Site Loader

Penderita Diabetes Makan Manis ? Boleh Ko, Asalkan Ikut 5 Aturan Ini  – Sampai saat ini, makanan manis masih dianggap sebagai musuh utama bagi para penderita diabetes.

Sehingga setelah seseorang di diagnosa mengidap penyakit diabetes, maka mereka akan berusaha untuk berhenti mengonsumsi makanan manis.

Padahal memiliki diabetes bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan manis untuk selam-lamanya. Anda tetap boleh mengonsumsi makanan manis, asalkan Anda tahu dan mau mengikuti aturan sehatnya.

Penderita Diabetes Makan Manis ? Boleh Ko, Asalkan..

Penderita Diabetes Makan Manis ? Boleh Ko, Asalkan..

Memang, apa saja sih aturan sehat mengonsumsi makanan manis untuk penderita diabetes ?

Faktanya, banyak orang yang mengira bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan diabetes. Padahal kenyataannya tidak seperti itu loh.

Salah satu contohnya ialah diabetes tipe 1 yang umumnya muncul pada masa kanak-kanak atau akibat faktor bawaan atau akibat faktor genetik, yang tidak ada sangkut-pautnya dengan gula.

Sementara diabetes tipe 2, umumnya muncul dan menyerang orang dewasa yang memiliki tubuh gemuk adalah salah satu faktor pemicunya.

Dalam hal ini gula memang secara tidak langsung dapat menyebabkan diabetes. Namun kelebihan mengonsumsi gula sebenarnya lebih kepada membuat Anda obesitas dan rentan terkena diabetes.

Jadi memang tidak ada salahnya jika salah satu cara untuk menghindari penyakit diabetes ialah dengan membatasi asupan gula.

Nah, jika Anda terlanjur memiliki penyakit diabetes, maka makanan manis bisa membuat kadar gula darah Anda melonjak secara drastis.

Jika tidak di kontrol dengan segera, maka jumlah gula darah bisa tidak terkontrol dan menimbulkan masalah kesehatan lebih lanjut di kemudian hari.

Namun jika Anda membuat perencanaan yang sehat, sebenarnya Anda masih bisa loh mengonsumsi makanan manis tanpa harus takut gula darah akan melonjak tinggi.

Lantas apa saja sih aturan makan manis untuk penderita diabetes ?

  1. Batasi

Anda memang boleh makan manis, tapi bukan berarti Anda bisa makan cake setiap hari ya. Tapi, Anda justru harus memiliki aturan untuk mengonsumsi makanan manis sesekali saja.

  1. Seimbangkan dengan makanan lain

Percuma jika Anda menghindari gula namun piring Anda penuh dengan makanan junk food. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan manis, maka hiasilah piring Anda dengan sayur, kacang dan ikan.

  1. Ganti dengan camilan tinggi serat

Jika Anda benar-benar hobi mengonsumsi makanan manis, coba puaskan keinginan Anda tersebut dengan mengonsumsi buah-buahan manis yang tinggi serat seperti apel, pisang dan alpukat.

  1. Kurang asupan karbohidrat pada menu berikutnya

Jika kali ini Anda makan manis, maka pastikan di waktu makan berikutnya Anda hanya mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang rendah.

  1. Selalu periksa label makanan

Saat memiliki kue atau cookies di supermarket, pastikan Anda selalu membaca label nutrisi untuk mengetahui jumlah gula dan karbohidrat yang ada di dalamnya.

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *