Posisi Duduk Terbaik Selama Kehamilan untuk Mengurangi Ketegangan

Posisi Duduk Terbaik Selama Kehamilan untuk Mengurangi Ketegangan – Umumnya, wanita hamil sering terdengar mengeluh tentang rasa sakit yang terjadi pada area punggung, leher dan bahu mereka.

Hal tersebut terjadi karena kehamilan secara drastis mengubah postur tubuh seseorang. Alhasil ? Tugas-tugas sederhana seperti duduk ataupun berdiri selama kehamilan menjadi cukup rumit.

Posisi Duduk Terbaik Selama Kehamilan untuk Mengurangi Ketegangan

Terutama ketika usia kehamilan semakin meningkat dan diiringi dengan meningkatnya berat badan yang dibawa oleh ibu hamil mungkin termasuk Anda salah satunya pada saat kehamilan ini.

Akan tetapi, sebenarnya tidak sulit untuk menemukan posisi duduk dan berdiri yang baik selama kehamilan untuk mengurangi resiko rasa sakit. Asalkan Anda paham dan tahu bagaimana caranya.

Faktanya..

Postur yang baik saat kehamilan akan tergantung pada bagaimana cara Anda untuk menyelaraskan posisi duduk, posisi berdiri hingga posisi berbaring yang biasa Anda lakukan.

Lebih sederhananya ialah kebiasaan harian Anda ketika duduk dan berdiri itu bagaimana sih. Karena posisi yang baik itu sangat penting untuk kesehatan yang lebih baik.

Sehingga kondisi tersebut akan jauh lebih penting dan jauh lebih penting lagi ketika Anda tengah dalam masa kehamilan.

Pasalnya, posisi tubuh yang salah saat kehamilan tidak hanya menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan saja.

Akan tetapi, juga dapat menyebabkan gangguan pada janin termasuk cidera.

Dan Tahukah Anda ?

Pada tahap kehamilan akhir sendiri, akibat yang bisa ditimbulkan oleh posisi duduk yang salah ialah rasa sakit yang semakin mendalam. Akibat beberapa hormon kehamilan mulai melembutkan ligamen dan persendian.

Oleh karena itu, memposisikan diri untuk mempertahankan postur duduk dan berdiri yang baik sepanjang kehamilan akan membantu meredakan ketegangan pada punggung, bahu, leher dan pinggul.

Selain itu postur duduk dan berdiri yang baik juga dapat membantu menempatkan bayi dalam posisi bersalin yang lebih tepat.

Adapun beberapa tips penting agar posisi duduk yang benar selama kehamilan diantaranya ialah termasuk : *eits jangan lupa disimak baik-baik ya, moms.. 😉

  • Posisi Duduk yang Benar

Luruskan punggung dan tarik bahu kebelakang untuk kemudian sedikit dirileksasi dengan cara diputar. Usahakan agar bokong menyentuh punggung kursi. Lalu tempatkan kaki Anda secara merata pada lantai.

Posisi panggul harus disejajarkan dengan sedikit dicondongkan ke depan. Dan telinga juga harus ikut diselaraskan dengan bahu yang sejajar dengan pinggul.

Untuk menunjang posisi duduk Anda yang satu ini, maka ada baiknya Anda memiliki kursi yang memiliki sudut siku-siku dengan bantalan yang lembut. Dengan ditambahkan pula bantalan lembut pada leher yang dilekukan.

  • Posisi Duduk di Kantor

Jika pada periode kehamilan Anda saat ini, pekerjaan masih harus Anda selesaikan. maka jaga tumpuan kaki untuk mengangkat kaki.

Namun, jika kantor Anda tidak difasilitasi dengan kursi yang memiliki tumpuan. Maka Anda masih bisa memilih kursi yang lebih pendek untuk meletakkan kaki Anda secara merata diatas lantai.

Apabila pekerjaan mengharuskan Anda untuk bertahan pada posisi duduk dalam jangka waktu yang lama. Maka sebaiknya Anda melakukan sedikit latihan untuk menghindari kaki kram dan menjaga sirkulasi darah.

Nah setiap kali Anda akan berdiri maka sebaiknya Anda menggeserkan tepi kursi dan angkat badan dengan meluruskan kaki dan hindari bangun dengan membungkukkan pinggang ke depan.

Selain itu, jangan lupa untuk bangun dan berjalan-jalan selama beberapa menit secara berkala disela-sela waktu duduk Anda.

Posisi Duduk yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

  • Jangan Menyilangkan Kaki saat Duduk

Pasalnya, hal ini dapat menimbulkan pembengkakan pada pergelangan kaki, varises hingga menyebabkan sirkulasi yang buruk.

  • Hindari Duduk dalam Dangka Waktu yang Lama dan Pada Posisi yang Sama

Posisi duduk yang sama untuk seorang ibu hamil sebenarnya hanya diperbolehkan dalam kurun waktu yang cukup singkat atau sekitar 10 sampai 15 menit.

Jikapun Anda diharuskan untuk duduk dalam posisi yang lama, maka sebaiknya Anda menyesuaikan dan mengubah posisi duduk Anda secara teratur.

  • Hindari Posisi Duduk yang Membungkuk

Meskipun terasa sangat nyaman, sebaiknya Anda harus menghindari posisi membungkuk dan menghindari posisi duduk yang membuat kaki Anda tergantung.

Pasalnya, kondisi tersebut dapat mengakibatkan pembengkakan dengan meningkatnya aliran darah ke kaki.

Well, untuk Anda yang ingin terbebas dari masalah ketegangan atau rasa sakit pada punggung, leher dan bahu. Maka sebaiknya Anda jangan lupa untuk ikuti tips tersebut.

Sampai disini dulu informasi kami kali ini, semoga bermanfaat dan salam untuk dede utun di dalam perut ya moms.. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *