Inilah Posisi Tidur Paling Aman untuk Ibu Hamil Sesuai dengan Trimesternya

Inilah Posisi Tidur Paling Aman untuk Ibu Hamil Sesuai dengan Trimesternya – Pada dasarnya, posisi tidur ibu hamil memang tidak bisa dianggap sepele. Karena, perkembangan janin bisa membuat posisi ibu menjadi serba salah.

Tahukah Anda ? Ternyata posisi tidur yang salah pada ibu hamil, sangat berpotensi mengundang berbagai jenis masalah kesehatan termasuk nyeri otot, pembengkakan kaki, mendengkur, meningkat atau menurunnya tekanan darah.

Mencukupi waktu tidur adalah hal yang sangat selama masa kehamilan. Sehinga mengetahui posisi tidur aman dan nyaman selama masa kehamilan adalah hal yang sangat penting.

Inilah Posisi Tidur Paling Aman untuk Ibu Hamil Sesuai dengan Trimesternya

Ternyata, survey membuktikan bahwa kurang tidur adalah ungkapan masalah yang kerap dikeluhkan oleh seorang ibu hamil.

Padahal istirahat yang cukup sangat diperlukan oleh seorang ibu hamil guna membantu menjaga stamina sebelum prosesi melahirkan tiba.

Namun kali ini Anda tak perlu khawatir lagi, karena bisa tidur nyenyak semalaman selama masa kehamilan bukan lagi impian yang kosong.

Karena kini Anda juga bisa mewujudkannya, dengan mengetahui bagaimana posisi tidur yang baik dan benar untuk seorang ibu hamil.

Faktanya, ibu hamil cenderung mengantuk di siang hari dan kehilangan selera untuk tidur di malam hari.

Tentu saja bukan tanpa alasan, akan tetapi berbagai perubahan kinerja tubuh selama masa kehamilan, termasuk perubahan hormon dan perubahan bentuk fisik juga turut menjadi alasannya.

Seperti perut yang semakin membesar, sakit pinggang, sakit punggung, pulang pergi ke kamar mandi karena ingin buang air kecil, nafas pendek, salam lambung bahkan hingga stres.

Benar sekali, berbagai jenis perubahan yang di alami selama masa kehamilan, pada umumnya memang sering mengacaukan waktu istirahat sang ibu di malam hari.

Lantas bagaimana sih posisi tidur yang benar untuk ibu hamil sesuai dengan trisementernya ?

  1. Posisi Tidur Ibu Hamil untuk Trimester Pertama

Pada dasarnya, posisi tidur pada trimester pertama tidak perlu banyak melibatkan rasa khawatir. Dengan alasan perut yang belum membesar, maka ibu hamil pada trimester pertama, bisa tidur dengan posisi terlentang atau tengkurap.

Namun, seiring dengan semakin bertambahnya usia kehamilan, maka kedua posisi tidur tersebut akan sangat beresiko membahayakan janin yang ada didalam kandungannya, jika dilakukan oleh ibu hamil.

  1. Posisi Tidur Ibu Hamil untuk trimester Kedua

Jangan gegabah ya, memasuki trisemeter kedua ada banyak sekali pantangan yang harus dipatuhi oleh ibu hamil termasuk dalam aturan posisi tidur.

Pasalnya, pada usia kehamilan trimester kedua, tidak semua posisi tidur bisa digunakan oleh ibu hamil. Hal ini terkait dengan kondisi perut ibu hamil yang semakin membesar.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama masa kehamilan, maka di trimester kedua ini, ibu hamil sangat dianjurakan untuk menghindari posisi tidur tengkurap dan terlentang.

karena, posisi tidur tengkurap dapat menyebabkan janin terhimpit oleh tubuh ibu meskipun pada dasarnya bayi tetap terlindungi oleh cairan plasenta yang menyebabkan bayi tetap aman di dalam perut ibu.

Sementara itu, posisi terlentang akan menyebabkan ibu mengalami berbagai jenis masalah kesehatan termasuk wasir, masalah sistem pencernaan, sakit pinggang, hingga masalah pernafasan.

  1. Posisi Tidur Ibu Hamil untuk Trimester Ketiga

Diusia kehamilan trisemeter ketiga, ibu hamil sangat dianjurkan untuk memilih posisi tidur miring, baik itu miring ke kiri ataupun miring ke kanan.

Pada dasarnya posisi tidur yang satu ini memang baik dilakukan pada semua trimester kehamilan. Namun, posisi ini sebaiknya lebih diprioritaskan pada trimester ketiga ini.

Pasalnya, hal ini ditujukan untuk menghindari berbagai jenis permasalahan menjelang proses persalinan.

Terlepas dari itu, posisi tidur miring juga merupakan salah satu sunnah Rosululloh Shollalohu ‘alaihi Wasallam. Sehingga selain aman, tidur dengan posisi miring juga bisa berbuah pahala, ya Bu.

Nah itulah beberapa posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil. Yuk persiapkan kehamilan sehat untuk menuju proses persalinan yang lancar.

Terimakasih telah membaca hingga akhir, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share ya.. 😉

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *