Menelusuri Perkembangan Kehamilan Anda pada Minggu Ke 8

Menelusuri Perkembangan Kehamilan Anda pada Minggu Ke 8 – Selamat ! Anda kini tengah hamil 8 minggu. Usia kehamilan bayi Anda kini adalah 2 bulan, dan sekarang bayi Anda sudah lulus dari embrio dan menjadi janin.

Tetapi jangan senang dulu, pasalnya pada periode ini mungkin akan banyak lagi yang terjadi dengan Anda dan juga janin di dalam rahim Anda.

Menelusuri Perkembangan Kehamilan Anda pada Minggu Ke 8

Menelusuri Periode Kehamilan Anda pada Minggu Ke 8

Hal pertama yang mungkin akan Anda rasakan ialah ukuran pakaian Anda yang sudah mulai terasa pas pada akhir trimester 3 ini.

Kenaikan berat badan biasanya hanya akan terjadi dalam beberapa kilogram saja. Akan tetapi, secara bertahap rahim tetap akan mengembang untuk mengakomodasi perkembangan cepat janin Anda.

Tahukah Anda ?

Janin masih dalam kantung ketuban, sementara plasenta akan terus berkembang membentuk struktur yang membantu menempelkan plasenta pada dinding rahim.

Pada tahap ini janin Anda masih mendapatkan makanan dari kantong kuning telur dan rahim Anda akan tumbuh sebesar lemon.

Minggu ke 8 kehamilan, kemungkinan besar akan membuat Anda melewatkan dua periode menstruasi Anda. Akan tetapi, beberapa wanita masih mengalami sedikit pendarahan dalam kehamilannya.

Payudara Anda kemungkinan besar juga akan tampak penuh, terasa lebih lembut, tampak lebih kenyal dan mungkin akan terasa sedikit menggelitik.

Menurut Kantor Kesehatan Wanita Amerika Serikat, volume darah akan meningkat begitu pesat selama kehamilan. Jadi, diluar apapun yang terjadi pada tubuh Anda, itu akibat semua sistem Anda bekerja pada overdrive.

Lantas bagaimana dengan rupa bayi Anda saat ini ?

Si kecil di dalam rahim mungkin diperkirakan sudah mencapai panjang 0.5 inci atau sekitar 14 mm. Bagaimana ? Mereka tumbuh dengan begitu cepat bukan ?

Sekarang, janin Anda semakin terlihat seperti bayi yang baru lahir yang akan Anda bawa pulang dari rumah sakit. Tubuhnya telah menumbuhkan lengan dan kaki kecil, jari tangan dan kaki, tulang serta otot.

Ciri-ciri wajahnya yang unik akan semakin berkembang seiring dengan semua perkembangan organ dalamnya. Meskipun saat ini Anda belum bisa merasakannya, ternyata si kecil akan terus menerus bergerak.

Gejala kehamilan 8 minggu

Saat hamil 8 minggu, kemungkinan besar Anda akan mengalami beberapa gejala berikut ini :

  1. Kesulitan untuk tidur
  2. Mual sepanjang hari
  3. Morning sickness
  4. Kelelahan dan murung
  5. Payudara yang sakit dan lunak
  6. Sering buang air kecil
  7. Mulas dan gangguan pencernaan
  8. Peningkatan indera penciuman
  9. Mengidam atau enggan mengonsumsi sesuatu
  10. Air liur berlebih
  11. peningkatan keputihan
  12. Kembung dan sembelit
  13. Kepekaan terhadap bau-bauan secara intens
  14. Kenaikan atau penurunan berat badan
  15. Kram panggul ringan
  16. Bercak vagina yang terjadi sesekali saja.

Jika gejala-gejala tersebut belum dimulai, maka kemungkinan besar kadar hormon Anda yang meningkat akan segera memuncak pada usia kehamilan yang menginjak 10 minggu.

Pada puncaknya, mungkin bukan hanya morning sickness, namun Anda juga akan mengalami mual dan muntah hingga sepanjang hari.

Disisi lain, makan biskuit crackers dapat membantu Anda meminimalisir gejala mual. Kondisi ini umumnya akan sembuh dengan sendirinya setelah 3 hingga 4 minggu.

Dan Anda tak perlu khawatir, karena semua pengalaman ini adalah kondisi yang sangat normal.

Faktanya..

Makan dalam porsi yang kecil namun dilakukan secara teratur juga merupakan salah satu cara untuk mengatur kadar gula darah dan mengurangi gejala mual pada periode kehamilan Anda saat ini.

Mengemil makanan yang mengandung jahe atau minum teh jahe, peppermint dan meningkatkan pengonsumsian protein juga dapat membantu Anda untuk merasa lebih baik.

Dari banyaknya gejala yang dialami oleh para wanita hamil termasuk Anda, sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan kondisi kesehatan Anda pada ahli medis, jika gejala yang Anda alami mulai teras lebih ektrem.

Apa yang harus dilakukan di minggu ke 8 ini ?

Sebagai upaya untuk memiliki kehamilan yang sehat, maka sebaiknya Anda mengatur jadwal untuk melakukan pemeriksaan pranatal Anda secara rutin.

Selain itu, olahraga adalah salah satu upaya lain yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan tubuh Anda dan janin di dalam kandungan.

Jika Anda aktif sebelum hamil, maka aman untuk melanjutkan sebagian besar aktivitas yang biasa Anda lakukan dengan izin dari dokter yang menangani kehamilan Anda.

Sebelum melakukan olahraga yang berat, Anda harus mempertimbangkan berjalan kaki yang dapat membantu latihan secara total, dengan dampak yang rendah dan yang paling penting bisa dilakukan dimana saja.

Itulah sekilas informasi perihal perkembangan kehamilan pada minggu ke 8. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Salam sehat juga untuk Anda dan untuk si kecil di dalam kandungan.. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *