Menelusuri Perkembangan Kehamilan Anda pada Minggu Ke 5

Menelusuri Perkembangan Kehamilan Anda pada Minggu Ke 5 – Jika sekarang, kehamilan Anda memasuki usia ke 5 minggu. Maka itu artinya janin di dalam rahim Anda telah memasuki masa perkembangan embrionik.

Pada tahap ini, sistem dan struktur organ utama tubuh bayi akan mulai berkembang dan terbentuk. Pada waktu ini juga sel-sel embrio akan berdiferensiasi atau berlipat ganda dan mengambil fungsi spesifik.

Menelusuri Perkembangan Kehamilan Anda pada Minggu Ke 5

Menelusuri Perkembangan Kehamilan pada Minggu Ke 5

Sementara semua organ bayi tengah mulai mengalami perkembangan termasuk plasenta primitif dan tali pusar yang berfungsi untuk membantu menyalurkan nutrisi dan oksigen dari sang ibu yang diperlukan untuk bertahan hidup.

Tentu saja, kondisi ini akan sudah jelas akan membuat Anda kehilangan periode menstruasi. Jadi Anda harus melakukan serangkaian tes kehamilan untuk mengetahui kondisi Anda.

Gejala kehamilan 5 minggu

Selain itu, kemungkinan besar Anda juga akan memperhatikan beberapa gejala awal kehamilan di minggu ke 5, seperti :

  1. Perubahan suasana hati atau menjadi seorang yang moody
  2. Kelembutan payudara dan cenderung menjadi sensitif hingga peka terhadap sentuhan
  3. Kelelahan bahkan meski hanya melakukan sedikit aktivitas
  4. Morning sickness atau mual yang buruk di pagi hari dan bisa berlanjut sepanjang hari
  5. Peningkatan frekuensi kandung kemih
  6. Kram uterus akibat ligamen meregang
  7. Bercak darah yang normal.

Pada tahap ini, Anda mungkin tidak akan mengalami beberapa tanda eksternal yang akan memberitahukan kondisi Anda, seperti salah satunya ialah perut yang membuncit.

Bahkan yang perlu Anda ketahui adalah ternyata ada beberapa wanita yang bahkan tidak mengalami gejala apapun pada minggu ke 5 ini. Namun seharusnya kondisi ini tak perlu dikhawatirkan.

Akan tetapi, sekarang adalah waktu yang sangat tepat untuk memulai latihan rutin untuk membantu menguatkan otot-otot Anda, seiring dengan meningkatnya beban kerja yang akan segera mereka lakukan.

Disisi lain, latihan ataupun olahraga menjadi senjata yang cukup ampuh agar seorang ibu hamil termasuk Anda bisa memiliki tubuh yang bugar dan kuat guna membantu menunjang proses kelahiran yang sehat.

Lantas bagaimana dengan perubahan hormon pada minggu ke 5 kehamilan ?

Berbagai hormon yang beredar di seluruh tubuh Anda selama kehamilan akan membantu mendukung dan mempertahankan kehamilan sehat untuk Anda dan buah hati.

Salah satu hormon kehamilan yang paling terkenal ialah hormon HcG atau Human Chorionic Gonadotropin yang merupakan hormon yang berfungsi untuk membantu mendukung cara memberikan makanan pertama untuk bayi.

Dan pada akhir trimester pertama, plasenta akan berfungsi secara penuh dan utuh. Selain itu, hCG juga bertanggung jawab untuk mempertahankan kadar progesteron yang cukup untuk tubuh.

Pada masa kehamilan, hormon progesteron banyak peranan baik untuk kesehatan ibu dan atau janin. Tidak hanya itu, namun progesteron disini juga berfungsi untuk membantu mempertahankan fungsi plasenta.

Selain itu, progesteron juga bertanggung jawab untuk membantu menghambat terjadinya kontraksi palsu, dan membantu merangsang pertumbuhan jaringan payudara.

Estrogen juga merupakan salah satu hormon yang mengalami peningkatan ketika hamil guna membantu menjaga kadar progesteron dab hCG.

Perkembangan Janin di dalam Kandungan usia 5 bulan

Janin Anda akan tumbuh dengan sangat cepat dan dengan beberapa jenis organ sel yang mulai mengalami perkembangan.

Termasuk sel darah, sel ginjal, sel saraf, otak, sumsum tulang belakang, jantung dan saluran pencernaan. Pada usia kehamilan ke 5 minggu pertama, embrio akan terdiri dari 3 lapisan, yaitu :

  1. Lapisan “Ectoderm” yang bertanggung jawab untuk membentuk :
  • Tabung saraf
  • Otak
  • Sumsum tulang belakang
  • Saraf
  • Tulang Punggung atau tulang belakang
  • Kulit
  • Rambut
  • Kuku
  • Kelenjar susu
  • Keringat, dan
  • Enamel gigi.
  1. Lapisan “Mesoderm” yang bertanggung jawab untuk membentuk :
  • Jantung
  • Sistem peredarab darah bayi
  • Otot
  • Tulang
  • Tulang rawan
  • Jaringan subkutan.
  1. Lapisan “Endoderm” yang bertanggung jawab untuk membentuk :
  • Paru-paru
  • Usus
  • Sistem kemih
  • Kelenjar tiroid
  • Organ hati
  • Pankreas.

Sementara organ-organ tersebut berkembang, maka plasenta primitif dari tali pusar yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi pada janin sangat diperlukan untuk bisa bertahan hidup.

Penting untuk diketahui !

Saat ini, janin yang tengah tumbuh di dalam rahim Anda sangat rentan terhadap efek berbagai elemen.

Termasuk penggunaan obat-obatan tertentu, termasuk obat sakit kepala, alkohol dan infeksi seperti rubella.

Lalu seperti apa rupa janin Anda saat ini ?

Pada minggu ke 5 ini, janin Anda masih berukuran sangat mungil atau sekitar 9 mm atau bisa dibilang seukuran dengan kuku kecil.

Tangan dan kaki janin Anda masih sangat kecil. Sementara tulang tengkorak mereka menutupi seluruh area otaknya.

Sedangkan lapisan luar kantung ketuban yang empuk akan berkembang menjadi plasenta. Sel-selnya pun akan tumbuh jauh ke dalam dinding rahim Anda guna menciptakan suplai darah kaya oksigen.

Disini plasenta memiliki peranan untuk memberikan nutrisi (makanan) serta oksigen melalui tali pusar yang terhubung langsung pada janin.

Plasenta juga merupakan garis hidup yang luar biasa untuk janin di dalam rahim, karena dapat membantu menjauhkan mereka dari bakteri dan virus.

Lantas apa yang harus dilakukan dalam minggu 5

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjaga janin Anda pada usia sekarang ialah dengan menjauhkannya dari berbagai jenis infeksi termasuk flu.

Pasalnya, infeksi flu bisa menjadi jauh lebih serius ketika Anda hamil dan itu bisa berkembang menjadi radang paru-paru yang akan membahayakan kondisi kesehatan janin di dalam kandungan Anda.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami flu pada masa kehamilan. Maka sebaiknya Anda segera mencari bantuan medis untuk mendapatkan perawatan antivirus yang efektif dan aman tentunya.

Adapun beberapa gejala flu yang buruk selama kehamilan diantaranya ialah :

  1. Kesulitan bernafas
  2. Sakit dada atau sakit perut
  3. Muntah yang parah
  4. Demam yang tinggi
  5. Pusing dan kebingungan.

Selain itu, Anda juga harus memilih nutrisi terbaik untuk bayi Anda. Karena ini saatnya untuk Anda melakukan perawatan terhadap diri dan juga janin di dalam rahim Anda.

Meski tengah berbadan dua, Anda tidak usah memaksa diri Anda untuk mengonsumsi makanan hingga 2 porsi.

Pasalnya tubuh akan dengan cerdas mendukung tumbuh kembang bayi dengan sangat efisien dari asupan makanan yang biasa Anda konsumsi.

Well, itulah sekilas informasi perihal perkembangan kehamilan Anda pada usia kehamilan 5 minggu.

Terimakasih telah mengikuti artikel ini hingga akhir. Semoga informasi ini bisa bermanfaat and see you in the next article. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *