiliki kandungan yang dapat mengakibatkan terhambatnya penyerapan kalsium oleh darah.

Tentu saja kondisi ini bukanlah kondisi yang baik, karena dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang mengandung soda selama masa kehamilan.

Maka Anda akan sangat beresiko tinggi untuk mengalami pengapuran tulang pada masa kehamilan atau pasca melahirkan.

Nah, itulah 8 jenis makanan yang sangat pantang dikonsumsi oleh Anda dalam masa kehamilan. Terimakasih dan jangan lupa di share.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *