Pengertian dan Gejala Penyakit Diabetes

Pengertian dan Gejala Penyakit Diabetes – Diabetes adalah gangguan metabolisme tubuh yang terjadi ketika kadar glukosa di dalam pembuluh darah Anda terlalu tinggi (hiperglikemia).

Glukosa sendiri sebenarnya adalah apa yang digunakan oleh tubuh sebagai energi. Nah, untuk biasa menjadi energi, maka glukosa membutuhkan insulin atau sejenis hormon yang dihasilkan oleh sel beta pankreas.

Pengertian dan Gejala Penyakit Diabetes

Pengertian dan Gejala Penyakit Diabetes

Nah, ketika tubuh tidak bisa menghasilkan glukosa dengan cukup atau tidak bisa menghasilkan sama sekali atau justru tubuh menjadi resisten terhadap insulin, maka glukosa tidak bisa berubah menjadi energi.

Kondisi inilah yang pada akhirnya akan membentuk masalah kesehatan yang kita kenal dengan sebutan diabetes.

Menurut perkiraan terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lebih dari 100 juta orang dewasa Amerika hidup dengan pre-diabetes dan atau diabetes tipe 2.

Tetapi jumlah orang yang tahu bahwa diri mereka memiliki penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi mengancam jiwa, seperti kebutaan dan penyakit jantung tersebut sangatlah rendah.

Bahkan ditarik kesimpulan dari data CDC, 1 dari 4 orang dewasa yang hidup dengan penyakit diabetes tidak menyadarinya.

Pasalnya beberapa gejala diabetes tipe 2 mungkin tidak pernah muncul. Namun Anda tetap dapat mewaspadai tanda-tanda umum dari penyakit tersebut, seperti :

  1. Sering buang air kecil

Ketika ada kelebihan glukosa dalam darah, maka ginjal akan bereaksi dengan mengeluarkannya melalui urin. Sehingga tentu sangat jelas bahwa kondisi ini akan menyebabkan pada produksi urin di dalam tubuh.

Sayangnya, gejala yang satu ini akan menyebabkan seorang penderita diabetes beresiko tinggi terkena penyakit infeksi saluran kemih (ISK) hingga 2x lipat.

  1. Mulut kering dan peningkatan keinginan untuk minum

Glukosa darah tinggi membentuk semacam efek domino dalam tubuh Anda. Ketika glukosa darah tinggi maka produksi urin akan meningkat dan pada akhirnya Anda akan lebih sering buang air kecil.

Nah, sering buang air kecil ini akan menyebabkan Anda kehilangan banyak cairan dan menjadi dehidrasi. Akibatnya, Anda mengembangkan mulut kering dan merasa lebih haus.

  1. Penurunan berat badan yang tak terduga

Ketika Anda menderita diabetes tipe 2, sel-sel Anda tidak mendapatkan cukup glukosa, yang dapat menyebabkan Anda kehilangan berat badan.

  1. Merasa lapar setiap saat

Pada dasarnya, orang dengan diabetes tipe 2 memiliki resistensi insulin, yang berarti tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel.

Alhasil ? insulin tidak dapat bekerja dengan baik, dan tubuh secara responsif akan menanggapinya dengan mengeluarkan lebih banyak insulin.

Setelah melakukan tugas tersebut, pada akhirnya, ia akan mengirim sinyal pada otak bahwa tubuh Anda merasa sangat lapar.

  1. Lebih sering terkena infeksi

Tahukah Anda ? Ternyata ragi dan bakteri akan berkembang biak lebih cepat ketika kadar gula darah meningkat.

Bahkan seorang wanita dengan kasus diabetes, secara keseluruhan beresiko tinggi untuk mengalami masalah kewanitaan seperti infeksi ragi, infeksi bakteri dan sariawan vagina.

Terlepas dari itu, pria dan wanita juga sangat rentan terkena infeksi kaki yang beresiko merusak, kulit, pembuluh darah hingga saraf pada kaki.

  1. Nyeri Kaki dan Mati Rasa

Seiring berjalannya waktu, paparan gula darah tinggi dapat merusak saraf di seluruh tubuh atau yang dikenal dengan neuropati diabetik.

Beberapa diantara penderitanya mungkin tidak akan mengalami gejala apapun, sementara beberapa penderita lainnya mungkin akan merasakan mati rasa, kesemutan, atau rasa sakit di ekstremitas.

  1. Penglihatan yang buram

Lensa mata adalah membran fleksibel yang tergantung oleh otot yang mengubah bentuk lensa untuk memfokuskan mata.

Dalam lingkungan gula tinggi, seperti diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol, kemampuan lensa untuk menekuk diubah. Meskipun lensa tidak rusak, otot-otot mata harus bekerja lebih keras untuk bisa fokus melihat suatu objek.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *