Sandra Dewi Pernah Mengalami Blighted Ovum (Hamil Kosong), Ternyata Ini Penyebab Utamanya

Sandra Dewi Pernah Mengalami Blighted Ovum (Hamil Kosong), Ternyata Ini Penyebab Utamanya – Berbicara perihal kehamilan, tentu itu adalah momen terpenting dalam hidup seorang pasangan setelah menikah.

Termasuk untuk pasangan Sandra Dewi dan suami yang memiliki nama lengkap Harvey Moeis.

Ternyata sebelum Sandra Dewi melahirkan anak pertamanya yang bernama Raphael Moeis. Ia pernah mengalami duka mendalam hingga menyebabkan dirinya menjadi drop.

Sandra Dewi Pernah Mengalami Blighted Ovum (Hamil Kosong), Ternyata Ini Penyebab Utamanya

Sandra Dewi Pernah Mengalami Blighted Ovum (Hamil Kosong), Ternyata Ini Penyebab Utamanya

Ya, Sandra Dewi mengakui bahwa dirinya pernah mengalami blighted ovum atau suatu kondisi dimana janin tidak mengalami perkembangan sama sekali, meskipun ovariumnya tetap mengalami perkembangan.

“Saya menikah pada usia 33 tahun, jadi banyak yang bilang agak beresiko untuk kehamilannya. Ketika saya nikah di awal November, pulang honeymoon saya langsung positif, namun mengalami blighted ovum.” Kata Dewi Sandra dalam sebuah acara yang bertempat di Gramedia Matraman, Jakarta Pusat pada Rabu (26.6.2019)

Tentu ini bukanlah suatu hal yang mudah untuk pasangan yang menikah pada 8 November 2016 di Tokyo, Jepang tersebut.

Usai menyelesaikan perawatan untuk mengatasi blighted ovum yang dialaminya, dokter mengatakan bahwa Sandra Dewi harus beristirahat selama tiga bulan atau dalam artian tidak boleh hamil dulu.

Meskipun demikian, Sandra Dewi bersikukuh mengatakan bahwa “Saya harus hamil, saya dan suami harus memiliki keturunan lagi.”

Lantas tahukah Anda bagaimana blighter ovum terjadi ?

Brighter ovum adalah sel telur yang telah dibuahi, namun tidak menjadi embrio.

Meskipun demikian, plasenta dan kantung embrionik memang akan tetap terbentuk namun kosong tanpa embrio atau lebih jelasnya, tidak ada bayi yang tumbuh disana.

Sayangnya kondisi ini memicu sebuah harapan palsu, karena tubuh akan tetap memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG).

Hormon tersebut adalah hormon yang dirancang untuk mendukung kehamilan. Sehingga meski tanpa janin, gejala-gejala kehamilan akan tetap dirasakan.

Pada akhirnya, kondisi tersebut akan harus berakhir dengan keguguran atau digugurkan untuk mengosongkan rahim sebelum terjadi lagi pembuahan yang normal.

Lalu apa yang menyebabkan brighter ovum terjadi ?

Faktanya, kondisi tersebut tidak diakibatkan oleh apapun yang Anda lakukan sebelum atau selama kehamilan.

Sampai saat ini saja, kondisi tersebut belum diketahui apa penyebabnya.

Namun beberapa ahli menduga bahwa kondisi tersebut diakibatkan oleh adanya kelainan pada kromosom yang terjadi sel telur yang telah dibuahi.

Tubuh wanita yang sangat peka akan mengenali adanya kromosom abnormal pada janin dan secara alami akan menghilangkan janin karena janin tidak akan berkembang dan tidak akan menjadi bayi yang sehat.

Selain itu riwayat kesehatan keluarga dan kualitas sperma yang buruk juga disebut-sebut sebagai faktor pemicu brighter ovum.

Terlepas dari itu, pada akhirnya Tuhan tetap memberikan kepercayaan pada Sandra Dewi dan Harvey Moeis untuk memiliki seorang keturunan, setelah ia beristirahat selama 3 bulan lamanya.

Namun Sandra Dewi masih sangat galau, apakah ia bisa meneruskan kehamilannya hingga 40 minggu atau tidak ? Mengingat kegagalan yang pernah ia alami membuatnya merasa ketakutan untuk hamil lagi.

“Saya cerita ini agar orang-orang yang pernah mengalami kondisi seperti saya atau pernah mengalami blighted ovum, tetap optimis. Itu gapapa, buktinya saya pernah gagal dan saya bisa hamil untuk kedua kalinya dalam 2 tahun.” Ujar Dewi Sandra dengan senyum manisnya.

Dari penggalan kisah diatas kita bisa paham bahwa pernah mengalami kegagalan termasuk gagal hamil bukan berarti kita akan tidak akan berhasil.

Hanya, untuk mencapai keberhasilan tersebut kita membutuhkan lebih banyak waktu, agar kita bisa memanem keberhasilan di waktu yang tepat.

Jadi, untuk bunda yang memang memiliki masalah yang sama, jangan pesimis apalagi sampai menyerah ya bun. Tetap semangat dan semoga mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholihah.. Amiiinnn..

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *