Tak Usah Ditahan, Karena Inilah 5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Anda

Tak Usah Ditahan, Karena Inilah 5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Anda – Sejatinya, menangis adalah suatu proses alami yang terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Terbukti, hampir setiap manusia yang dilahirkan kedeua dalam keadaan tengah menangis.

Meski identik dengan anak-anak, ini tak menjadi alasan bahwa orang dewasa dilarang untuk menangis. Ya, karena orang dewasa juga sangat berhak untuk menangis dan mengeluarkan air mata, untuk mengutarakan ekspresi di dalam hati.’

Tak Usah Ditahan, Karena Inilah 5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Anda

Tak Usah Ditahan, Karena Inilah 5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Anda

Sementara itu, jika dilihat dari gender, maka wanita memiliki  persentase yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pria untuk urusan menangis.

Bagaimana tidak ? Karena wanita adalah makhluk yang berperasaan lembut dan air mata seolah-olah telah menjadi temannya.

Hal ini terbukti dengan hasil salah satu studi yang menunjukkan bahwa, wanita rata-tata menangis antara 5.3 kali dalam setiap bulannya. Sedangkan pria rata-rata menangis antara 1.3 kali dalam setiap bulannya.

Menurut para ahli, kondisi ini dikarenakan wanita lebih mampu mentransfer emosinya menjadi air mata dibandingkan dengan pria. Selain itu, memiliki kelenjar air mata wanita yang lebih kecil juga menjadi alasannya.

Terlepas dari itu, ternyata air mata yang keluar dari mata memiliki fungsi dan penyebab yang berbeda lho. Adapun beberapa penyebab dan fungsi dari air mata tersebut ialah termasuk :

  • Air mata emosi

Umumnya air mata emosi ini keluar karena adanya dorongan emosi yang telah memuncak. Bahkan air mata yang satu ini juga bisa mengirim sinyal emosi pada orang lain yang melihatnya.

  • Air mata basal

Faktanya, air mata basal ini selalu hadir di dalam mata, karena ia berfungsi untuk membantu melebapkan, menutrisi serta melindungi kesehatan mata.

Kelenjar lakrimal yang berada di bagian terluar mata menjadi bagian yang memiliki peranan untuk memproduksi cairan ayang mengandung antibgakteri dan juga yang mengandung protein.

  • Air mata refleks

Air mata refleks memiliki peranan untuk membantu melindungi mata dari berbagai infeksi yang diakibatkan oleh debu, bawang maupun asap. Jadi, inilah alasan kenapa saat mengupas bawang mata bisa berair.

Lantas kapan terakhir kali Anda menangis ?

Mungkin tadi, kemarin, atau saat Anda menonton film sedih,saat Anda putus hubungan, saat Anda harus berpisah atau saat THR tak cukup untuk membeli kebutuhan Lebaran. 😀

Well, apapun alasannya dan kapanpun waktunya, Anda tdak harus malu apalagi sampai menyesal karena telah menangis. Karena ternyata menangis memberikan dampak yang baik loh untuk kesehatan. 🙂

Tentu bukan tanpa alasan, namun banyak para psikologis yang mengungkapkan bahwa kegiatan menangis dapat membantu mengeluarkan energi negatif dan memicu pertumbuhan energi positif.

Dengan alasan tersebut, maka kini Anda tak perlu lagi menahan tangisan. Adapun beberapa manfaat tangisan untuk kesehatan diantaranya ialah termasuk :

  1. Mendetoksifikasi Tubuh

Faktanya, air mata yang dikeluarkan oleh tubuh karena stres dapat membantu menurunkan hormon penyebab stres atau yang lebih akrab disapa dengan hormon kortisol.

Sebuah riset yang dilakuan oleh St. Paul Ramsey Medical Centre membuktikan bahwa setiap butir keringat dan air apapun yang keluar dari tubuh termasuk air mata bisa mengeluarkan toksin dan mengurangi rasa sakit.

  1. Membunuh Bakteri

Ternyata air mata dilengkapi dengan kandungan lysozyme yang berfungsi untuk membunuh bakteri hingga 95% dalam kurun waktu 5-10 menit saja dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri tersebut.

Bahkan sebuah hasil studi yang telah diterbitkan di dalam jurnal Food Microbiology mengungkapkan fajta bahwa ternyata air mata memiliki kandungan nutrisi sebagai antimikroba untuk melindungi tubuh.

  1. Memperbaiki Mood

Bukan tanpa alasan, namun hasil studi oleh University of South Florida jelas mengungkapkan bahwa menangis dapat membantu menenangkan dan memperbaiki mood secara efektif.

  1. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Fakta menunjukkan bahwa air mata ternyata berfungsi sebagai lubrikan untuk bola dan kelopak mata yang akan bermanfaat untuk membantu meningkatkan kualitas penglihatan.

  1. Menurunkan Stres

Beberapa ahli telah setuju bahwa efek dari menangis dan berolahraga dapat membantu menurunkan tingkat stres.

Mereka juga menemukan bahwa ketika seseorang menangis. Maka hal itu akan membantu mengurangi produksi beberapa hormon pemicu stres seperti endorfin, leucin-enkaphalin, dan prolactin.

Well, itulah manfaat yang bisa Anda temukan setelah menangis. Jadi gak usah malu atau sampai ditahan lagi ya kalo ingin menangis. Lepaskan dan hilangkanlah beban yang Anda.

Menangis tak menunjukkan bahwa Anda lemak ko, justru menangis menunjukkan bahwa Anda memiliki perasaan yang lembut dan pintar dalam mengungkapkan emosi secara bijak.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *