Terlalu Over Percaya Diri ? Waspada 3 Dampak Berikut Ini !

Terlalu Over Percaya Diri ? Waspada 3 Dampak Berikut Ini ! – Memiliki rasa percaya diri, sejatinya memang impian setiap orang terutama seseorang pribadi introvet.

Sehingga mencari dan menemukan tips and trik untuk bisa menjadi pribadi yang lebih percaya diri adalah hal sering dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Namun jangan sampai salah kaprah ya, karena salah satu hasil studi yang dilakukan oleh pakar psikolog bernama Carmen Sanchez dan David Dunning perihal rasa percaya diri yang berlebihan.

Menemukan fakta bahwa cara pemahaman yang keliru terhadap informasi tersebut bisa menyebabkan timbulnya rasa percaya diri yang terlalu berelebihan.

Benarkah ? Bukannya memiliki rasa percaya diri itu baik ya ? Tentu saja, itu bukanlah hal yang salah. Namun menempatkan sesuatu pada porsi yang sesuai tentu saja akan terlihat lebih elegan.

Sementara yang berlebihan ? Umumnya akan terkesan arogan, sombong bahkan hingga memicu akibat yang buruk untuk kesehatan terutama kesehatan otak.

Lantas apa saja yang bisa ditimbulkan oleh akibat dari rasa percaya diri yang terlalu berlebihan ? Yuk temukan jawabannya disini.. 😉

Terlalu Over Percaya Diri ? Waspada 3 Dampak Berikut Ini !

Terlalu Over Percaya Diri ? Waspada 3 Dampak Berikut Ini !

Beberapa psikolog berpendapat bahwa seseorang terlihat berupaya untuk menjadi pribadi yang penuh percaya diri.

Maka sebenarnya orang tersebut hanya menggunakan sikap over percaya dirinya sebagai tameng untuk menutupi rasa tidak percaya diri yang ia miliki.

Dan sayangnya, sikap seperti ini bisa membuat Anda menjadi terlihat begitu arogan dan egois. Keep calm, mulailah kendalikan ego dan mulailah untuk memiliki sikap percaya diri yang lebih inklusif.

Karena memiliki rasa percaya diri bukan berarti menjadikan Anda sebagai seseorang yang lebih hebat dibandingkan dengan orang lain.

Tak mengetahui jati diri sendiri sebenarnya akan membuat seseorang bergantung pada feedback dari pihak lain termasuk orang tua, keluarga, teman dan kolega ataupun bos.

Bila selama ini pujian orang terderkat yang membuat Anda merasa lebih percaya diri, maka kritikan akan membuat Anda menjadi stres atau depresi yang berujung pada rasa pesimis.

Adapun dampak yang bisa ditimbulkan akibat memiliki rasa percaya diri berlebih, diantaranya ialah :

  1. Rentan Melakukan Kesalahan

Benarkah ? Tentu saja. Pasalnya seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan akan merasa lebih banyak tahu mengai hal ini dan itu dibandingkan dengan orang lain.

Nah, inilah awal mula kenapa si over optimis akan sangat pede melakukan hal yang benar tanpa mau bertanya atau berdiskusi dengan orang lain.

Alhasil ? Bukannya menghasilkan suatu hal yang memuaskan, namuan kondisi seperti ini lebih memungkinkan untuk membuat si over optimis menjadi kecewakarena melakukan suatu kesalahan.

  1. Tertutup dari Kritik dan Saran dari Orang Lain

Seperti yang telah disebutkian, bahwa rasa percaya diri yang berlebihan bisa membuat seseorang meras lebih banyak mengetahui sesuatu dibandingkan dengan orang lain.

Keadaan ini, akan membuat si pemilik sikap over optimis menjadi pribadi yang keras, acuh dan tak mau mendengar kritik dan saran dari orang lain. Padahal kritik dan saran dapat membantu memperkaya ilmu pengetahuan Anda.

  1. Sulit untuk Mengintrospeksi Diri

Dampak yang satu ini cukup gawat, teman. Karena apa ? Karena ketidakmampuan mengintrospeksi diri akan mengacu pada merasa selalu benar dan menganggap apapun yang dilakukan oleh orang lain adalah kesalahan.

Itulah mengapa, mengetahui hal yang dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda adalah cara yang jauh lebih baik untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Posted by : ASTV Official

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *