Site Loader

Tak Hanya Kedinginan, Hipotermia Juga Bisa Diakibatkan Oleh 3 Hal Ini – Hipotermia terjadi ketika suhu tubuh turun di bawah tingkat yang aman, dan itu bisa berakibat fatal.

Siapapun memang memiliki kemungkinan untuk mendapatkan hipotermia namun bayi dan orang tua khususnya lebih berisiko. Dalam kondisi yang sehat, tubuh mempertahankan suhu yang relatif stabil sekitar 98,6˚F atau 37˚C.

Tak Hanya Kedinginan, Hipotermia Juga Bisa Diakibatkan Oleh 3 Hal Ini

Tak Hanya Kedinginan, Hipotermia Juga Bisa Diakibatkan Oleh 3 Hal Ini

Jika lingkungan menjadi terlalu dingin dan tubuh tidak mampu menghasilkan panas yang cukup, maka suhu inti bisa turun, dan hipotermia dapat dapat terjadi.

Tahukah Anda ?

Saat suhu menurun drastis, maka tubuh mengeluarkan darah dari kulit untuk mengurangi jumlah panas yang keluar.

Alih-alih, mengarahkan aliran darah ke organ-organ vital tubuh, seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan otak.

Jantung dan otak yang paling sensitif terhadap suhu yang lebih rendah, justru akan memiliki kinerja yang melambat ketika mereka menjadi dingin.

Jika tak segera mendapatkan upaya perawatan yang tepat, maka hipotermia pada akhirnya bisa menyebabkan gagal jantung dan sistem pernapasan hingga berakhir dengan kematian.

Lantas apa yang menyebabkan hipotermia ?

Pada dasarnya, penyebab hipotermia yang paling umum adalah paparan udara dan atau air yang sangat dingin.

Selain itu, dilansir dari hellosehat.com, ternyata 3 kondisi berikut ini juga bisa menjadi penyebab hipotermia yang mungkin terjadi :

  1. Berendam dalam air dingin

Faktanya, berendam dalam air dingin pada waktu yang cukup lama ternyata bisa menyebabkan seseorang terkena hipotermia. Dinginnya air kolam dapat menyebabkan suhu inti akan menjadi hilang.

Bahkan air dingin dapat disebut-sebut memiliki kemampuan untuk menyebabkan hipotermia hingga 25 kali lebih cepat dibandingkan dengan paparan udara dingin.

Terlepas dari itu, ternyata hipotermia juga bisa dialami oleh mereka yang berenang terlalu lama atau mengenakan baju basah akibat keringat setelah berolahraga.

  1. Terpapar udara dingin

Tak bisa disepelekan, hipotermia menjadi salah satu ancaman yang paling berbahaya untuk para pendaki gunung. Semakin tinggi jalur pendakian Anda, maka suhu lingkungan dan suhu tubuh Anda juga akan semakin turun.

Terlebih jika udara dingin tersebut juga disertai dengan hujan, maka kemungkinan Anda terkena hipotermia saat mendaki gunung akan jauh lebih besar.

  1. Operasi

Selain udara dan air, ternyata hipotermia juga dapat terjadi akibat pembedahan terutama bedah mayor atau operasi besar.

Umumnya, standar ruangan operasi adalah sekitar 19 hingga 24 derajat celcius. Bisa diartikan bahwa ruangan operasi itu sangat kering dan dingin.

Dalam keadaan tidak sadar dan tidak telanjang saat pembedahan, maka mekanisme tubuh untuk menghangatkan diri akan terhambat dan terjadilah hipotermia.

Nah, itulah informasi seputar 3 penyebab hipotermia selain dari kedinginan. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di informasi yang selanjutnya.. 😉

Posted by : ASTV Official

Post Author: Idah Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *