Jangan Cemas ! Cukup Siapkan 5 Hal Ini Menjelang Persalinan

Jangan Cemas ! Cukup Siapkan 5 Hal Ini Menjelang Persalinan – Mempersiapkan kedatangan buah hati ke dunia adalah waktu yang cukup menyenangkan untuk seorang calon ibu dan keluarga.

Akan tetapi, untuk mempersiapkan kelahiran buah hati Anda. Ada begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan selain belajar mengganti popok atau mengecat kamar bayi.

Pasalnya seorang wanita hamil pada trimester akhir, harus sudah membuat keputusan tentang bagaimana mereka ingin membawa buah hati mereka ke dunia.

Apakah dengan proses persalinan yang normal ? Atau melalui persalinan caesar. Lantas proses persalinan mana yang akan Anda pilih ?

Jangan Cemas ! Cukup Siapkan 5 Hal Ini Menjelang Persalinan

Jangan Cemas ! Cukup Siapkan 5 Hal Ini Menjelang Persalinan

Tentu saja kedua cara tersebut memiliki resiko dan manfaatnya masing-masing. Untuk itu Anda sudah harus memiliki informasinya untuk meminimalisir segala bentuk kecemasan dan kekhawatiran yang sebenarnya tidak perlu untuk dilakukan.

Selain itu, Anda juga harus sudah mulai mempersiapkan semua hal yang Anda perlukan ketika bersalin. Agar tiba pada saatnya nanti, semua hal penting yang Anda perlukan telah tersedia.

Pasalnya, sebagai calon seorang ibu, terlebih jika ini merupakan pengalaman pertama. Mungkin Anda akan merasa bingung tentang apa yang harus dipersiapkan saat kelahiran nanti.

Jika saat ini Anda telah memasuki periode trimester ke 3, maka Anda akan semakin dekat dengan prosesi melahirkan. Disini persiapan yang matang akan membantu Anda untuk semakin rileks menjelang proses persalinan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menuliskan atau mengingat-ingat kembali apa saja yang harus Anda lakukan sebelum melahirkan. Agar proses melahirkan bisa berjalan dengan sehat dan lancar.

Memang apa saja yang harus dipersiapkan menjelang proses persalinan nanti ? yuk langsung simak informasi selanjutnya disini.

  1. Siapkan Barang-barang yang Penting

Saat melakukan persiapan melahirkan, sebaiknya Anda mulai membuat catatan kecil dan mulai mencicil barang apa saja yang harus Anda bawa.

Meskipun ada banyak perkiraan waktu, Anda tidak bisa memperkirakan tepatnya tanggal dan jam berapa proses melahirkan akan terjadi.

Hal ini ditujukan untuk membantu memudahkan Anda ketika Anda tiba-tiba harus berangkat ke bidan atau ke rumah sakit saat terjadi kontraksi berulang.

Adapun beberapa barang yang harus dipersiapkan ialah meliputi :

Hal yang penting untuk ibu hamil :

  • Selimut dan bantal
  • Pakaian yang nyaman dan longgar
  • Jam untuk memantau seberapa sering kontraksi berlangsung
  • Pembalut khusus ibu melahirkan
  • Bra khusus menyusui
  • Peralatan mandi.

Barang untuk suami atau untuk anggota keluarga lain yang menemani :

  • Baju ganti
  • Sandal ruangan yang nyaman
  • Makanan dan minuman
  • Charger.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk bayi yang akan dilahirkan :

  • Baju bayi
  • Topi bayi
  • Selimut bayi
  • Keranjang bayi
  • Sarung tangan dan kaos kaki bayi.
  1. Memilih dokter yang tepat

Untuk mendapatkan kenyamanan saat proses persalinan, memilih dokter atau bidan atau lokasi persalinan adalah yang yang sangat penting untuk dipersiapkan sebelum hari-H.

  1. Memiliki infromasi yang cukup perihal apa yang harus dilakukan ketika terjadi kontraksi

Jauh-jauh sebelum kontraksi pertama terjadi, memperbanyak informasi perihal apa yang sebaiknya dilakukan adalah ide yang tepat untuk mengurangi kecemasan dan kepanikan.

Selain itu, berkonsultasi dengan dokter perihal apa-apa saja cara yang harus dilakukan ketika terjadi kontraksi bukan merupakan hal yang salah.

  1. Sharing dengan ibu yang sudah berpengalaman

Faktanya, pengalaman adalah guru terbaik untuk Anda. Jadi selain mencari informasi atau berkonsultasi dengan dokter, Anda juga bisa berbagi pengalaman dengan ibu-ibu lain yang memang memiliki pengalaman yang sama.

  1. Berikan motivasi untuk suami Anda agar selalu siaga

Untuk memantapkan hal ini, Anda harus menceritakan apapun informasi perihal kehamilan yang Anda ketahui kepada suami.

Sehingga suami Anda dapat lebih memahami apa yang harus ia lakukan ketika Anda mengalami kontraksi dan ketika Anda tengah di ruang bersalin.

Nah, itulah beberapa persiapan paling simpel yang harus dipersiapkan sebelum Anda melahirkan. Semoga informasi ini dapat membantu.

Terimakasih telah berkunjung pada artikel kami, selamat menjadi ibu dan semoga persalinannya ada dalam kelancaran dan kemudahan. Amiiinn..

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *