Menelusuri Perkembangan Kehamilan Anda pada Minggu Ke 7

Menelusuri Perkembangan Kehamilan Anda pada Minggu Ke 7 – Pada usia kehamilan menjelang 7 minggu, maka janin di dalam tubuh Anda akan terus berkembang dengan cepat.

Bahkan sistem organ vital pun akan terus bertumbuh dan sebagian besar perkembangan akan terjadi pada area kepala dan wajah.

Menelusuri Perkembangan Kehamilan Anda pada Minggu Ke 7

Menelusuri Perkembangan Kehamilan Anda pada Minggu Ke 7

Faktanya menunjukkan bahwa ternyata janin di dalam rahim akan menghasilkan sekitar 100 sel otak baru dalam setiap menitnya.

Selain itu, minggu ke 7 juga menjadi suatu masa dimana janin Anda akan mulai mengembangkan set terakhir dalam pembentukan ginjal untuk bersiap dalam pengelolaan limbah.

Dalam beberapa minggu ke depan, janin Anda juga akan mulai memproduksi urin yang akan membentuk bagian dari cairan ketuban.

Gejala kehamilan pada minggu ke 7

Masih sama dengan beberapa minggu sebelumnya, kehamilan pada minggu ke 7 juga dapat memicu beberapa gejala tertentu. Beberapa diantara gejala tersebut ada yang dianggap bukan suatu masalah.

Namun beberapa gejala lainnya mungkin akan menyulitkan para ibu hamil, termasuk Anda salah satunya dalam menjalani kehamilan pada periode seperti sekarang ini.

Adapun beberapa gejala kehamilan pada minggu ke 7 ialah termasuk :

  1. Mual

Mual pada minggu ke 7 biasanya akan semakin kuat dan mungkin akan semakin menyulitkan seorang ibu hamil untuk melewatinya.

Namun jangan segera menyerah, karena beberapa ibu hamil sukses menghilangkan masalahnya tersebut dengan mengonsumsi teh jahe, atau makanan lain yang mengandung vitamin B6 tinggi.

Dan setelah hormon kembali pada angka normal atau tepatnya pada periode kehamilan trimester kedua, maka gejala yang satu ini akan berkurang atau bahkan menghilang.

Nah, jika Anda adalah calon ibu dari bayi kembar, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami gejala mual dan muntah yang cenderung lebih buruk bahkan mungkin lebih lama.

  1. Mengidam

Mengidam adalah suatu kondisi dimana diri Anda akan terdorong untuk menginginkan suatu makanan tertentu yan bahkan mungkin aneh.

Selain itu, mengidam juga kemungkinan besar akan membuat Anda menghentikan atau menolak suatu makanan yang bahkan mungkin menjadi makanan favorit sebelum Anda mengalami kehamilan.

  1. Sering buang air kecil

Jika Anda merasakan sensasi ingin lagi dan lagi untuk ke kamar mandi, maka itu bukan hanya imajinasi Anda saja.

Meskipun ukuran perut Anda belum terlihat membesar, namun ukuran rahim Anda telah berlipat ganda dan meningkatkan penekanan pada kandung kemih.

  1. Jerawat

Jerawat adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh perubahan hormon dalam tubuh Anda.

Jadi, sebelum Anda menggunakan produk penghilang jerawat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter apakah produk tersebut aman atau tidak untuk kehamilan Anda saat ini.

  1. Air liur ekstra

Inilah salah satu gejala yang tak pernah diduga-duga. Air liur berlebih kemungkinan besar juga di picu oleh perubahan hormon dan juga bisa memiliki keterkaitan dengan gejala mual.

  1. Perubahan suasana hati

Perubahan hormon dan adanya pengalaman baru dari gejala kehamilan yang kurang menyenangkan mungkin akan memicu Anda untuk lebih emosional.

Selain beberapa gejala tersebut, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami beberapa gejala berikut ini :

  1. Kelelahan
  2. Mulas dan gangguan pencernaan
  3. Kenaikan atau justru penurunan berat badan
  4. Kram panggul
  5. Flek atau pendarahan ringan.

Pada kehamilan minggu ke 7, sedikit banyaknya Anda juga akan mengalami beberapa perubahan pada payudara seperti :

  1. Pembesaran payudara
  2. Kelembutan
  3. Perasaan geli
  4. Ereksi puting atau kepekaan terhadap puting
  5. Penggelapan areola atau area sekitar puting
  6. Ketidaknyamanan payudara.

Lantas seberapa besar ukuran janin pada kehamilan 7 minggu ?

Saat hamil 7 minggu, biasanya bayi akan memiliki ukuran sebesar bluberi. Janin Anda akan berukuran 0.51 inci atau memiliki ukuran hingga 2x lipat sejak minggu lalu.

Seperti apa rupa janin pada usia kehamilan sekarang ?

Janin di dalam rahim Anda akan mulai mengambil sifat-sifat yang sedikit banyaknya seperti alien. Karena kepala mereka tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Hal ini bertujuan untuk memberi ruang bagi otak mereka yang tengah berkembang sangat pesat.

Disini, tulang rawan akan mulai terbentuk pada tunas kaki dan tunas lengan mereka yang mungil. Lengannya akan terlihat lebih panjang dan rata pada ujungnya. Ini adalah awal mula tumbuhnya lengan.

Jaringan saraf yang lembut menyebar ke seluruh tubuh janin Anda. Mereka akan mulai membuat gerakan kecil terus-menerus, karena otak sumsum tulang belakang mengirimkan sinyak ke otot tubuh mereka.

Setelah itu, maka di bulan-bulan berikutnya, janin Anda akan mulai merasakan sensasi yang ada seperti halnya suhu dan rasa.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh para ibu hamil pada minggu ke 7 ?

Mengambil langkah-langkah gaya hidup sehatkan membuat perbedaan yang besar bagi diri Anda dan termasuk pula janin Anda.

Tetap aktif selama kehamilan akan sangat baik untuk membantu mengelola gejala kelelahan dan beberapa gejala kehamilan yang lainnya.

Terlepas dari itu, jumlah latihan atau olahraga yang bisa Anda lakukan selama kehamilan akan tergantung pada seberapa aktif Anda sebelum memasuki masa kehamilan.

Bahkan meskipun sebelumnya Anda tidak pernah berolahraga, maka penting untuk mulai aktif dari sekarang untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Nah itulah beberapa informasi perihal perkembangan kehamilan pada minggu ke 7.

Semoga informasi ini dapat membantu, terimakasih telah bergabung dan sampai jumpa di artikel yang selanjutnya. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *